Tips Cara Mengajari Bayi Tidur Teratur

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Cara Mengajari Bayi Tidur Teratur

Bayi mempunyai kecenderungan untuk selalu tidur, terlebih ketika baru lahir. Hal tersebut merupakan pembawaan kebiasaan saat masih di dalam rahim. Dalam rahim, bayi merasa hangat dan nyaman. Itulah mengapa dia menghabiskan waktunya untuk tidur. Setelah lahir, kebiasaanya masih dibawa. Bahkan sebagian besar bayi baru lahir menghabiskan waktu 16 sampai 18 jam per hari untuk tidur. Mereka umumnya hanya terbangun untuk menyusu atau saat orang tua mengganti popoknya. 


Yang cukup membuat orang tua kelelahan, jam tidur bayi seringkali di siang hari. Sedangkan malam harinya, mereka terjaga. Bahkan terkadang jadwal tidur bayi sangat tidak menentu. Jika hari ini tidur siang selama empat jam, maka keesokan harinya bisa jadi beda dan hanya berlangsung satu jam. Hal tersebut tentu akan membuat jam tidur orang tua terganggu. Akibatnya Anda menjadi kelelahan, kurang tidur, dan mudah sakit. 

Mengenai masalah tersebut, orang tua bisa melatih bayi untuk tidur dengan teratur sejak dini. Bagaimana caranya? Berikut akan kami berikan tips menghindari bayi terus tidur di siang hari. 

Umumnya jam tidur bayi akan berubah di usia tiga bulan. Meski demikian, perubahan tersebut tidak begitu saja terjadi otomatis karena umumnya akan bergantung pula pada bagaimana kebiasaan bayi sejak masih lebih muda. 

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bayi bisa diajari mengenal siang dan malam. Beri tahu kepada bayi bahwa saat ini merupakan siang hari dengan mengajaknya bermain ataupun melakukan aktivitas rutin lain seperti mandi, makan, dan minum. Saat malam tiba, lakukan kegiatan rutin menjelang tidur misalnya mandi dengan air hangat, memijat tangan ataupun kakinya, serta membacakan cerita. Upayakan menidurkan bayi di dekat jendela sehingga saat pagi tiba, cahaya matahari dapat menyinari diirinya serta membantu menentukan ritem sirkandian. 

Ajarkan bayi mengenai jadwal tidur tetap setiap hari. Pada malam hari saat tiba waktunya untuk tidur, bawa bayi ke tempat tidur. Pastikan bayi sudah nyaman dan kenyang. Awalnya bayi akan menangis karena masih ingin bermain atau ditemani. Tetapi Anda perlu disiplin untuk menghilangkan kebiasaan bayi bermain di malam hari. 

Jika bayi menangis, upayakan untuk mengabaikannya karena hal itu wajar. Sebaiknya tidak menemaninya karena akan menjadi kebiasaan. Bayi yang berumur lima bulan ke bawah tidak alam menangis lama-lama, yakni sekitar 15 sampai 20 menit. Tidak perlu menyalakan lampu atau memindahkan bayi ke tempat tidur Anda sekalipun dia menangis. Tujuannya supaya bayi mengenal waktu tidur tetap. 

Dalam melakukan hal tersebut, Anda sebaiknya konsisten. Dengan demikian, bayi akan tahu kebiasaan Anda mengajarinya tidur setiap malam. Sehingga jam tubuh bayi pun akan menyesuaikan. 

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Rabu, 30 November 2016 15:34:37

Related Post :
Kesehatan
4 Jenis Pantangan Makanan…

4 pantangan makanan bagi…

Manfaat
Manfaat Zat Asam Glikolat…

Asam glikolat merupakan zat…

Kesehatan
Cara Menjaga Kesehatan Selama…

Melakukan persiapan kesehatan sebelum…

Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Bagi…

Selain mengkonsumsi obat yang…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang ikan salmon,…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Selain buahnya, khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Susu formula

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?


Ibu Dan Anak
Tips Cara Agar Anak Mau Makan Buah

Si kecil susah makan buah…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Bayi mempunyai perut yang masih…

Kirim Pertanyaan
Top