Obat Gondok Jenis Gondongan dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit Gondok atau struma adalah salah satu jenis penyakit yang menyebabkan pembengkakan di leher, tepatnya di bawah jakun atau laring akibat kelenjar tiroid yang membesar. Kondisi ini umumnya sangat menyiksa dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena selain harus menderita kesakitan, kondisi inipun menyebabkan seseorang sangat sulit untuk mengonsumsi makanan, minuman dan lainnya. Pada umumnya, langkah pengobatan medis yang di tempuh untuk penderita gondok selain menggunakan obat gondok adalah dengan melakukan tindakan operasi.


Namun tak banyak yang mengetahui bahwasannya masih banyak tanaman obat herbal di sekitar kita yang dapat di manfaatkan untuk pengobatan tradisional termasuk salah satunya untuk penyakit gondok di leher. Ada beberapa bahan alami yang dapat di ramu menjadi obat gondok yang mujarab, yang mana penjelasannya secara rinci akan kami informasikan pada uraian berikut.

Obat gondok alami yang mujarab tanpa operasi untuk anak dan dewasa

Kami sangat bisa memahami kecemasan dan juga dapat merasakan ketidaknyamanan yang anda rasakan saat ini. Maka dari itu, untuk mengurangi kecemasan dan beban anda tersebut, kami memiliki rekomendasi pengobatan gondok secara tradiasional dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita, yang di yakini ampuh dan  manjur untuk mengobati gondok pada anak maupun dewasa. sehingga anda tidak perlu melakukan tindakan operasi untuk mengobatinya. Dan berikut uraiannya.


1. Kulit manggis

Setelah di lakukan beberapa uji laboraturium yang di lakukan oleh para ahli, hasilnya menyebutkan bahwa kandungan xhantone yang terdapat di dalam kulit manggis bersifat sebagai antioksidan tinggi, yang mana kadarnya bahkan melebihi kandungan antioksidan dari vitamin C dan Vitamin E. Dan tak dapat di pungkiri, antioksidan yang tinggi tersebut sangatlah baik bagi untuk menangkal radikal bebas yang menuju maupun telah masuk ke dalam tubuh. Sehingga bagi penderita penyakit gondok sendiri, kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya pembengkakan yang lebih parah sebagai dampak dari penyakit gondok.

Cara mengolah: Siapkan segenggam kulit manggis kering. Rebus kulit manggis tersebut hingga layu. Setelah itu saring dan konsumsi secara teratur. Anda juga dapat mengolah kulit manggis menjadi jus yang di campur dengan segelas air dan sedikit madu.

2. Akar jarong

Obat gondok yang berasal dari tanaman herbal lainnya adalah dengan menggunakan akar jarong. Kandungan yang di milikinya di percayai dapat mengatasi penyakit gondok.

Cara pengolahan: Siapkan akar jarong yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian rebus  sampai mendidih. Setelah dingin minum air rebusannya secara rutin minimal 2x sehari. Akarnyapun dapat di tempelkan pada bagian leher untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga merupakan salah satu bahan herbal yang dapat anda rasakan khasiatnya sebagai obat gondok untuk anak maupun dewasa.

Cara pengolahan:
- Ramuan I: Siapkan belimbing wuluh dan bawang merah. Setelah itu lumatkan keduanya hingga benar-benar menjadi lumat. Kemudian balutkan pada leher, yang berfungsi untuk menurangi pembengkakan akibat gondok.

- Ramuan II: Siapkan 10 ranting muda dan daun belimbing wuluh dan 4 sihung bawang merah. Setelah itu lumatkan kesemua bahan hingga benar-benar lumat.  Dan tempelkan pada bagian leher untuk mengurangi pembengkakan.

4. Akar daruju

Akar daruju juga bisa anda manfaat untuk membuat ramuan tradional, yang bisa anda coba untuk pengobatan gondok secara alami.

Cara pengolahan: Siapkan 30-60 gram akar daruju kering dan 2 gelas air. Setelah di cuci bersih, kemudian rebus akar daruju kering tersebut menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin anda dapat menyaring dan mengkonsumsi airnya.

5. Ramuan lobak dan daun dewa

Ramuan lobak, daun dewa serta bahan alami lainnya juga di percayai dapat mengobati penyakit gondok pada anak mapun pada dewasa. Dan berikut cara mengolahnya yang bisa anda praktekan secara langsung di rumah.

Cara pengolahan: Siapkan 2 batang lobak, setengah genggam rumput lau, 3 ruas semu putih dan daun dewa. Setelah itu rebus ke semua bahan dengan menggunakan 6 gelas air dan tunggu hingga tersisa menjadi 3 gelas. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari.

