Mengenali Gejala Kanker Hati yang Sering Dikeluhkan

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker hati menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti, gejala penyakit ini biasanya seperti kelelahan dan mual. Namun karena gejala tersebut bersifat umum, tidak heran jika penderita kanker hati ini tidak mengetahuinya. Umumnya, gejala kanker hati akan terlihat jika si penderita sudah berada di stadium lanjut. Beberapa gejala kanker hati yang seringkali dikeluhkan meliputi:

  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Kelelahan
  • Mual-mual
  • Muntah
  • Sakit kuning, dibagian putih mata dan kulit akan menguning hal tersebut akibat dari meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh.


Penyebab secara pasti dari penyakit ini belum diketahui. Namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kanker hati ini. Diperkirakan penyakit ini berkaitan dengan sirosis atau adanya kerusakan jarinya sel-sel hati. Sirosis ini bisa disebabkan oleh  infeksi virus hepatitis B atau C.

Peradangan hati yang diderita oleh penderita hepatitis B atau C berisiko timbulnya jaringan parut di organ hati. Jaringan parut tersebut jika dibiarkan dapat berkembang menjajdi kanker hati. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama penyebab terjangkitnya penyakit ini.

Selain gaya hidup yang tidak sehat, mengonsumsi alkohol secara berebihan pun menjadi faktor penyebabnya karena bisa merusakan hati secara permanen, dan meningkatkan risiko terjangkitnya kanker hati. Obesitas pun bisa salah satu penyebab meningkatnya risiko kanker hati, karena berkaitan erat denga penyakit perlemakan hati non alkoholik atau NAFD (Non Alcoholic Fatty Liver Disease).

Jika saat melakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosis adanya kanker hati. Penderita akan langsung dirujuk ke rumah sakit spesialis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semakin cepat terdiagnosis, semakin efektif pula penanganan yang diberikan.

Satu dari lima orang yang mengidap penyakit kanker hati bisa bertahan hidup, setidaknya satu tahun setelah diagnosa yang diberikan dokter. Dan hanya satu dari 20 pengidap yang bisa bertahan hidup selama lebih kurang lima tahun. Ini disebabkan karena sebanyak sembilan dari 10 penderita telat melakukan diagnosis, sehingga kanker sudah ada pada stadium lanjut.

Agar kanker hati dapat terdiagnosis lebih dini, orang-orang yang berisiko mengidap penyakit ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur. Beberapa orang yang berisiko tinggi mengidap kanker hati ini adalah mereka yang positif terkena hepatitis B dan C, serta sirosis. Manfaat dari pemeriksaan sedari dini adalah untuk mengetahui tingkat stadium dari kanker tersebut, karena semakin cepat diketahui, pengobatan untuk kepulihan total pun lebih memungkinkan.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 24 November 2016 15:21:47

Related Post :
Ibu Hamil
Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini…

Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini…

Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada…

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit…

Manfaat
Manfaat Daging Tupai untuk…

Memiliki bentuk yang kecil…

Penyakit
Cara Efektif Mengatasi Penyakit…

Cara efektif mengatasi penyakit…

Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan…

Tips penting sebelum menyimpan…

Kesehatan
Waspada Leukemia Penyakit Penyebab…

Suami artis Ririn Ekawati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis-jenis Kista Beserta Gejala Dan Bahayanya

Informasi tentang penyakit kista, jenis-jenis,…

Penyakit
Pengobatan Keracunan Makanan Dan Gejalanya

Pengobatan keracunan makanan pada anak…

Penyakit
Penyebab Hiperhidrosis dan Cara Mengatasinya

Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi dimana…

Kirim Pertanyaan
Top