Gejala Infeksi Saluran Pernafasan Yang Mudah Dikenali

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan Yang Mudah Dikenali

Infeksi saluran pernafasan adalah sebuah kondisi yang membuat saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan, serta paru-paru mengalami gangguan. Gejala infeksi saluran pernafasan yang mudah dikenali dan paling umum adalah batuk. Meski demikian, gejala berbeda pun bisa menyertai masing-masing infeksi saluran pernafasan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan.


Pada umumnya, infeksi saluran pernafasan atas mempunyai gejala seperti hidung beringus, hidung tersumbat, batuk, nyeri otot, bersin-bersin, serta sakit tenggorokan. Gejala lain yang biasanya timbul adalah daya perasa dan penciuman yang hilang, adanya rasa perih pada mata, tekanan pada telinga, serta demam. 

Sedangkan infeksi saluran pernafasan bawah mempunyai gejala seperti batuk berdahak, nafas tersengal-sengal atau berupa sesak nafas, meningkatnya ritme pernafasan, mengi, dan sesak pada dada. Gejala lainnya yang bisa timbul adalah kesulitan makan, demam yang berulang, serta kurang tidur pada anak-anak dan bayi.

Gejala lain yang harus diwaspadai adalah timbulnya rasa sakit pada dada, batuk yang berlangsung sampai berminggu-minggu, kehilangan berat badan, sampai batuk berdarah yang dapat menjadi penyebab pneumonia atau paru-paru basah. Untuk memastikan diagnosis serta mendapatkan penanganan medis yang tepat, segera temui dokter. 

Tidak hanya memperhatikan gejala-gejala yang muncul, diagnosis infeksi saluran pernafasan pun bisa dilakukan dengan memeriksa serta mengamati kondisi fisik penderita. Dokter mungkin akan memantau serta mengukur level oksigen dalam darah ataupun melakukan pulse oximetry. Metode tersebut berguna untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai gangguan pernafasan atau tidak, dengan melihat tingkat jenuh oksigen. Misal pada kondisi paru-paru basah atau pneumonia, tingkat jenuh oksigen bisa mencapai 95 persen.

Dokter pun akan menghitung serta mengamati tingkat pernafasan menurut usia, tes tuberculin pada kulit untuk mengetahui risiko tuberculosis, pergerakan dada ketika bernafas, radiografi dada, tes darah, sampai tes urin untuk memastikan diagnosis infeksi saluran pernafasan.

Anda yang lebih senang melakukan upaya preventif, sebaiknya ketahui cara mencegah infeksi saluran pernafasan. Yang paling simpel adalah dengan memulai kebiasaan menjaga kebersihan serta kesehatan diri dan lingkungan sekitar yang merupakan langkah awal dalam mencegah infeksi saluran pernafasan paling efektif. 

Kebiasaan mencuci tangan, mengenakan masker, serta mengenakan sarung tangan pun bisa membantu mengurangi penularan penyakit. Penderita bisa meminimalkan kontak dengan orang lain untuk mencegah penyebaran infeksi saluran pernafasan terlebih pada anak-anak. Waspada juga dalam menggunakan handuk, sebaiknya tidak meninjamkannya kepada orang lain.

Selain itu, pemberian vaksin bisa dilakukan pada penderita infeksi saluran pernafasan bawah yang mempunyai penyakit jantung atau paru-paru di saat yang bersamaan. Hentikan kebiasaan merokok karena seorang perokok mempunyai risiko lebih besar terkena infeksi saluran pernafasan.

By Ana Rediana - Penyakit Senin, 28 November 2016 15:39:21

Related Post :
Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala…

Diabetes secara umum terbagi…

Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa…

Mengetahui kandungan nutrisi dan…

Kesehatan
Penyebab dan Tips Atasi…

Berikut ini merupakan penyebab…

Alami
Obat Penghancur Batu Empedu…

Obat penghancur batu empedu…

Penyakit
5 Penyakit Ini Tanda…

5 penyakit ini tanda…

Kesehatan
Benarkah Air Embun Mampu…

Mungkin kita pernah mendengar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Rahim

Meski penyebab kanker rahim belum…

Penyakit
Cara Mudah Mengetahui Gejala Awal Penyakit Ambeien

Cara mudah mengetahui gejala awal…

Penyakit
Mengenal Metode Pengobatan Hipertiroid Yang Sering Di gunakan

Berikut adalah metode pengobatan hipertiroid…

Kirim Pertanyaan
Top