6. Tanaman ciplukan

Dan yang terakhir, tanaman yang sering kali di manfatkan sebagai obat herbal gondok adalah tanaman ciplukan.

Cara pengolahan: Siapkan 9-15 gram tanaman ciplukan dan 4 gelas air. Setelah di bersihkan sebelumnya, tanaman ciplukan kemudian di rebus dengan menggunakan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, anda bisa meminum air nya dua kali sehari maing-masing 2 gelas.

Di luar dari semua bahan alami yang telah di sebutkan , masih banyak bahan alami lainnya yang dapat di olah menjadi obat tradisional gondok diantaranya seperti jahe, lemon, jinten hitam, sambiloto dan juga daun sirsak. Yang mana kesemua bahan alami tersebut juga memiliki kandungan luar biasa untuk mengobati penyakit yang anda derita.

Selain mengenal pengobatannya, anda juga perlu mengenal berbagai macam hal mengenai gondok mulai dari penyebab, gejala serta pantangan dan makanan yang baik di konsumsi oleh penderta gondok seperti yang akan kami paparkan ada kesempatan kali ini. Hal ini memiliki tujuan baik untuk membantu meningkatkan kesehatan penderita gondok dan mencegah peningkatan keparahan penyakit gondok yang penderita alami.

Mengenal Gejala dan Jenis Gondok Serta Pantangan Makanannya

Penyakit gondok merupakan penyakit umum yang dapat di alami oleh siapapun dan tak mengenal batas usia, baik itu penyait gondok pada anak maupun pada orang dewasa. Dalam istilah kedokteran penyakit ini di sebut dengan penyakit kelenjar tiroid, yang mana kelenjar ini memiliki fungsi untuk memproduksi hormon tiriod yang memiliki fungsi untuk menstimulasi metabolisme dari sel-sel di seluruh tubuh.


Di masyarakat sendiri, penyakit gondok sering kali di samakan dengan penyakit gondongan. Meski kedua penyakit ini memiliki sedikit kesamaan berupa pembengkakan, namun hakikatnya penyebab dan gejala dari kedunya tentu berbeda. Bahkan jika di lihat hanya dari definisinya pun jelas berbeda. Penyakit gondongan adalah suatu penyakit yang menyebabkan kelenjar yang memproduksi air liur (kelenjar parotid), yang berada tepat di bawah telinga di samping wajah mengalami pembengkakan akibat terjadinya infeksi virus. Penyakit ini pada dasarnya dapat reda dalam waktu beberapa hari tanpa perlu penanganan secara khusus.

Selain itu, penyakit gondongan pada anak lebih rentan terjadi di bandingkan pada dewasa. Dan mereka yang telah menderita penyakit ini umumnya akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat untuk menghadang virus yang menyebabakan kondisi ini. Beberapa gejala gondongan dapat berupa nyeri sendi, demam tinggi, mulut kering, hilang nafsu makan, lelah, sakit kepala serta adanya pembengkakan pada bagian sisi wajahnya.

Setelah mengetahui beberapa gejala dari gondongan, anda juga perlu mengetahui gejala dari gondok agar bisa memahami dan membedakan antara keduanya.

Gejala, Penyebab dan Jenis-jenis Penyakit Gondok

Gejala penyakit gondok tentunya berbda dengan penyakit gondongan. Bahkan tidak semua penderita gondok mengalami gejala sebelumnya. Namun gejala utama yang perlu anda waspadai dari kondisi ni adalah munculnya benjolan abnormal pada leher. Ukuran bejolan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Pada benjolan kecil, pada umumnya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun kondisi tersebut tentunya harus segera mendapatkan penangan. Karena jika tidak tangani dengan tepat dan segara, benjolan tersebut akan semakin membesar sehingga dapat mempengaruhi pernapasan dan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk menelan.

Adapun gejala gondok yang umumnya menyertai adalah tenggorokan yang terasa sesak, perubahan pada suara (suara menjadi serak), batuk-batuk serta kesulitan bernapas dan menelan.

Penyebab gondok sendiri umumnya beragam. Mulai dari kinerja kelenjar tiroid yang berleBihan (hipertiroidsme) atau sebaliknya (hipoteiroidisme), defiensi iodin (zat yang di butuhkan untuk memproduksi hormon tiroid), serta akibat merokok.

