Obat Pereda Bronkitis Akut Edotin atau Erdosteine

Edotin atau Erdosteine, Obat Pereda Bronkitis Akut

Penderita bronkitis akut yang telah mengalami penumpukan dahak kental di dalam dada cocok untuk mengonsumsi edotin atau erdosteine. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Obat yang hadir dalam bentuk kapsul ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas.



Dikutip dari sumber lain yang terpercaya, erdosteine merupakan obat yang mempunyai fungsi mukolitik, antiadesi bakteri, dan antiinflamasi. Penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan membuktikan erdosteine bisa memperbaiki elastisiti dan komposisi biokimia mukus, memperbaiki viskositi, mengurangi hipersekresi mukus dan volume ekspektoran, serta meningkatkan bersihan mukosilier.

Erdosteine tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui, bagi penderita gangguan ginjal, hati, dan tukak lambung. Tidak disarankan pula mengonsumsi erdosteine bersama dengan obat-obatan lain tanpa adanya petunjuk dari dokter. Karena dikhawatirkan bisa menyebabkan interaksi obat yang membahayakan.

Erdosteine memiliki fungsi melindungi dinding lambung dari asam lambung. Berdasarkan sifat dan struktur kimia, maka erdosteine sangat berguna untuk penatalaksanaan PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan mukomodulator.

Orang yang telah mendapat petunjuk dari dokter untuk mengonsumsi erdosteine umumnya mengonsumsi obat ini 300 mg sebanyak dua kali sehari untuk jangka waktu maksimal 10 hari. Agar mengonsumsinya aman, sebaiknya baca informasi yang terdapat pada kemasan. Saat mengonsumi, langsung telan kapsul erdosteine dan jangan mengunyahnya. Obat yang bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan ini juga sebaiknya dikonsumsi pada jam yang sama setiap harinya.

Pada penyakit bronkitis biasanya terdapat gejala sesak nafas. Gejala tersebut bisa memburuk jika Anda juga mengidap obesitas. Oleh karena itu, Anda bisa meminta petunjuk dokter untuk mengurangi berat badan misal dengan mengubah pola makan dan menentukan diet sehat, serta berolahraga secara rutin. Bagi yang belum terbiasa berolahraga, mulailah dengan berjalan santai setiap hari. Jika sudah rutin, Anda bisa meningkatkan intensitas olahraga sesuai kemampuan. Olahraga secara rutin bisa membantu proses penyembuhan masalah pernafasan akibat bronkitis. Jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter selama menjalani pengobatan dengan erdosteine.


Sama seperti obat kimia pada umumnya, erdosteine juga memiliki efek samping seperti perubahan rasa di mulut, sensasi terbakar pada perut atau dada, mual, sakit perut, flu, sakit kepala, dan diare.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 25 April 2016 17:10:23

Obat Pereda Bronkitis Akut Edotin atau Erdosteine
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Obat Pereda Bronkitis Akut Edotin atau Erdosteine yang tersedia di apotek 300mg kapsul atau syrup efek sampign perubahan rasa pada mulut , sensasi terbakar pada perut atau dada, mual, sakit perut, flu, sakit kepala, dan diare.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    0 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Amfetamin Obat Untuk Mengatasi Gangguan Hiperaktif

Amfetamin obat untuk mengatasi gangguan…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit Meniere Betahistine

Obat betahistine untuk mengatasi penyakit…

Obat Kimia
Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic Acid

Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic…

Tambah Pertanyaan
Top