Manfaat Daun Belalai Gajah Untuk Obati Kencing Manis Hingga Kanker

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun belalai gajah Atau Sabah Snake Grass (SSG) kini tengah menjadi topik perbincangan hangat para ahli sebagai tanaman obat herbal yang memiliki khasiat luar biasa di dalamnya. Bagaimana tidak, tanaman ini sudah sejak lama di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari kencing manis atau diabetes hingga kanker. Hal tersebut di karenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga mampu mengatasi sel-sel kanker di dalam tubuh supaya tidak menyebar. Ingin tahu informasi selengkapnya? Simak ulasan berikut ini.


Tanaman yang memiliki nama latin Clinacanthus nutans ini merupakan tanaman perdu tahunan asli Asia tenggara. Tanaman ini umumnya sangat mudah di jumpai di Thailand, Malaysia dan Indonesia. Tanaman pokok belalai gajah ini umumnya bisa mencapai ketinggian hingga 2.5 m. Tanaman ini memiliki batang berkayu, tegak, beruas, serta berwarna hijau. Adapun bentuk daun belalai gajah ini adalah tunggal, berhadapan, bentuk lanset, panjang 8-12 mm, bertulang menyirip, dan berwarna hijau. sedangkan bunganya majemuk, bentuk malai, tumbuh di ketiak daun  dan ujung batang, mahkota bunga berbentuk tabung, panjang 2-3 cm serta berwarna merah muda. Tanaman ini juga berbuah dengan bentuk buah yang kotak, bulat memanjang berwarna coklat. Tanaman ini umumnya sangat mudah tumbuh pada ketinggian 1-900 m diatas permukaan laut.

Di beberapa daerah bahkan di beberapa negara, nama lain daun belalai gajah berbeda-beda. Seperti diantaranya: kijatan, gendis (melayu), ki tajam (sunda), dandang gendis (jawa timur), phaya plongtong (thailaind) dan lainnya. Untuk cara mendapatkan daun belalai gajah sendiri kini terbilang cukup sulit, mengingat tanaman yang satu ini tidak lagi sepopuler dulu. Sehingga tidak heran jika kini beberapa orang mengalami kesulitan saat mencari daun belalai gajah untuk keperluan pengobatan. Bagi penderita kanker ada baiknya jika anda menanam sendiri tanaman ini untuk kepentingan penyembuhan anda pribadi.

Kandungan dan penelitian seputar daun belalai gajah bagi kesehatan


Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Institut penelitian Sayur-Sayuran di Akademi Ilmu Pertanian Guangdong dan Kolej Hortikultur di Universitas Pertanian China selatan, bahwasannya daun belalai gajah atau SSG ini memiliki kandungan nilai gizi sebagai berikut:

  • Flavonoid merupakan Salah satu kandungan tertinggi yang di miliki daun SSG ini. Kandungan senyawa ini sendiri adalah salah satu jenis antioksidan yang memiliki kemampuan dalam mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Mineral. Banyak kandngan mineral penting yang terkandung dala daun belalai gajah ini seperti vitamin salah satunya. Lebih dari 45% terdiri dari protein mentah dan 17 asam amino yang memberikan nilai baik bagi kesehatan.
  • Kaya akan kandungan vitamin C, protein, dan serat yang memiliki efek untuk menagkal radikal bebas yang membantu dalam pencegahan kanker.
  • Mengandung mineral fosfor, kalsium, magnesium, dan beberapa elemen surih seperti zat besi.
  • Daun belalai gajah memiliki kandungan kimia lainnya seperti alkaloid, saponin dan minyak atsiri dan bersifat direutik.

Dari berbagai kandungan tersebutlah terkumpul berbagai khasiat dan manfaat daun belalai gajah yang sangat baik bagi kesehatan, mulai dari mengobati kencing manis hingga kanker.

Khasiat dan manfaat daun belalai gajah untuk obati kencing manis hingga kanker


Sejak zaman dahulu, daun belalai gajah berguna untuk di jadikan pengobatan tradisional bagi kesehatan. Dan khasiat daun ini mulai terkenal sejak Mr. Liu Lian Hui Dari Taiping memberikan cerita luar biasa beliau setelah pulih dari penyakit kanker yang di deritanya selama ini setelah menggunakan tanaman sanake grass. Dan pernyataan tersebut di kutip pada penerbitan Kwong Wah Yit Poh Press. Bahkan setelah itu, banyak lagi kesaksian pengguna lainnya yang mendapat manfaat setelah mengonsumsi ramuan herba ini.

Adapun khasiat daun belalai gajah untuk kencing manis hingga kanker, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengatasi asam urat, kolesterol dan diabetes atau kencing manis.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah.
  • Mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, herpes zoster dan psoriasis.
  • Mengurangi ketidaknyamanan dari dialisis dan penyakit ginjal.
  • Proses detoksifikasi, menyembuhkan memar dan bengkak.
  • Melawan dan mengurangi penderitaan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, prostat, rahim dan leukimia.

