Pengaruh HIV Pada Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Share dan Tag Temanmu di :

Pengaruh HIV pada tubuh manusia.

Setiap manusia mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Sel CD4 yang merupakan jenis sel darah putih adalah salah satu unsur penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel tersebut melindungi dari berbagai macam virus, bakteri, serta kuman lainnya.


Human Immunodeficiency Virus (HIV) bekerja dengan menginfeksi sistem kekebalan tubuh manusia. Virus tersebut akan masuk ke dalam sistem kekebalan pada sel CD4 dan memanfaatkan sel CD4 untuk menggandakan dirinya sebanyak mungkin. Virus yang menggandakan diri akan meninggalkan sel CD4 serta membunuhnya di waktu yang sama. Semakin banyak sel CD4 yang mati, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang terkena HIV akan semakin rendah. Sampai akhirnya sistem kekebalan tubuh sama sekali tidak berfungsi.

Saat proses tersebut terjadi, tubuh akan merasa sehat serta tidak terjadi masalah apapun. Kondisi tersebut dapat berlangsung selama 10 tahun bahkan lebih. Namun pada momen tersebut, penderita dapat menyebarkan virusnya kepada orang lain.

Semua orang mempunyai risiko terkena infeksi HIV tanpa mengenal batas usia. Namun terdapat kelompok orang yang mempunyai risiko terinfeksi HIV lebih tinggi. Yakni pengguna narkotika suntik, orang yang melakukan tindik atau membuat tato, orang yang sering bepergian ke daerah dengan angka pengidap HIV tinggi seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa Timur, orang yang transfuse darah di daerah dengan angka HIV tinggi, orang yang berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom, orang yang terkena infeksi penyakit seksual lain, serta orang yang berhubungan seksual dengan pengguna narkotika suntik.

Orang yang baru terinfeksi HIV akan mengalami beberapa gejala HIV yang tampak seperti penyakit flu. Hal tersebut bisa terjadi selama lebih dari satu sampai dua bulan setelah tubuhnya terinfeksi. Gejala awal yang muncul adalah sakit tenggorokan, demam, serta munculnya ruam. Namun beberapa orang yang menderita penyakit ini tidak merasakan gejala dan tanda selama bertahun-tahun.

Untuk bisa mengetahui apakah kita terinfeksi HIV atau tidak, caranya adalah dengan menjalani tes untuk mendiagnosa HIV dalam tubuh. Semakin cepat HIV terdeteksi, tingkat keberhasilan pengobatan pun akan makin tinggi. Jika Anda merasa mempunyai risiko terinfeksi HIV, segera konsultasikan dengan dokter ataupun klinik kesehatan terdekat.

Tidak disarankan untuk menunda penanganan usai Anda didiagnosis terinfeksi HIV. Jika penanganan terlambat, virus dapat menyebar dengan cepat ke dalam sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan Anda. Dengan penanganan yang cepat, Anda pun dapat menghindari penyebaran virus ini kepada orang terdekat.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 23 November 2016 08:31:21

Related Post :
Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Tahukah Anda Tentang Vitamin…

Anda mungkin sudah tidak…

Kesehatan
Mengenal Lyme Disease Penyakit…

Baru-baru ini Avril Lavigne…

Manfaat
Berbagai Manfaat Ikan Tuna…

Informasi tentang kandungan gizi…

Alami
Cara Mengobati Panu Menahun…

Cara mengobati panu menahun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah Seperti Roro Fitria

Baru-baru ini Roro Fitria melakukan…

Kesehatan
Jangan Malas! Lakukan Aktivitas Sehat Ini saat Perut Kosong

Meskipun perut kosong, bukan berarti…

Kirim Pertanyaan
Top