Manfaat Omega 3 pada Ikan Tuna yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Omega 3 merupakan salah satu lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh berfungsi dengan baik. Sayangnya, jenis lemak ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sehingga mau tidak mau kebutuhan akan lemak jenis ini harus didapatkan melalui asupan makanan.


Omega 3 sebagian besar ditemukan pada berbagai jenis ikan, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan air tawar, ikan tenggiri, dan ikan sarden. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah kandungan dan manfaat Omega 3 pada ikan tuna. Sebelumya, kita harus tahu bahwa menurut para ahli gizi, tubuh manusia membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3 per harinya. Itulah sebabnya, ikan tuna menjadi solusi favorite bagi pemenuhan kebutuhan omega 3. Karena di samping rasanya yang nikmat, dalam satu porsi ikan tuna tersimpan Omega 3 hingga mencapai 300 mg. Sekarang, sudah tahu kan jumlah Omega 3 yang harus dipenuhi dalam sehari? Next, kita lanjut membahas manfaat Omega 3 itu sendiri. Apa saja sih manfaatnya? Bagi yang belum tahu, baca dengan teliti ya!

1. Mengurangi risiko penyakit jantung


Jantung adalah satu satu organ penting dalam tubuh. Jika Anda menyayangi jantung Anda, konsumsi setidaknya satu atau dua porsi ikan tuna dalam satu minggu. Karena menurut penelitian, mengkonsumsi setidaknya 600 mg Omega 3 dalam satu minggu diduga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Berperan bagi kesehatan dan perkembangan Janin dan Anak

Setiap ibu hamil selalu memastikan kondisi janinnya agar tetap sehat. Begitu juga setelah dilahirkan. Semua ibu pasti menginginkan anak yang sehat. Omega 3 bermanfaat begi kesehatan dan perkembangan janin dan anak. Berikut beberapa contohnya :

  • Mengurangi risiko persalinan premature
    Bayi yang lahir premature biasanya lebih rentan mendapat masalah kesehatan karena dilahirkan sebelum berkembang dengan sempurna. Oleh sebab itu, wanita hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan Omega 3 setiap harinya. Hal tersebut didukung dengan satu penelitian di tahun 2003, yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang diperkaya dengan omega 3 diduga mengurangi risiko persalinan prematur.
  • Berperan dalam pertumbuhan bayi
    Orang tua masa kini sangat kritis dalam memberi asupan gizi untuk buah hatinya. Mereka akan memilih produk-produk yang dirasa mampu memenuhi kebutuhan gizi pada anaknya. Bagi Anda yang ingin melihat pertumbuhan dan dan perkembangan anak meningkat, Anda apat memilih susu formula yang mengandung Omega 3. Karena ada beberapa bukti yang menunjukan jika menambahkan omega 3 ke dalam susu formula dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak, begitu pun pada bayi yang terlahir prematur. Selain itu, beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa memberi susu formula yang diperkaya omega 3 mampu memperbaiki koordinasi tangan dan mata, rentang perhatian, dan keterampilan social.

3. Mengurangi risiko asma

Asma merupakan penyakit yang bisa diturunkan kepada buah hati. Jika Ayah atau ibunya adalah penderita asma, kemungkinan besar anaknya pun akan mewarisi penyakit asma tersebut. Namun jangan khawatir, pada tahun 2008 lalu, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi Omega 3 selama masa kehamilan mampu mengurangi risiko terkena asma pada anaknya jika mereka remaja nanti.

4. Perkembangan kognitif

Anak yang cerdas adalah anak yang didambakan oleh setiap orang tua. Jika seorang ibu di sepanjang masa kehamilan dan awal-awal menyusui mengkonsumsi Omega 3 (DHA dan EPA), sebuah penelitian menyatakan bahwa hal tersebut dapat membuat anak memiliki skor tes kognitif yang lebih tinggi di usia 4 tahun dibandingkan dengan anak yang ibunya tidak mengonsumsi Omega 3.

Selain mengandung Omega 3, ikan tuna mengandung lebih banyak merkuri daripada jenis ikan lainnya. Jumlah merkuri yang tinggi dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf pada bayi. Itulah sebabnya, meskipun manfaat ikan tuna sangat besar, konsumsi ikan tuna pada wanita hamil harus dibatasi. Wanita hamil tidak boleh makan ikan tuna tanpa diolah alias masih mentah, karena hal tersebut bisa menyebabkan keracunan makanan. Dan sebelum memasukkan ikan tuna dalam menu makanan, wanita hamil disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 25 November 2016 10:28:30

Related Post :
Kesehatan
Ini Penyebab Penglihatan Mata…

Penglihatan mata kabur? waspadai…

Tips
Cara Menyajikan Susu Formula…

Mungkin susu formula sangat…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita Penyakit Jantung…

Jantung lemah adalah suatu…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab…

Mengetahui 4 kebiasaan buruk…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Daun Apel yang Tidak Banyak Diketahui

Bukan hanya buah apel saja…

Manfaat
Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Lobak adalah sayuran yang diambil…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat Tak Terduga Dari Biji Anggur

Selain buahnya, biji anggur pun…

Kirim Pertanyaan
Top