Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 3)

Share dan Tag Temanmu di :

Seperti yang telah dibahas di bagian sebelumnya, kebanyakan kasus kanker otak berasal dari tumor ganas sekunder. Tumor ganas tersebut berasal dari bagian tubuh lain, namun menyebabkan kanker otak karena menyebar ke bagian otak.


Penyebab kanker otak primer masih belum diketahui. Namun, risiko terjangkitnya kanker otak primer menjadi lebih tinggi jika seseorang memiliki penyakit genetic seperti di bawah ini :

  • Tuberous sclerosis, merupakan  penyakit genetik langka yang menyebabkan tumor jinak tumbuh di otak dan organ vital lainnya seperti ginjal, jantung, hati, mata, paru-paru, dan kulit .
  • Sindrom Gorlin, juga dikenal sebagai nevoid sindrom karsinoma sel basal, merupakan suatu kondisi yang mempengaruhi banyak area tubuh dan meningkatkan risiko mengembangkan berbagai tumor dan kanker.
  • Sindrom  Li-Fraumeni, merupakan gangguan herediter langka yang memungkinkan perkembangan kanker pada usia dini.
  • Sindrom Turcot, merupakan suatu kondisi di mana sel-sel menjadi abnormal. Orang dengan sindrom Turcot memiliki beberapa polip usus adenomatous, yaitu polip di usus besar yang terdiri dari sel-sel yang membentuk mukosa, peningkatan risiko kanker kolorektal , dan peningkatan risiko kanker otak .
  • Sindrom von Hippel-Lindau, merupakan penyakit langka, yang menyebabkan munculnya serangkaian tumor di berbagai bagian tubuh.

Selain penyakit genetic, ternyata ada beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan risiko mengidap tumor otak, di antaranya factor keturunan, tekeksposnya radiasi ke otak saat menjalani radioterapi, terpapar zat kimia seperti formaldehida atau yang lebih familiar disebut formalin, terinfeksi virus HIV, merokok, serta terpapar racun dari lingkungan sekitar.

Gejala yang diduga sebagai gejala umum penderita tumor otak telah dijelaskan pada artikel tentang kanker otak bagian 1. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kebenarannya. Biasanya, dokter akan memeriksa titik persarafan mata pada lapisan retina bola mata, bila menggelembung, kemungkinan besar ada peningkatan tekanan di dalam rongga kepala yang merupakan pertanda adanya tumor. Jika dicurigai ada tumor, sebaiknya temui dokter spesialis otak dan saraf (neurologis). Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang biasanya dilakukan jika anda mengeluhkan adanya tumor :

  1. Pendengaran
  2. Penglihatan
  3. Otot-otot wajah
  4. Gerakan refleks menelan
  5. Gerakan refleks angkat lutut
  6. Sensitivitas kulit terhadap luka kecil, panas, dan dingin
  7. Kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh
  8. Pertanyaan sederhana atau aritmatika menguji kelincahan mental

Selain pemerikasaan dokter di atas, diagnosis lanjutan terhadap tumor otak dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan hasil tes tertentu, seperti :

  • CT Scan (Computerized Axial Tomografi), merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Biasanya memakai sinar X.
  • MRI Scan (Magnetic Resonance Imaging), atau pencitraan resonansi magnetikmerupakan alat pemindai yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh.
  • EEG (Elektroensefalogram), merupakan alat  untuk merekam aktivitas listrik dari otak dengan menggunakan pena yang menulis di atas gulungan kertas.
  • PET (Positron Emission Tomography), merupakan prosedur pencitraan yang menunjukkan fungsi kimia dari sebuah organ atau jaringan daripada strukturnya. Hasil pencitraan disajikan secara tiga dimensi.
  • Angiogram CT scan adalah prosedur untuk mengetahui penyumbatan atau hambatan pada arteri jantung.
  • Lumbar puncture, merupakan prosedur medis di mana jarum dimasukkan ke dalam kanal tulang belakang, yang paling umum untuk mengumpulkan cairan cerebrospinal (CSF) untuk pengujian diagnostik. Lumbar puncture dilakukan membantu mendiagnosa penyakit pada sistem saraf pusat , termasuk otak dan tulang belakang.
  • Biopsi, merupakan tindakan diagnostik yang dilakukan dengan mengambil sampel jaringan atau sel untuk dianalisis di laboratorium, baik untuk mendiagnosis suatu penyakit, atau untuk mengetahui jenis pengobatan atau terapi yang terbaik bagi pasien.

Setiap orang yang melakukan diagnosis, pasti memiliki harapan bahwa hasilnya negative. Namun takdir tidak bisa dihindarkan. Jika Anda, atau orang di sekitar anda ternyata positif mengidap kanker otak, baik itu kanker otak primer maupun sekunder, segera lakukan penanganan yang tepat. Pembahasannya akan dilanjut di bagian ke 4. Selamat membaca.

By Sri Maryati - Penyakit Rabu, 30 November 2016 08:15:44

Related Post :
Penyakit
Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air…

Cacar air biasanyad iderita…

Penyakit
Beberapa Kemungkinan Penyebab Benjolan…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Penyakit
Susah Buang Air Kecil…

Susah Buang Air Kecil…

Manfaat
Manfaat Menakjubkan Dari Buah…

Informasi tentang kandungan gizi…

Manfaat
Ini Manfaat Menakjubkan Kacang…

Informasi tentang kandungan gizi…

Manfaat
Manfaat Buah Bintaro Yang…

Bintaro adalah tanaman peneduh…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara Mencegah Flu

Beberapa anggapan umum yang tidak…

Penyakit
Cara Penanganan Herpes Genital pada Pengidap HIV

Sistem kekebalan tubuh yang melemah…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan Hiperparatiroidisme

Penyebab gejala dan pengobatan hiperparatiroidisme…

Kirim Pertanyaan
Top