Ketahui Bahaya Sayur Bayam Yang Dipanaskan Ulang

Share dan Tag Temanmu di :

Ketahui Bahaya Sayur Bayam Yang Dipanaskan Ulang

Berbagai manfaat sehat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau. Karena didalam sayuran hijau terkandung banyak sekali mineral, vitamin, dan serat. Bukan itu saja, sayuran hijau juga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan karena kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya. Namun, salah satu jenis sayuran hijau yakni bayam akan sangat membahayakan jika dikonsumsi setelah lama dimasak apalagi sampai dipanaskan berulang itu sangat tidak baik bagi kesehatan karena terjadi pengoksidasi antara udara dan sayur bayam.


Salah satu sumber zat besi yang tinggi bagi tubuh adalah sayur bayam. Tapi, zat besi ini kemudian akan berubah menjadi senyawa zat ferro jika terlalu banyak bereaksi dengan udara. Manfaat zat besi yang terkandung dalam sayur bayam memang sangat baik bagi tubuh, tetapi tidak demikian halnya dengan zat ferro yang merupakan oksidan atau racun bagi tubuh.

Seorang ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Eva Kurniawati mengatakan pengoksidasi sudah mulai terjadi pada proses pemasakan awal dan pendinginan sayur sekalipun wadahnya ditutup. Setelah dimasak sayur bayam ini perlahan-lahan akan berubah dan setelah 4 - 5 jam akan berubah menjadi kehitaman.

Saat anda memakan sayur bayam yang telah teroksidasi, anda tidak akan langsung merasakan dampaknya. Tapi, setelah berbagai residu yang sudah menumpuk dalam tubuh anda, akan memunculkan penyakit sianosis yaitu ketidakmampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen sehingga akan berakibat seluruh jaringan tubuh menjadi lemas karena kebutuhan oksigennya tidak terpenuhi yaitu suatu penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh residu berbahaya.

Kemudian dr. Eva Kurniawati memberi saran 'maka kalau ingin masak sayur terutama sayur bayam sebaiknya untuk masak hanya untuk sekali makan saja'.

Jika sayur bayam dipanaskan ulang akan merusak zat gizi terutama vitamin dalam sayur tersebut dan hindari masak sayur terlalu lama, agar kandungan dan vitamin dalam sayur tidak rusak.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 24 November 2016 07:52:42

Related Post :
Tips
Tips Agar Minum Kopi…

Penderita maag kini tidak…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Sakit…

Obat Hyuscine butylbromida untuk…

Manfaat
Manfaat Buah Belimbing Untuk…

Belimbing adalah buah-buahan yang…

Kesehatan
Inilah Jenis Penyakit Gigi…

Berbagai jenis penyakit pada…

Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada…

Ibu hamil yang menderita…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Randu…

Khasiat manfaat daun randu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Berbagai Efek Samping Kemoterapi Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai efek samping…

Kesehatan
Kesehatan
Vaksin Dan Langkah Pencegahan Virus Hepatitis B

Vaksin dan langkah pencegahan virus…

Kirim Pertanyaan
Top