Selain beberapa penyebab umum tersebut, masih ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gondok diantaranya:

- Adanya nodul dalam kelenjar tiroid.
- Sebagai akibat dari pengaruh dari kanker tiroid.
- Inflamasi kelenjar tiroid akibat virus, bakteri, serta obat-obatan tertentu.
- Kadar iodin yang melebihi batas normal dalam tubuh.
- Perubahan hormon krena pubertas, kehamilan dan menopause.
- Terpapar radiasi seperti saat mejanai terpai radiasi.
- Pengaruh obat litium atau obat untuk mengatasi depresi dan gangguan bipolar.

Dan perlu anda ketahui, bahwasannya penyakit gondok juga tidak hanya terdiri dari satu jenis melaikan terbagi menjadi beberapa jenis. klasifikasi atau jenis-jenis gondok berdasarkan penyebeb yang umumnya sangat jarang diketahui ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gondok Konginental: Disebabkan akibat mengonsumsi air antitiroid ataupun akibat dari pengobatan tirotoksikosis.
  • Gondok endemik: Di sebabkan oleh kekurangan yodium.
  • Gondok kaloid: Penyakit gondok yang lebih sering terjadi pada anak perempuan dan selama masa pubertas.
  • Gondok multinodular: Penyakit gondok yang memiliki ciri permukan benjolan di leher yang kasar serta bergumpal saat diraba.
  • Gondok intrakea: Gondok yang menjalar ke dalam organ lain salah satunya di dalam trakea.

Sedangkan di lihat dari tekstur benjolan, jenis-jenis gondok dibagi menjadi 2 macam:

  • Gondok difus: Bejolannya terasa mulus saat di sentuh.
  • Gondok nodul: Benjolan tidak rata dan bergumpal. Permukaan yang tidak rata tersebut dapat di sebabakan adanya satu atau lebih bintil-bintil kecil yang padat atau berisi cairan dalam benjolan.

Jenis Makanan Yang Di Anjurkan dan Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Gondok

Bagi anda yang kini tengah menderita penyakit gondok, anda sabngat di tekankan untuk mengahindari beberapa jenis makanan berikut. Dan pantangan makanan pnderita gondok diantaranya adalah:

  • Kacang kedelai dan olahannya seperti tempe, tahu, kecap, susu kedelai, minyak kedelai dan segala jenis makanan berbasis kedelai. Hal tersebut di karenakan kandungan asoflavongoitrogen yang terdapat di dalam kedelai mampu menhambat kinerja tiroid dalam penyerapan yodium.
  • Gluten yang meliputi gandum, barley, rye dan lainnya. Hal tersebut di karenakan gluten dapat memicu respon autoimun dalam tubuh jika nada sensitif.
  • Sayuran silangan seperti kubis, bunga kol, kubis brussel dan brokoli  ada beberapa sayuran yang termasuk kedalam pantangan makanan pnderita gondok. Hal trsebut di karenakan beberapa jenis sayuran tersebut di anggap memiliki kandungan isothiocyanates yang goitrogen yag dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kelenjar tiroid anda. Namun beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa jika sayuran ini di konsumsi dengan  cara di masak terlebih dahulu akan menghilangkan efek goitrogenik di dalamnya. Maka ada baiknya jika bengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Adapun selain itu, anda juga sangat tidak sarankan untuk mengonsumsi makanan pedas, makanan dengan kadar kolesterol tinggi, makanan berlemak tinggi, makanan yang di goreng termasuk gorengan, junk dan fast food, minuman beralkohol, kopi dan soda, serta makanan yang mengandung bahan kimia dan juga bahan pengawet.

Lalu apa makanan yang harus di konsumsi oleh penderita gondok? beberapa asupan seperti makanan yang mengandung protein dan lemak sehat seperti kenari, minyak kelapa dan lainnya, makananan yang mengandung makronutrisi seperti yogurt, buah-buahan , bayam dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar obat gondok jenis gondongan dan gejalanya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat dan khususnya bisa meringankan dan menjadi perantara untuk kondisi anda yang lebih baik lagi.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Penyakit Selasa, 22 November 2016 18:47:51

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Penyakit
Gejala Kanker Lambung Dan…

Salah satu kanker yang…

Kesehatan
Jenis Buah yang Aman…

Penderita diabetes seringkali menghindari…

Penyakit
Ketahui Berbagai Penyakit Akibat…

Ketahui berbagai penyakit yang…

Tips
Cara Menormalkan Kadar Trigliserida…

Mengubah gaya hidup dan…

Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi…

Polusi udara merupakan suatu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Penyakit
Jenis-Jenis Tes Untuk Mendiagnosa Penyakit Asma

Untuk menguatkan diagnosis terhadap penyakit…

Penyakit
Gejala Infeksi Saluran Pernafasan Yang Mudah Dikenali

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan yang…

Kirim Pertanyaan
Top