Tips Keselamatan Berenang Pada Masa Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Keselamatan Berenang Pada Masa Kehamilan

Berenang dipercaya sebagai jenis olahraga aerobik yang sangat cocok bagi ibu hamil karena cenderung tidak akan menimbulkan resiko yang akan membahayakan bagi ibu hamil dan janin di kandungannya. Namun, dengan catatan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Melakukan aktivitas berenang pada masa kehamilan sebaiknya tidak dilakukan sendirian, sebaiknya Anda minta seseorang untuk ditemani. Bagi seseorang yang sebelum masuk pada masa kehamilan memiliki hobi berenang, mungkin akan sudah terbiasa.


Tapi bagi yang baru akan mencoba untuk pertama kalinya di masa kehamilan juga tidak masalah namun harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

1.  Pilihlah kolam renang yang kebersihannya terjamin dan tidak terlalu banyak pengungjungnya. Jika Anda memiliki kolam renang sendiri dirumah itu akan lebih baik. Kebersihan kolam renang menjadi aspek penting yang harus diperhatikan, terkadang terdapat kolam renang yang airnya memiliki kandungan kaporit yang terlalu tinggi. Sebaiknya ini dihindari karena tidak baik untuk kesehatan tubuh apalagi janinnya.

2.  Gunakan baju renang khusus untuk ibu hamil. Hal ini agar tubuh merasa nyaman dan tidak ada tekanan pada bagian perut. 

3.  Sebelum berenang, disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu misalnya dengan peregangan otot pada leher, tangan, dan kaki. Bisa juga dengan melakukan berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit. 

4.  Ketika akan memulai berenang, hindari melompat atau terjun dengan posisi kepala terlebih dahulu saat akan memasuki air. Saat akan memasuki air, cobalah berpegangan pada pinggir kolam agar terhindar dari resiko tergelincir dan untuk mendapatkan keseimbangan tubuh.

5.  Mulailah berenang pelan-pelan dan tidak menyelam terlalu lama. Anda bisa melakukannya secara bertahap. Lakukan semampunya saja, jangan terlalu dipaksakan. Lakukan gerakan-gerakan yang nyaman saja, tidak membuat otot-otot merasa tegang. Jika otot mulai terasa sakit, segeralah untuk berjalan pada sisi kolam yang lebih dangkal.

6.  Penuhi kebutuhan asupan cairan pada tubuh dengan meminum air putih yang lebih banyak. Hal ini untuk menghindari dari kondisi tubuh yang dehidrasi apalagi saat cuaca panas.

7.  Saat akan keluar dari kolam renang, berhati-hatilah jangan sampai tergelincir atau terpeleset. Anda disarankan untuk memakai alas kaki anti licin.

8.  Selesai berenang, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Jangan langsung duduk dan diam apalagi makan. Hal ini dapat menimbulkan resiko Anda mengalami kram pada anggota tubuh dan mual jika langsung makan. 

By Ana Rediana - Ibu Hamil Kamis, 24 November 2016 15:32:00

Related Post :
Kesehatan
Kebaikan Nutrisi Vitamin E…

Vitamin E merupakan jenis…

Ibu Hamil
Amankah Ibu Hamil Memelihara…

Amankah ibu hamil memelihara…

Ibu Dan Anak
Tips Jitu Agar Anak…

Tips jitu agar anak…

Kulit
Ingin Miliki Kulit Cantik…

Siapa yang tidak ingin…

Penyakit
Gejala Penyakit Alzheimer Pada…

Gejala penyakit alzheimer sangat…

Tips
Anda Cukup Kompres Pakai…

Anda cukup kompres pakai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Benarkah Ibu Hamil Dilarang Berendam?

Benarkah ibu hamil dilarang berendam?…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil jangan mengonsumsi obat…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil yang Aman untuk Ibu dan Janin

Tentunya menjalankan puasa saat hamil…

Kirim Pertanyaan
Top