Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang bisa menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah di seluruh bagian tubuh. Kondisi tersebut termasuk ke dalam penyakit langka yang mayoritas menyerang anak-anak yang berusia di bawah lima tahun. Biasanya balita yang yang terkena penyakit ini adalah mereka yang usianya antara 9 hingga 12 bulan.


Tidak hanya pembuluh darah, penyakit Kawasaki pun bisa menyerang kulit, noda limfa, serta membran mukosa yang ada dalam hidung, mulut, dan tenggorokan. Oleh karena itu, penyakit Kawasaki pun disebut dengan sindrom noda limfa mukokutan.

Hal yang menjadi penyebab munculnya penyakit Kawasaki belum diketahui dengan pasti. Pakar menduga ada berbagai faktor yang mungkin menjadi latar belakang penyakit ini seperti kondisi autoimun, faktor keturunan, dan reaksi tubuh terhadap obat-obatan tertentu. Selain itu, bisa juga karena pajanan bahan kimiawi yang berasal dari lingkungan sekitar.

Gejala penyakit Kawasaki muncul dalam tiga tahap yang umumnya berlangsung selama 1,5 bulan. Tahap pertama terjadi pada minggu ke satu sampai ke dua dengan gejala utama berupa demam yang muncul selama lima hari. Gejala lainnya adalah muncul ruam kemerahan di area organ intim lalu menyebar ke tubuh bagian atas, kaki, tangan, dan wajah. Ruam tersebut umumnya akan menghilang dalam waktu satu minggu. Gejala lain yang muncul adalah mata merah, perubahan kondisi mulut dengan lidah, tenggorokan, dan bibir terasa kering, jari-jari kaki maupun tangan memerah, bengkak, dan terasa sakit, serta terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi pada leher.

Selanjutnya pada minggu ke dua dan ke empat, anak akan mengalami tahap kedua. Demam umumnya sudah turun namun anak akan mengalami gejala lain seperti kulit pada ujung jari kaki dan tangan mengelupas, nyeri dan pembengkakan pada sendi, serta gangguan pencernaan seperti sakit perut, muntah, dan diare.

Pada tahap ini, risiko komplikasi seperti aneurisma bisa muncul. Aneurisma merupakan pembengkakan yang terjadi pada pembuluh koroner karena melemahnya dinding pembuluh koroner karena inflamasi.

Sedangkan pada tahap ketiga berlangsung pada minggu ke empat dan ke enam dengan gejala penyakit Kawasaki akan berkurang secara perlahan, namun kondisi anak akan tetap merasa lelah dan lemas. Gejalanya mirip dengan infeksi lain terutama adanya demam pada tahap pertama.

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut, segera bawa anak ke dokter. Penyakit Kawasaki memag tidak dapat dicegah namun diagnosis serta penanganan secepat mungkin bisa menurunkan risiko komplikasi. Jika anak ditangani sejak dini, sebagian besar dari mereka bisa sembuh total dalam waktu enam sampai delapan minggu.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Senin, 28 November 2016 07:44:59

Related Post :
Kesehatan
Olahraga Yang Baik Bagi…

Olahraga yang baik bagi…

Kesehatan
Daftar Makanan Sehat Bagi…

Berikut adalah darftar menu…

Penyakit
Diagnosis Penyakit ITP (Idiopathic…

Diagnosis penyakit ITP atau…

Tips
Pertolongan Pertama Luka Bakar…

Berikut tips dan cara…

Penyakit
Diagnosa dan Pengobatan Kanker…

Diagnosa dan pengobatan kanker…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Pencegahan asam urat tinggi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Mewaspadai Faktor Penyebab Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Meskipun belum diketahui secara pasti,…

Ibu Dan Anak
Masalah yang Sering Timbul saat Anak Tumbuh Gigi

Pada tahap pertumbuhan gigi, biasanya…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada Anak dan Cara Mengatasinya

Pengobatan kanker seperti kemoterapi akan…

Kirim Pertanyaan
Top