Tips Cara Memilih Minyak Yang Aman Dan Tepat Untuk Pijat Bayi

Share dan Tag Temanmu di :

Cara memilih minyak yang aman dan tepat untuk pijat bayi.

Untuk menciptakan rasa hangat pada tubuh bayi, ibu biasanya membalurkan minyak telon. Minyak telon biasanya mengandung adas atau fennel, tanaman yang mempunyai aroma khas. Adas dalam minyak telon mempunyai khasiat untuk menenangkan usus besar serta mengurangi produksi cairan dalam saluran pernafasan. Khasiat lainnya adalah untuk mengatasi kolik pada bayi, nyeri ulu hati, kurang nafsu makan, kembung, serta adanya gas dalam usus. Pasien dewasa yang menderita bronkhitis, batuk, infeksi saluran pernafasan atas, serta nyeri punggung bisa diredakan dengan adas.


Meski minyak telon dikenal sebagai minyak untuk membalur tubuh bayi, masih terdapat beberapa minyak lain yang dapat dipakai sebagai penghangat tubuh bayi. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara memilih minyak yang aman dan tepat untuk bayi. Supaya tidak salah pilih, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Membaca label kemasan. Supaya Anda tidak salah membeli maupun terlanjur membalurkan minyak di kulit bayi, sebaiknya baca terlebih dahulu label kemasannya. Sangat penting untuk menggunakan minyak esensial sesuai khasiat, tata cara, dan kecocokannya pada tubuh bayi. Dari label kemasan, Anda pun dapat mengetahui bahan dasar pembuatan minyak tersebut. Pilih yang 100 persen alami.

- Pastikan minyak benar-benar aman. Sebelum membalurkannya ke tubuh sikecil, pastikan tidak ada bahan berbahaya yang terkandung dalam minyak tersebut. Jika Anda memilih minyak esensial dibandingkan minyak telon, ambil hanya sedikit saja karena minyak esensial sudah cukup pekat.

- Pastikan bayi cukup umur. Memang tidak ada patokan khusus untuk bayi dalam memakai minyak esensial. Tetapi agar lebih aman, hindari penggunaannya pada bayi yang berusia di bawah tiga bulan. Jika ingin memakai minyak esensial tersebut namun masih ragu-ragu, tanyakan pada orang lain atau bisa juga konsultasi dulu dengan dokter.

- Perhatikan takaran. Jika bayi berusia 3 sampai 6 bulan, pakai minyak esensial 1 sampai 2 tetes saja. Anda dapat memilih aroma lavender atau chamomile. Untuk bayi di atas 6 bulan, minyak esensial yang disarankan adalah 3 sampai 5 tetes.

- Tidak dianjurkan mengencerkan minyak dengan air. Jika Anda menggunakan minyak esensial yang cukup pekat, encerkan menggunakan minyak khusus yang umumnya telah disediakan untuk minyak esensial. Contoh minyak pengencer diantaranya adalah minyak zaitun atau minyak almond.

- Takaran pencampuran minyak esensial perlu di perhatikan. Takaran pencampuran minyak esensial dan minyak pengencer adalah 1-5 tetes minyak esensial dengan 1-3 sendokteh minyak pencampur.

- Hindari produk minyak esensial yang dilarutkan dengan alcohol maupun pewangi sintetis karena bisa mengiritasi kulit bayi.

Nah, itulah tips bagi para bunda bagaimana cara memilih minyak yang aman dan tepat untuk pijat bayi selain menggunakan pijat bayi. So, mulai dari sekarang jangan salah pilih minyak pijat untuk bayi lagi ya bun!

By Nida Saripah - Tips Kamis, 24 November 2016 08:19:07

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang selada, kandungan…

Alami
Obat Alami Maag Kronis…

Penyakit maag merupakan sebuah…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Sangat penting untuk mengetahui…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Pengobatan Wasir Dengan Lidah Buaya

Berikut aalah informasi tentang cara…

Tips
Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Selama puasa, daya tahan tubuh…

Kirim Pertanyaan
Top