Fakta Seputar Tidur Siang yang Katanya Bikin Gemuk

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin pernah mendengar ada yang bilang bahwa tidur siang membuat badan lebih gemuk. Benarkah ? Dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai fakta penting mengenai tidur siang. Umumnya atau bahkan Anda merasakannya sendiri, tidur siang memberi manfaat untuk kita seperti meningkatkan suasana hati atau mood, membuat rileks, meningkatkan kewaspadaan, serta meningkatkan kinerja tubuh.


Menurut beberapa pakar, tidur siang dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengobati kurang tidur di malam hari. Tidur siang selama 15 sampai 20 menit cukup membuat tubuh menjadi rileks dan kembali segar serta meningkatkan energi, kewaspadaan, serta kinerja motorik tubuh. Penelitian lain mengungkapkan mengenai hubungan antara tidur siang dan kinerja otak, bahwa tidur siang selama 5 menit bisa meningkatkan fungsi memori dan tidur siang kurang dari 30 menit bisa meningkatkan kinerja serta kemampuan belajar.

Menurut penelitian lainnya, jika tidur siang dilakukan antara 30 sampai 60 menit maka bisa membantu meningkatkan kreativitas dan memori serta lebih cepat menghafal kosa kata dan mengingat arah. Sedangkan tidur siang 60 sampai 90 menit bisa bermanfaat untuk memecahkan masalah kreatif dan membuat koneksi baru dalam otak.

Ada yang menyebutkan tidur siang bisa menurunkan tekanan darah. Namun, tidur siang tidak bisa asal-asalan apalagi terlalu lama. Menurut penelitian lain, tidur siang lebih dari satu jam bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sampai dengan 46 persen. Sementara menurut studi lainnya, tidur siang lebih dari 90 menit akan meningkatkan 50 persen risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolic adalah sindrom yang mencakup kondisi kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kelebihan lemak di area pinggang, dan gula darah.

Untuk mendapatkan tidur siang berkualitas dan optimal, berikut kami berikan tips-tips untuk membuat rasa kantuk tidak lebih dalam.

  • Anda bisa tidur di mana saja. Namun, disarankan untuk menemukan tempat yang aman dan nyaman seperti di ruangan gelap. Jika tidak memungkinkan, penggunaan masker mata bisa dipilih. Tidak ada cahaya bisa membantu Anda tidur lebih cepat.
  • Tidur sebentar. Sebaiknya tidur siang tidak usah lama-lama. Cukup 20 atau 30 menit saja. Agar Anda bisa bangun tepat waktu, atur alarm di ponsel atau jam tangan sehingga Anda tidak kebablasan. Terlebih jika tidur di jam kerja.

Waktu yang baik untuk mulai tidur siang adalah antara jam 13.00 sampai jam 15.00 dan sebaiknya Anda sudah bangun antara jam 16.00 atau jam 17.00. Jika Anda bangun lebih dari jam 17.00, Anda akan sulit tidur di malam hari.

Jadi kesimpulannya, tidur siang belum tentu bikin Anda gemuk. Jika tidur siang terkontrol, nyatanya banyak manfaat yang didapat untuk tubuh. Jika Anda mengantuk di siang hari, coba untuk berhenti beraktivitas dan mulai sejenak memejamkan mata.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 25 November 2016 11:42:11

Related Post :
Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun…

Pilihan jus buah penurun…

Kesehatan
Waspadai Aktivitas yang Dapat…

Beberapa aktivitas jika tidak…

Penyakit
3 Jenis Gangguan pada…

Indung telur merupakan bagian…

Penyakit
Ketahui Penyebab Sering Buang…

Ketahui penyebab sering buang…

Alami
Cara Mengobati Kutu Air…

Cara mengobati kutu air…

Alami
Obat Tipes Alami Yang…

Obat tipes alami yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Osteoporosis

Pantangan makanan bagi penderita penyakit…

Kesehatan
Metode Terapi Mengurangi Mata Minus Paling Efektif

Metode terapi mengurangi mata minus…

Kesehatan
Makanan Sumber Kalsium Pilihan Alternatif Terbaik Selain Susu

Berikut ini merupakan beberapa jenis…

Kirim Pertanyaan
Top