Acarbose Obat Untuk Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Acarbose, Obat Penderita Diabetes

Anda yang terkena diabetes tipe 2 dan sudah rutin mengonsumsi obat mungkin tidak asing dengan acarbose. Kelompok obat antidiabetes ini memiliki fungsi untuk mengontrol kadar gula darah setelah makan. Caranya dengan memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih sederhana. Disamping memiliki program olah gerak tubuh dan mengubah diet sehari-hari, mereka yang mengidap diabetes juga biasanya mengonsumsi acarbose sebagai obat tambahan.



Acarbose umumnya dikonsumsi berbarengan dengan obat lain seperti sulfonilurea, metformin, dan insulin. Kerusakan ginjal, kebutaan, stroke, kerusakan saraf, kehilangan keseimbangan, serangan jantung, serta disfungsi seksual bisa terkontrol. Karena tidak bisa diperuntukkan bagi penderita diabetes yang berusia 18 tahun ke bawah, maka sebelum mengonsumsi sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Selain mereka yang belum berusia 18 tahun, penderita diabetes yang tidak bisa mengonsumsi acarbose diantaranya perempuan yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui, pengidap gangguan hati, ginjal, hernia, tukak lambung, obstruksi usus, radang usus, gangguan pencernaan, dan mereka yang memiliki hernia. Selama mengonsumsi acarbose, jangan mengonsumsi sukrosa atau gula biasa saat dalam fase dimana kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemia). Disarankan, glukosa yang dikonsumsi adalah jenis dextrose yang tersedia dalam bentuk sirup, permen, atau tablet.

Di awal pengobatan, konsumsi acarbose sekitar 50-150 mg perhari. Dalam rentang waktu minimal enam minggu hingga delapan minggu, dosis ditingkatkan menjadi 150 mg perhari. Dengan catatan, tubuh penderita merespon obat dengan baik. Acarbose harus dikonsumsi teratur untuk mendapatkan efek pengobatan maksimal.

Acarbose sebaiknya dikonsumsi sebelum menyantap sarapan, makan siang, dan makan malam. Bisa juga dimakan bersamaan dengan suapan pertama makanan Anda. Namun yang perlu digarisbawahi, hindari mengonsumsi acarbose bersama makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat karena bisa menyebabkan efek samping seperti perut kembung, diare, dan sakit perut. Beri jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Disiplinlah dalam mengonsumsi obat dengan mengonsumsi pada jam yang sama setiap hari. Disarankan pula untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara teratur.

Efek samping acarbose sebaiknya Anda ketahui. Diantaranya diare dan sakit perut, kram perut, gangguan pencernaan, mual dan muntah, dan perut kembung. Reaksi setiap orang pada sebuah obat memang akan berbeda-beda. Selain efek samping yang kami sebutkan tadi, pada beberapa orang bisa juga terjadi pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, hingga terkena sakit kuning. Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami efek sampingnya.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 25 April 2016 17:36:52

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan…

Tahukah Anda bahwa ternyata…

Kesehatan
Diagnosis Kurap Dan Pengobatannya

Dokter biasanya mendiagnosis kurap…

Penyakit
Jenis Penyakit Paru-paru Serta…

Informasi tentang jenis penyakit…

Tips
Cara Menjaga Hati Agar…

Mengingat begitu pentingnya fungsi…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Selain sering di gunakan…

Kesehatan
Heboh! Pil PCC Sebabkan…

Penyalahgunaan pil PCC seperti…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Sakit Perut dan Kram Usus Hyoscine butylbromide

Obat Hyuscine butylbromida untuk mengatasi…

Obat Kimia
Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi

Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian Wajah Keriput

Suntikan Filler solusi wajah keriput…

Kirim Pertanyaan
Top