Cara pengolahan daun belalai gajah untuk penyembuhan beberapa penyakit

Menurut Hartini Koentjoro, yang merupakan salah satu pengembang tanaman obat, untuk mengolah daun belalai gajah harus di jadikan ekstrak terlebih dahulu dengan cara di keringkan. Ini bertujuan untuk menjaga khasiat dari daun belalai gajah ini agar tidak mudah hilang saat di rebus. Sedangkan, jika anda ingin mengolah daun belalai gajah yang segar, menurut Yuyuk dari Tersono Herba mandiri,  sebaiknya di layukan  terlebih dahulu sebelum direbus. Seperti anda mametiknya di pagi hari dan mengolahnya di sore hari. Namun di luar itu, anda juga bisa mengolah daun belalai gajah segar secara langsung.

Adapun cara pengolahan daun belalai gajah sebagai obat tradisional adalah sebagai berikut:

1. Kencing manis atau Diabetes

  • Ramuan I
    - Bahan: 7 lembar daun belalai ajah segar
    - Cara pengolahan: Setelah daun di cuci berish kemudian rebus daun dengan menggunakan 2 galas air hingga mendisih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin anda dapat meminumnya. Minum ramuan ini 2x sehari selama 14 hari.
  • Ramuan II
    Bahan: 10 gram daun belalai gajah yang telah di layukan
    Pengolahan : Masukkan daun Snake grass ini dengan segelas air yang telah mendidih dan biarkan selama 1 menit. Saring untuk ambil airnya. Setelah dingin anda dapat langsung meminumnya.

2. Untuk mengobati susah buang air kecil

- Bahan: 15 gram daun belalai gah segar.
- Cara pengohan: Rebus daun tersebut bersama 1 gelas air. Setelah mendisih anda bia mengangkatnya. Dan sertelah dingin anda bisa menyaringnya terlebih dahulu dan meminumnya.

3. Disentri

- Bahan: segenggam daun SSB segar
- Pengolahan: Rebus dengan menggunakan 5 gelas air dan biarkan hingga 3 gelas air. Konsumsi ramuan ini 3x sehari sampai penyakit disentri ini sembuh.

4. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh

- Bahan: 10 g daun snike grass yang telah di layukan dan 10 g daun meniran sehar
- Pengolahan: Setelah kedua bahan di bersihkan sebelumnya, lalu kemudian masukkan kedua bahan tersebut ke dalam air yang sudah mendidih selama 1 menit. Saring untuk di ambil airnya. Dan setelah dingin anda dapat meminumnya. Anda juga bisa bisa menambahkan sedikit adu ke dalamnya.

Dan selain dari pada itu, anda dapat mengolah daun belalai gajah menjadi jus untuk pengobatan penyakit kanker yang anda derita, Cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Tuangkan 1/2 gelas air ke dalam blender.
  • Masukkan 1 atau 2 potong es batu kedalamnya.
  • Tambahkan pula 1/4 manfaat lemon, yang mana berguna untuk oksidasi.
  • Masukkan daun belalai gajah segar yang telah di bersihkan sebelumnya sesuai keperluan.
  • Masukan pula 8 potong buah apel tanpa biji yag telah di kupas sebelumnya.
  • Setelah semua bahan di masukan, blender kesemua bahan tersebut sampai tercampur secara merata.
  • Setelah itu, konsumsi jus daun belalai gajah tersebut secara langsung karena kurang baik jika di simpan.

Untuk jumlah daun yang di masukkan sendiri, tergantung stadium kanker yang anda derita:

- Stadium I: 30 lembar
- Stadium II: 50 lembar
- Stadium III: 100 lembar
- Stadium IV: 200 lembar

Perhatian!!

  • Meski belum di ketahui secara pasti kebenarannya, daun belalai gajah kemungkinan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, muntah, lutut sakit, punggung sakit, batuk, insomnia, dan lemas pada bagian lengan dan kaki.
  • Bagi penderita ginjal harus lebih berhati-hati mengonsumsi ramuan ini, alangkah lebih baiknya jika tidak mengonsumsi ramuan ini lebih dari segelas dalam sehari.

Demikian informasi seputar manfaat daun belalai gajah untuk obati kencing manis hingga kanker, yang kami informasikan secara lengkap dan menyeluruh. Semoga apa yang kami informasikan bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 24 November 2016 15:25:55

Related Post :
Tips
Tips Dan Cara Mengatasi…

Tips dan cara mengatasi…

Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada…

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit…

Manfaat
Ternyata Ini Manfaat Rutin…

Tempe merupakan makanan yang…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Penyakit
Cara Mudah Mengetahui Gejala…

Cara mudah mengetahui gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daun belalai gajah

    0 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Tin Atau Ara Bagi Kesehatan

Selain buahnya, khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top