Tips Cara Melatih Anak Agar Cepat Berjalan

Share dan Tag Temanmu di :

Kemampuan dan perkembangan bayi berbeda-beda, termasuk dalam hal melangkahkan kakinya untuk berjalan. Ada anak yang sudah bisa berjalan di usia 9 bulan, ada juga yang belum bisa berjalan pada usia tersebut. Pada umumnya anak akan memulai melangkahkan kakinya ketika dia usia 9-12 bulan. Dan akan mulai lancar berjalan sendiri ketika si kecil berusia 14 hingga 15 bulan. Bila sudah mencapai usia tersebut belum bisa berjalan, anda tidak perlu khawatir. Karena nanti juga si kecil akan bisa berjalan, asalkan anda harus selalu melatihnya supaya cepat berjalan.


Tips Cara Melatih Anak Agar Cepat Berjalan

Latih si kecil berdiri tegak

Cara pertama untuk melatih agar si kecil cepat berjalan adalah latih si kecil berdiri tegak. Biarkan si kecil berdiri sendiri selama 30 detik. Jika ia terjatuh terus beri ia semangat supaya ia bisa berdiri sendiri.

Latihan merambat

Bila si kecil bisa berdiri tegak, maka latihlah dia berjalan merambat. Dampingi terus si kecil saat melatih bejalan merambat. Biarkan ia rambatan di meja atau sofa, menggenggam dinding box tidurnya atau menggenggam tangan anda.

Latih si kecil berjalan dengan pegangan

Latih si kecil berjalan dengan bantuan tangan anda merupakan salah satu cara agar anak cepat berjalan. Lepaskan pegangan tangan anda yang satu bila sudah memungkinkan dan biarkan saja si kecil terus melangkah dengan memegang satu tangan anda.

Kecoh dengan mainan atau makanan

Cara selanjutnya agar anak cepat berjalan adalah dengan meletakan mainan atau makanan yang ia suka. Dengan begitu, anak anda akan tertarik untuk mengambil mainan atau makanan tersebut. Bila si kecil sudah berdiri, mundur satu langkah agar ia mau melangkahkan kakinya.

Jangan memakai alas kaki ketika melatih si kecil berjalan

Si kecil akan lebih mudah berjalan dengan tidak memakai alas kaki seperti kaus kaki atau sepatu. Dikarenakan kakinya mencengkeram permukaan lantai akan lebih mudah.

Pijat kaki si kecil

Memijat kaki si kecil juga merupakan cara agar anak cepat berjalan. Hal ini dikarenakan dapat membantu kelenturan pada persendian pinggul dan lutut si kecil supaya bisa berjalan.

Cara lainnya melatih anak agar cepat berjalan diantaranya latihlah keseimbangan si kecil ketika ia bisa duduk dan latihan berjalan dengan menggunakan alat kereta dorong. Jangan memaksakan buah hati anda untuk berjalan. Tapi biarkan dia melatih kemampuannya sendiri karena dia akan belajar sendiri bila telah waktunya untuk melangkahkan kaki. Yang paling penting, anda sebagai orang tua harus membantu si kecil untuk menguatkan otot-otot kakinya serta punggungnya dengan cara membiarkan dia berbaring tengkurap.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Rabu, 23 November 2016 14:13:21

Related Post :
Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Mata merupakan bagian yang…

Penyakit
Cara Mengobati Penyakit Stroke…

Selain dengan obat, cara…

Alami
Obat Herbal Gastritis Akut…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Kulit
Manfaat Toner Bagi Kulit…

Khasiat dan manfaat toner…

Kesehatan
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Meskipun dapat diobati, namun…

Kesehatan
Pengaruh HIV Pada Sistem…

Pengaruh HIV pada sistem…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Waspada! Ada Bahaya Penggunaan Pelampung Leher Pada Bayi

Waspada! ternyata terdapat beberapa resiko…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit Pada Bayi

Belajar mengenali gejala sakit pada…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top