Alasan Mengapa Bayi Prematur Memerlukan Inkubator

Share dan Tag Temanmu di :

Kelahiran sang buah hati adalah saat-saat yang paling ditungu oleh semua Ibu yang sedang mengandung. Tentunya kelahiran yang diinginkan adalah kelahiran yang berjalan normal dengan kondisi bayi yang normal pula. Namun, ada kalanya bayi keluar dari rahim Ibu sebelum ia berkembang dengan sempurna. Masyarakat biasa menyebutnya dengan istilah bayi lahir premature. Bayi premature adalah bayi yang lahir kurang dari 37 minggu. Karena lahir sebelum berkembang dengan sempurna, mereka biasanya akan lebih rentan dengan masalah kesehatan dibandingkan dengan bayi pada umunya.


Jika mendengar kata “bayi premature”, kira-kira apa sih yang Anda pikirkan? Saya yakin mayoritas dari Anda menjawab “incubator”. Ya, incubator adalah suatu alat medis yang berbentuk seperti box. Bayi premature harus masuk ke dalam incubator untuk beberapa waktu tertentu. Dan bayi dikeluarkan hanya setelah dinyatakan kuat oleh tim medis. Tapi, apa sebenarnya fungsi inkubator ? Memangnya harus ya bayi premature itu masuk ke dalam incubator ? Jawabannya tentu saja harus, karena bayi premature memerlukan incubator disebabkan beberapa hal-hal berikut, di antaranya :

Menjaga suhu tubuh

Salah satu fungsi incubator adalah membantu menciptakan suatu lingkungan dengan suhu normal. Untuk menunjangnya, inkubator dilengkapi dengan alat yang dapat  memberikan setting suhu melalui computer agar bayi premature tetap terjaga suhu tubuhnya.

Memberikan oksigen

Bayi premature dapat mengalami masalah dengan pernapasannya. Untuk mendapatkan oksigen sesuai dengan kebutuhan, alat penyalur oksigen dalam incubator akan sangat membantu.

Memberikan nutrisi

Setiap orang, baik dewasa atau anak-anak, pasti membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Apalagi bayi premature, mereka perlu lebih banyak nutrisi untuk membantu perkembangannya. Di dalam inkubator, bayi premature mendapatkan nutrisi melalui selang hidung yang masuk ke lambung dan kateter intravena.

Memantau kondisi bayi


Perkembangan teknologi dapat dirasakan manfaatnya di dunia medis. Salah stunya terbukti dengan hadirnya inkubator modern yang memiliki pendeteksi fungsi jantung, pengukur suhu tubuh, penyediaan oksigen, pemberian nutrisi, dan aktivitas otak bayi. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir karena perkembangan buah hati mereka dalam incubator selalu dipantau di dalam computer.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Fungsi lain dari inkubator adalah menjaga keseimbangan cairan. Bayi premature harus masuk ke dalam incubator dalam beberapa waktu untuk mencegah terjadinya kehilangan cairan tubuh. Karena kekurangan cairan tubuh akan berdampak pada kesehatan si bayi.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 26 November 2016 11:04:01

Related Post :
Alami
Ini 9 Cara Alami…

Berikut ini adalah berbagai…

Manfaat
Jangan Buang Biji Buah-Buahan!…

Informasi seputar khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Jenis Olahraga untuk Anak…

Sama halnya seperti anak-anak…

Alami
Manfaat Akar Daruju Beserta…

manfaat akar daruju beserta…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Tips
Cara Pencegahan yang Tepat…

Setiap orangtua pasti memiliki…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Obat Alami Batuk Pilek Untuk Bayi Dan Balita

Obat alami batuk pilek pada…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa Menginfeksi Paru-Paru Anak

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top