Benarkah Ibu Hamil Dilarang Berendam?

Share dan Tag Temanmu di :

Benarkah Ibu Hamil Dilarang Berendam?

Ada beberapa informasi beredar jika kehamilan dan air panas merupakan kombinasi yang absolut harus dihindari. Hal tersebut dapat mengakibatkan risiko yang akan timbul dari kombinasi tersebut karena ada anggapan dapat membahayakan Janin. Namun menanggapi hal ini tapi jangan keliru. Soalnya mandi dengan air hangat masih dianggap hal yang aman buat si bayi dan bundanya.


Si bundanya dapat memperoleh kebaikan akibat mandi air hangat. Manfaatnya antara lain dapat membantu meringankan nyeri pada kaki, pegal, serta lengan yang diakibatkan karena bengkak. Mandi pakai air hangat juga  dapat memberikan sensasi menenangkan. Cocok buat Bunda yang ingin bersantai.

Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan ibu hamil. Terutama harus diperhatikan pada saat ibu hamil yang ingin melepas penat atau lelah dalam bak air yang hangat secara aman. Diantaranya suhu hangat harus diatur. Biasanya suam-suam kuku. Kondisi suhu yang dimaksudkan adaah kondisi buat air yang ideal buat berendam. 

Meski demikian hal tersebut memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.  Ibu hamil harus mewaspadai jika berendam dalam air panas jangan berlebihan karena ada waktunya. Berendam pakai air apanas selama 10 menit bisa meningkatkan suhu badan. Peningkatakan suhu dapat diperkirakan sampai 38,9 derajat celcius. Suhu tersebut dapat memicu adanya hipertermia. Akibatnya bisa menimbulkan risiko bayinya cacat lahir atau bahkan bisa sampai keuguguran. Selain beberapa hal tersebut ada akibat bahaya lain dari berendam air panas jika dilakukan  lebih dari 10 menit.

Diantaranya yaitu dapat meningkatkan cacat pada tabung saraf bayi. Hal ini merupakan kelainan yang serius terhadap otak atau terhadap sumsum tulang belakang. Cacat ini bisa terjadi pada ibu hamil yang terkena suhu tinggi antara 4 sampai 6 minggu pertama kehamilannya. Kemudian akibat lainnya adalah ibu hamil bisa mengalami lemas dan pusing.  Selain itu ibu hamil juga akan mengalami tekanan darah yang turun. Akibatnya bisa terjadi defisiensi oksigen serta nutrisi pada janin. Hal – hal tersebut pada muaranya bisa menimbulkan risiko untuk meningkatkan adanya keguguran.

Sehingga hal ini lah yang menyebabkan sauna, mandi uap, kolam air panas dan berendam di dalam air panas seharusnya dihindari pada saat kehamilan. Mandi air hangat memang masih diperbolehkan asal tidak dilakukan secara lama. Ibu hamil harus memperhatikan keamanan pribadi pada saat mandi pake air hangat. Pastikan suhu airnya tidak lebih dari 36,6 derajat celcius. Pemeriksaannya bisa dibantu dengan thermometer. Perhatikan saat anda melangkah masuk atau keluar dari bak mandi tidak boleh sampai tergelincir. Sehingga pastikan dulu lantainya tidak licin. Jangan terlalu lama berendam di dalam bak mandi.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Sabtu, 26 November 2016 15:58:15

Related Post :
Tips
Cara Pencegahan yang Tepat…

Setiap orangtua pasti memiliki…

Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga…

Lady Gaga diketahui telah…

Daun
Luar Biasa! Inilah Manfaat…

Luar biasa!! inilah sederet…

Ibu Dan Anak
Jangan Beri Bayi Minum…

Meskipun memiliki banyak manfaat,…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Syaraf…

Mengenal gejala penyebab syaraf…

Manfaat
Ketahui 12 Manfaat Temu…

Berikut adalah manfaat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
9 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

9 tanda awal kehamilan yang…

Ibu Hamil
Benarkah Rumput Fatimah Bisa Bantu Lancarkan Persalinan?

Benarkah Rumput Fatimah Bisa Bantu…

Ibu Hamil
Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sungsang yang Harus Diwaspadai

Posisi bayi sungsang termasuk kelainan…

Kirim Pertanyaan
Top