Gejala Kanker Kandung Kemih Dan Cara Mendiagnosanya

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker kandung kemih merupakan kondisi dimana jaringan tidak normal maupun tumor tumbuh pada dinding kandung kemih serta bersifat ganas. Organ kandung kemih mempunyai fungsi untuk menampung urin sebelum dikeluarkan ketika buang air kecil. Orang yang menderita kanker kandung kemih biasanya orang yang berusia lanjut. Sesudah ditangani, penderita perlu mengikuti pengujian lanjutan karena kanker ini mempunyai risiko besar untuk kembali kambuh.


Tidak hanya pada dinding kandung kemih, kanker kandung kemih pun dapat menyebar luas ke otot-otot yang ada di sekitar kandung kemih. Jika Anda mengalami keluhan adanya darah dalam urin sekalipun tidak merasakan sakit, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan diagnosis tepat.

Gejala kanker kandung kemih yang umum diderita adalah adanya darah di dalam urin meski tidak disertai dengan rasa nyeri. Berbagai gejala kanker kandung kemih lainnya adalah frekuensi buang air kecil makin sering dengan jumlah urin yang dikeluarkan sedikit, sering ingin buang air kecil dengan tiba-tiba, ada sensasi terbakar maupun perih ketika buang air kecil, sakit bagian punggung, dan sering terkena infeksi saluran kemih.

Jika kanker kandung kemih telah mencapai stadium lanjut serta mulai menyebar, berbagai gejala yang dirasakan adalah anemia, pembengkakan pada kaki, turunnya berat badan tanpa alasan jelas, sakit pada tulang punggung, dan sakit di daerah panggul atau dubur.

Kemunculan kanker kandung kemih diakibatkan adanya perubahan pada sel dalam kandung kemih. Tetapi penyebab pastinya memang belum diketahui hingga sekarang. Beberapa studi menyebutkan kanker kandung kemih sering dikaitkan dengan infeksi parasit, merokok, paparan zat kimia, serta radiasi.

Ada pula beberapa hal yang berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kandung kemih. Diantaranya adalah pertambahan usia, berjenis kelamin laki-laki, ras kulit putih, pernah menjalani pengobatan kanker, faktor turunan, peradangan kandung kemih kronis, serta sedang mengonsumsi obat-obatan untuk diabetes.

Ketika Anda merasakan gejala-gejala kanker kandung kemih, untuk memastikan bahwa Anda tidak mengidap penyakit lain, dokter akan melakukan diagnosis. Pengujian yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis kanker kandung kemih diantaranya adalah tes pencitraan, sistoskopi, biopsi, dan sitology urin.

Tes pencitraan dilakukan dengan MRI Scan, CT Scan, atau urogram intravena. Sistoskopi adalah prosedur dimana dilakukan pemasangan kamera kecil pada selang halus disertai dengan lampu untuk memeriksa kandung kemih Anda. Pada biopsi, dokter akan mengambil sampel jaringan untuk diperiksa. Prosedurnya dikenal dengan istilah TURBT (transuretharal resection of bladder tumor).Sedangkan sitology urin merupakan pengampilan sampel urin penderita untuk diteliti apakah mengandung sel kanker atau tidak.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Penyakit Sabtu, 26 November 2016 10:08:00

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Muda…

Bolehkah Ibu Hamil Muda…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Jeruk Purut…

Jeruk purut merupakan salah…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Nyeri Haid…

Ketahui ciri-ciri nyeri haid…

Manfaat
Manfaat Star Bio Oil…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Impetigo Pada Anak Dan Dewasa Berdasarkan Jenisnya

Mengetahui berbagai tanda dan gejala…

Penyakit
Mengenal Polisitemia Vera Serta Gejala Dan Pengobatannya

Walaupaun polisitemia vera merupakan penyakit…

Penyakit
Penyebab Migrain Sebelah Kanan Yang Harus Diwaspadai

Penyebab migrain sebelah kanan yang…

Kirim Pertanyaan
Top