Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Adam Hawa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun adam hawa bagi kesehatan mungkin tidak sepopuler dengan daun lainnya seperti manfaat daun keji beling hingga manfaat daun kelor. Ya, itu dapat di pastikan karena tanaman ini lebih banyak di kenal orang sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik halaman maupun pekarangan rumahnya. Namun apakah anda juga mengetahui, bahwasannya khasiat daun adam hawa juga sering kali di gunakan sebagai media pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit? Jika anda belum mengetahuinya sama sekali, berarti anda harus menyimak informasi menarik yang satu ini.


Tumbuhan adam hawa merupakan klasifikasi dari kerajaan plantae, dan memiliki nama latin Rheo discolor dan ada yang menyebutnya juga rheo spathaceae. Tanaman yang masih termasuk anggota famili commelinaceae ini merupakan tumbuhan asli Meksiko bagian selatan, Amerika tengah dan Karibia. Tumbuhan ini pun tergolong kedalam tumbuhan parennial atau tumbuhan tahunan. Tumbuhan inipun umumnya berkembang biak dengan biji maupun stek batang. Perkembang biakannyapun tergolong  sangat mudah dan kemungkinan untuk tumbuhnya sangat tinggi. Bahkan pada media tanam yang minim akan unsur hara sekalipun, tanaman ini  dapat tumbuh dengan baik  serta tidak membutuhkan perawatan yang terlalu intensif.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini sering kali di sebut dengan tanaman nanas kerang, sosongkokan dan banyak lagi lainnya.  Sedangkan, di beberapa negara nama lain tanaman adam hawa adalah oyster plant, purple-leaved spiderwort (Amerika, inggrios), bagka-bangkaan (Filipina). daun kepah, kuku jin (malaysia), banglanhua (China)barquila (Meksiko).


Meski secara sepintas tanaman ini hampir mirip dengan tanaman lidah mertua, namun tentunya tanaman ini memiliki ciri-ciri khusus yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Batang: Kasar dan tidak bercabang, mengandung banyak air, tidak berbulu dan berwarna coklat. Pada umumnya bisa mencapai ketinggian hingga 50 cm. Jarak antara ruas batang sangatlah pendek.
  • Daun: Tunggal dan memeluk batang. Panjang daun bisa mencapai 30 cm, dengan lebar 3-6 cm. Bentuk lonjong panjang berujung runcing. Pinggiran daun merata. Permukaan atas daun berwarna hijau, sedang permukaan bawah daun berwarna merah keunguan.
  • Bunga: Majemuk,  daun pelindung bunganya menyerupai kapal atau kerang, panjang 3-4 cm berwarna ungu. Bunga kecil berwarna putih. Tangkai bunga pendek dan muncul di ketiak daun. Petal atau daun bunga 3, daun kelopak 3, dan terdapat 6 benang sari di dalamnya. Kepala putik berwarna kuning.
  • Buah: Berbentuk kapsul dengan 2-3 ruang.
  • Biji: Biji berkerut. Dan satu buah mengandung 2-3 biji.

Kandungan senyawa tanaman adam hawa


Tak banyak yang menduga bahwa tanaman rheo discolor ini memiliki begitu banyak kandungan senyawa, yang mana kandungan-kandungan senyawa tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan dan pengoatan penyakit khususnya. Beberapa diantaranya adalah seperti 2-AAF, 2-acetylaminotfluorene, ACE, Aqueous crude extract, AHF, Alteredhepatocytes foci, CMC, carboxyrnethykellulose, DEN, N-dierhylnitrosamine, DMSO, Dimethylsuffoxide, GGT, y-glutarnyl transpeptidase. Selain itu, kandungan tanaman adam hawa secara menyeluruh juga meliputi flavonoid, antosianin, saponin, karotenoid, lilin, terpenoid, courmarinic, dan steroid. Sedangkan pada bunganya, mengandung p-coumaroyl-delphinidin 3,5-diglucoside. Menurut beberapa penelitianpun tanaman ini juga memiliki kandungan senyawa yang bersifat antitumor dan juga antimutagenik.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun adam hawa bagi kesehatan serta cara pengolahannya:

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati batuk berdarah, bronkitis, disentri, dan anemia (kurang darah)

- Bahan : 20-30 lembar daun adam hawa dan air 500 cc.
- Cara pengolahan: Rebus daun adam hawa dengan air 500 cc, biarkan hingga mendidih dan menguap. Setelah itu, anda dapat meminumnya selagi hangat.

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati bengkak, luka, dan menghentikan pendarahan

- Bahan: daun adam hawa secukupnya
- Cara pengolahan: Tumbuk daun adam hawa hingga halus dan balurkan pada bagian kulit yang terluka.

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati rematik

- Bahan: Beberapa lembar daun adam hawa segar
- Cara pengolahan: Layukan daun adam hawa ini dengan cara di bakar pada api hingga lembut dan lemas. Tempelkan pada area yang sakit selagi hangat. Kemudian balutkan dengan menggunakan kain sebagai penahan agar tidak mudah lepas.

Selain daun adam hawa yang segar, anda juga dapat memanfaat kan daun adam hawa yang kering dan telah di proses secara pasteurisasi sehingga bakteri dan dan parasit jahat yang menempel hilang. Bahkan beberapa penelitianpun menunjukkan bahwasannya daun adam hawa yang kering lebih memiliki banyak kandungan antioksidan di banding dengan daun adam hawa yang segar.

Namun, anda harus cermat dalam mengolah daun adam hawa yang segar jangan sampai getahnya ikut terproses. Karena beberapa ada yang beranggapan bahwa getah dari tumbuhan ini beracun. Dan jika tertelan maka dapat menimbulkan beberapa masalah seperti iritasi pada bibir, tenggorokan, serta sakit perut. Bahkan kontak langsung dengan getahnya dapat menyebabkan rasa panas dan sensasi gatal pada kulit dan juga mata, sehingga kuit dapat menjadi memerah.

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat daun adam hawa bagi kesehatan lengkap beserta ciri-ciri tanaman serta capa pengolahan ramuan daun adam hawa yang benar untuk pengobatan. Semoga setelah menyimak artikel ini, anda bisa memetik manfaat dan khususnya dapat menambah wawasan seputar dunia herbal di sekitar lingkungan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 22 November 2016 15:01:36

Related Post :
Kesehatan
Mengapa Mata Tidak Bisa…

Secara alami, sebagian besar…

Penyakit
Penyebab Gusi Bengkak dan…

Penyebab gusi bengkak dan…

Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak…

Membiasakan anak untuk hidup…

Kesehatan
Melakukan Pertolongan Pertama pada…

Tips pertolongan pertama pada…

Alami
Obat Bronkitis Alami Paling…

Obat bronkitis alami berikut…

Penyakit
Penyebab Gejala Neuropati Perifer…

Penyebab gejala neuropati perifer…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah untuk GIGI

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Inai Bagi Kesehatan Tubuh

Selain di kenal sebagai daun…

Kirim Pertanyaan
Top