Cara Mencegah Agar Tidak Terjadi Ruam Popok Pada Bayi

Share dan Tag Temanmu di :

Bayi yang memakai popok terlalu ketat bisa menyebabkan kulit kemerahan atau disebut dengan ruam popok terutama pada bagian pantat. Area yang sering terkena ruam popok yakni pantat bayi karena sering berkontak langsung dengan popok basah, sering mengalami gesekan dnegan popok dan sering terjadi iritasi kulit yang disebabkan oleh mikroorganisme dari tinja atau air kencing.


Cara Mencegah Agar Tidak Terjadi Ruam Popok Pada Bayi

Walaupun tidak semua bayi mengalami ruam popok, namun beberapa bayi ada yang mengalami gatal-gatal dan iritasi kulit pada pantat bayi cenderung berulang kali terjadi. Biasanya ruam popok sering dialami oleh bayi dibawah usia 15 bulan dimana pada lapisan luar kulit bayi masih sangat tipis sehingga rentan terjadinya iritasi kulit.

Maka dari itu, cara mencegah ruam popok pada kulit bayi anda harus rajin untuk mengganti popok agar kulit terutama bagian pantat bayi tetap bersih dan kering, selain itu ada cara lain untuk mencegah ruam popok pada bayi berikut ini:

1. Jangan memakai pempers sepanjang hari selama 24 jam, anda cukup memakai pempers pada bayi saat tidur malam atau saat bepergian.

2. Alangkah baiknya jika bayi anda mengenakan popok kain. Tapi jika memang harus mengenakan pempers, maka anda bisa mengendurkan pada bagian paha untuk ventilasi udara dan jangan lupa harus sering untuk menggantinya.

3. Basuh pantat dan organ intim bayi pada saat anda mengganti popok bayi. Pastikan kulit bayi kering sebelum anda memakaikan popok kembali agar tidak terjadi ruam popok jika kulit bayi masih basah.

4. Jangan menggosok dengan handuk untuk mengeringkan pantat bayi tapi dengan menepuk - nepuk handung secara perlahan pada pantat bayi.

5. Sebaiknya sesekali anda membiarkan pantat bayi terbuka. Bila perlu, anda bisa membiarkan bayi tertidur dengan pantat terbuka. Tapi pastikan juga suhu didalam kamar bayi hangat sehingga bayi anda tidak kedinginan.

6. Bagi ibu menyusui hindari untuk menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak agar bayi yang disusuinya tidak sering buang air besar yang mengakibatkan pantat bayi menjadi lecet.

Itulah cara mencegah agar tidak terjadi ruam popok pada bayi, apabila anda menemukan ciri-ciri ruam popok pada bayi seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal maka segera memberikan perawatan bayi dengan tepat agar ruam popok dapat diatasi dan tidak bertambah parah.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Sabtu, 26 November 2016 07:35:11

Related Post :
Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan beserta khasiat dan…

Obat Cina
Obat Tradisional Parkinson Paling…

Obat tradisional parkinson paling…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Kesehatan
Kondisi Langka Ini Memicu…

Keluarnya keringat darah tentu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Gejala Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang…

Ibu Dan Anak
Usia Berapa Bayi Boleh Minum Air Putih?

Usia Berapa Bayi Boleh Minum…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top