Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 2)

Share dan Tag Temanmu di :

Otak berperan sebagai pengendali banyak fungsi pada tubuh. Jika otak terganggu, kemungkinan fungsi organ tubuh lainnya juga terganggu. Terganggunya otak bisa terjadi akibat keberadaan tumor yang menekan otak. Atau bisa juga terjadi karena tumor menghalangi suatu bagian otak yang berfungsi mengendalikan fungsi organ tubuh tertentu.


Banyak sekali dampak yang akan ditimbulkan dengan terganggunya otak, berikut adalah beberapa contohnya yang disertai dengan bagian otak mana yang terganggu :

  • Perubahan kepribadian, kelemahan di salah satu sisi tubuh, kehilangan keteraturan, apatis, gangguan pada indera penciuman, dan gangguan pada indra penglihatan yang merupakan dampak dari munculnya tumor di otak bagian depan.
  • Kejang-kejang atau pingsan, gangguan bicara, dan gangguan dalam mengingat yang merupakan dampak adanya tumor di otak bagian samping.
  • Gangguan indera penglihatan pada satu sisi yang merupakan dampak munculnya tumor di otak bagian belakang.
  • Kesulitan dalam memahami kata-kata, gangguan dalam berbicara, menulis, membaca, dan mengatur gerakan tertentu, serta mati rasa yang disebabkan munculnya tumor di otak  bagian tengah.
  • Ketidakseimbangan tubuh, kesulitan berjalan, melemahnya otot-otot muka, gangguan penglihatan, berbicara, dan kesulitan dalam menelan yang disebabkan munculnya tumor pada batang otak.
  • Sakit kepala, gangguan penglihatan, dan gangguan saat menggerakan tubuh bisa yang merupakan dampak munculnya tumor pada selaput otak.
  • Kehilangan koordinasi tubuh, kesulitan berjalan dan berbicara, mata berkedut, muntah-muntah, dan leher terasa kaku yang merupakan dampak munculnya tumor pada otak kecil.

Bagi penderita kanker otak, merasa takut akan dampak dari penyakit yang dialaminya tersebut adalah hal yang wajar. Dalam mengambil keputusan, atau hanya sekedar menjalani kehidupan sehari-hari, keluarga penderita harus selalu dilibatkan. Bagaimana cara mengatasi rasa takut itu?
 
Berikut adalah beberapa hal yang mungkin membantu Anda, keluarga, atau sahabat Anda dalam menjalani perubahan hidup setelah menderita kanker otak:

  • Mencari informasi medis yang akurat tentang penyakit.
  • Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
  • Memilih proses terbaik dalam pengobatan atau penanganan kanker otak.
  • Tentukan batas untuk diri sendiri dalam beraktivitas.
  • Jalani konseling jika Anda ingin membahas mengenai aspek emosional dari diagnosis dan dampak setelah pengobatan.

Lalu, sebenarnya apa sih penyebab tumor otak itu sendiri ? Dan adakah cara untuk mendiagnosisnya ? Untuk mengetahui jawabannya, jangan lewatkan artikel bagian 3 ya!

By Sri Maryati - Penyakit Selasa, 29 November 2016 11:45:10

Related Post :
Ibu Dan Anak
Jumlah Asupan ASI Untuk…

Banyak ibu yang berharap…

Kesehatan
Inilah Jenis Penyakit Gigi…

Berbagai jenis penyakit pada…

Penyakit
Faktor Penyebab Penyakit Kanker…

Faktor penyebab penyakit kanker…

Ibu Dan Anak
Penyebab Nafsu Makan Berlebihan…

Buah hati anda memiliki…

Kesehatan
Cara Cepat Menambah Berat…

Cara menambah berat badan…

Penyakit
Mengenal Berbagai Gejala Hepatitis…

Mengenal ciri-ciri dan berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan Pada Anak Serta Penanganannya

Penyebab dan gejala gondongan pada…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Miom Pada Wanita

Miom merupakan sejenis tumor jinak…

Penyakit
Beragam Penyakit Keturunan yang Sulit Di Cegah

Penyakit keturunan merupakan penyakit yang…

Kirim Pertanyaan
Top