Perawatan Sederhana Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi anda yang baru saja telah melahirkan biasanya akan mengalami luka jahitan. Luka jahitan setelah melahirkan memang tidak seperti dengan luka jahitan yang disebabkan oleh kecelakaan, luka goresan maupun tertusuk benda tajam. Adapun luka jahitan setelah melahirkan bisa terjadi diperut jika persalinan secara caesar maupun pada organ intim wanita jika persalinan normal. Oleh karena itu, perawatan luka jahitan pun berbeda dan tidak bisa disamakan.

Berikut ini ada beberapa khusus yang penting dilakukan agar luka bekas jahitan setelah melahirkan bisa cepat pulih seperi semula.

Sangat penting dilakukan merawat luka bekas jahitan setelah melahirkan karena luka bekas jahitan pada jalan lahir ini jika tidak melakukan perawatan secara tepat maka bisa menjadi pintu masuk bagi kuman-kuman penyakit dan akan menyebabkan infeksi. Jika hal itu terjadi biasanya anda akan mengalami demam tinggi, luka menjadi basah dan jahitan akan terbuka bahkan akan mengeluarkan bau busuk yang berasal dari jalan lahir.


Waktu yang tepat sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah melahirkan dan harus sering ganti pembalut. Seusai 6 jam dari persalinan normal, biasanya anda akan dianjurkan dan latihan untuk mulai bergerak untuk duduk dan latihan berjalan. Tetapi semua itu bisa dilakukan jika keadaan anda sudah stabil dan tidak mengalami komplikasi seperti pendarahan atau tekanan darah.

Persiapan dan Cara Perawatan Sederhana Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Persiapannya antara lain :

  • Siapkan air hangat
  • Handuk bersih dan kering
  • Celana dalam yang bersih
  • Pembalut untuk ganti secukupnya
  • Waslap dan sabun

Cara perawatannya :

1. Semua pembalut dilepas kemudian ceboklah dari arah depan kebelakang.

2. Sedikit basahi waslap lalu buat busa sabun kemudian gosokan secara perlahan waslap yang sudah ada busa sabunnya tadi pada seluruh area luka jahitan. Jangan takut dengan rasa nyeri yang timbul karena jika tidak dibersihkan dengan baik maka darah kotor akan nempel pada luka jahitan sehingga akan menadi tempat perkembangbiakan kuman.

3. Bilas dengan menggunakan air hangat dan ulangilah cara tersebut sekali lagi sampai anda benar-benar yakin bahwa luka sudah bersih. anda bisa melihatnya dengan cermin, jika diperlukan.

4. Jika luka jahitan sudah bersih, anda bisa berendam di air hangat dengan menggunakan khusus tempat untuk berendam atau anda cukup menyiram dengan air hangat saja.

5. Pakailah pembalut yang bersih dan nyaman serta pakai celana dalam yang bersih dengan bahan katun. Jangan memakai celana dalam yang bisa membuat anda terkena alergi dan iritasi.

6. Segera ganti pembalut jika anda merasakan darah sudah penuh. Semakin bersih kondisi luka jahitan maka akan semakin cepat luka tersebut sembuh dan kering. Lakukan perawatan luka jahitan pada area organ intim dengan baik setiap selesai kencing ganti pembalut dan saat mandi.

7. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein tinggi agar luka jahitan anda cepat sembuh.  Makanan yang mengandung protein bisa didapatkan dari telur, ayam, ikan, tempe, daging, tahu, dan lainnya. Makanan tersebut tidak dipantang jadi boleh dikonsumsi, kecuali anda memiliki riwayat alergi.

8. Luka jahitan setelah melahirkan tidak perlu dikompres menggunakan obat antiseptik cair tanpa adanya izin dari bidan maupun dokter.

Konsultasikan terlebih dahulu segala kegiatan yang anda lakukan setelah melahirkan pada dokter yang bersangkutan.

By Ana Rediana - Tips Selasa, 22 November 2016 07:59:39

Related Post :
Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa…

Kebiasaan merokok yang sering…

Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu…

Mengetahui dampak dan bahaya…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Blewah adalah buah yang…

Kesehatan
Buah dan Sayur Untuk…

Buah dan sayur untuk…

Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan…

Berikut adalah beberapa pantangan…

Kesehatan
Ketahui Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab, gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Memilih Multivitamin Yang Tepat

Tips dalam memilih multivitamin yang…

Tips
Cara Ampuh Menurunkan Lemak Dalam Tubuh

Banyak cara orang untuk melakukan…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda Secara Alami

Cara mengatasi darah tinggi di…

Kirim Pertanyaan
Top