Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 1)

Share dan Tag Temanmu di :

Sebelum masuk ke materi, Anda harus tahu dulu perbeda anantara tumor dan kanker. Ya, sebenarnya tumor adalah pembengkakan yang disebabkan oleh adanya peradangan dan pertumbuhan jaringan abnormal di dalam tubuh. Berdasarkan pertumbuhannya, tipe tumor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Nah, tipe tumor ganas inilah yang dikenal dengan kanker. Kanker merupakan istilah untuk segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali, dimana kemapuan sel-sel tersebut dapat menyerang jaringan biologis lainnya.


Saat ini, ditemukan banyak sekali jenis kanker. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai salah satu jenis kanker yang mematikan, yaitu kanker otak. Kanker otak adalah tumor otak ganas yang terjadi karena sel-sel yang menyusun jaringan otak bertumbuh secara tidak wajar dan tidak terkendali. Sel-sel tersebut lalu menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang.

Menurut asalnya, tumor otak dibedakan menjadi tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang memang muncul pada otak, sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lain yang kemudian menyebar ke bagian otak. Ternyata, kebanyakan kasus kanker otak berasal dari tumor ganas sekunder. Tumor ganas tersebut berasal dari bagian tubuh lain, namun menyebabkan kanker otak karena menyebar ke bagian otak.

Perlu Anda ketahui, ada 4 tingkatan tumor otak yang lebih dikenal dengan istilah stadium, yaitu stadium 1 dan 2 yang umumnya bersifat jinak, serta stadium 3 dan 4 yang biasanya bersifat ganas sehingga disebut sebagai kanker.

Kanker disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama kematian di Negara berkembang. Di Negara kita sendiri, data WHO menyatakan ada sekitar 4900 kasus kanker otak pada tahun 2012. Jika Anda atau kerabat Anda merasakan gejala-gejala di bawah ini, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Karena gejala-gejala ini diduga sebagai gejala umum penderita tumor otak. Ingat, pengobatan sejak dini lebih baik untuk menghindari berkembangnya tumor menjadi kanker yang bisa mematikan. Berikut gejala-gejalanya :

  • Kelelahan yang berlebihan
  • Sakit kepala yang tidak tertahan dan berkelanjutan
  • Mudah mengantuk, mudah lupa, atau acuh
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan berjalan
  • Gangguan berbicara
  • Sering muntah-muntah yang terjadi secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas
  • Perubahan kepribadian
  • Epilepsi atau kejang-kejang. Bisa terjadi di seluruh tubuh atau hanya terjadi kedutan pada satu area tubuh tertentu.

Seseorang yang positif menderita kanker otak primer harus segera ditangani dengan tindakan pembedahan yang bertujuan mengangkat sel-sel kanker sebanyak mungkin. Selanjutnya, proses penyembuhan dilanjutkan dengan radio terapi, kemoterapi, atau kombinasi keduanya. Berbeda halnya dengan penderita kanker otak sekunder, pengobatan hanya bermanfaat untuk meringankan gejala dan memperpanjang usia. Hal tersebut disebabkan karena kanker yang sudah menyebar ke otak dan bagian tubuh lainnya menjadikan kecilnya kemungkinan penderita bisa sembuh total.

Bagi penderita kanker otak, merasa takut akan perubahan hidup yang dialaminya adalah hal wajar. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi rasa takut itu ? Tunggu artikel “Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 2)”.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 28 November 2016 10:43:11

Related Post :
Tips
Cara Menambah Tinggi Badan…

Memiliki masalah tinggi badan,…

Tips
Tips Cara Mengecilkan Perut…

Tips cara mengecilkan perut…

Kesehatan
Bahaya Minuman Keras Bagi…

Minuman keras atau minuman…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Obat Nyamuk…

Disamping manfaatnya yang mampu…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Informasi tentang kandungan gizi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Rabun Dekat

Informasi tentang rabun dekat serta…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus Campak Lebih Dekat

Campak merupakan infeksi yang disebabkan…

Penyakit
Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Sering Begadang

Ketahui berbagai penyakit yang timbul…

Kirim Pertanyaan
Top