Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi Suplemen Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat mengonsumsi suplemen.

Suplemen bisa membantu Anda untuk memastikan tubuh telah terpenuhi kebutuhan akan nutrisi-nutrisi penting supaya bisa berfungsi dengan baik. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa suplemen bukan ditujukan sebagai pengganti prosedur medis maupun obat-obatan dalam mengobati ataupun mencegah sebuah penyakit. Bahkan manfaat suplemen makanan pun bukan sebagai pengganti makanan. Anda tetap harus mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Artinya, suplemen tampil untuk menambah atau pun melengkapi asupan makan Anda.


Suplemen bisa merupakan produk yang mengandung satu ataupun lebih nutrient mineral, vitamin, asam lemak, asam amino, serta serat. Tidak hanya itu, suplemen pun bisa berupa produk alami seperti herba atau bahan alami non tumbuhan seperti yang didapat dari hewan. Suplemen umumnya dikemas dalam bentuk pil, tablet, cairan, kaplet, dan kapsul lunak.

Sekarang banyak sekali jenis suplemen yang beredar di pasaran. Suplemen multivitamin serta suplemen non vitamin non mineral merupakan dua jenis suplemen yang banyak di konsumsi masyarakat. Sebutan multivitamin ditujukan untuk suplemen yang mengandung tiga atau lebih mineral dan vitamin dengan takaran yang masih bisa ditoleransi. Umumnya kandungan di dalam multivitamin adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B5, vitamin B12, biotin, vitamin A, vitamin E, vitamin D3, vitamin K1, tembaga, kalium iodide, seng, besi, magnesium, betakaroten, kalsium, mangan, dan kromium. Suplemen multivitamin tersebut tidak mengandung obat-obatan, hormon, maupun herbal.

Selain itu, ada juga suplemen non vitamin non mineral yang termasuk herba. Sama halnya seperti suplemen multivitamin, suplemen non vitamin non mineral umumnya dikemas dalam bentuk kapsul lunak, pil, kaplet, gel, ataupun cairan. Contoh suplemen non vitamin non mineral diantaranya adalah probiotik, minyak ikan, ginkgo biloba, ginseng, pil teh hijau, suplemen bawang putih, Echinacea, dan chondroitin atau glukosamin.

Lalu apa sebenarnya manfaat mengonsumsi suplemen? Penelitian membuktikan bahwa sebagian suplemen bisa menunjang kesehatan secara general. Menurut berbagai penelitian, berbagai kondisi kesehatan tertentu bisa terbantu dengan mengonsumsi suplemen tersebut dengan teratur.

Minyak ikan berguna untuk mengurangi risiko kardiovaskular karena di dalamnya terkandung asam lemak omega-3 seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), suplemen berupa produk-produk kedelai berguna untuk mengobati hiper kolesterolemia, chicken essence berguna untuk meredakan kelelahan fisik serta meningkatkan kinerja olahraga.

Probiotik atau prebiotic untuk bermacam-macam kondisi gangguan pencernaan seperti infeksi diare, sindrom iritasi usus besar, serta ulcerative colitis. Jahe untuk meredakan muntah dan mual di awal semester kehamilan, kondisi mabuk, dan pasca kemoterapi.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 01 Desember 2016 08:16:54

Related Post :
Obat Kimia
Cilostazol Obat Untuk Mengatasi…

Cilostazol obat untuk mengatasi…

Kesehatan
Khasiat dan Kandungan Biji…

Khasiat dan kandungan biji…

Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari…

Ayurverda biasa dikenal oleh…

Tips
Cara Menggunakan Minyak Zaitun…

Anda sedang mengidap wasir…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Pir…

Tidak hanya enak untuk…

Manfaat
Mengetahui Berbagai Manfaat Bawang…

Tidak hanya sebagai bumbu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pernah Merasa Ketindihan Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Pernah merasa ketindihan saat tidur?…

Kesehatan
Tertarik Melakukan Sedot Lemak? Ini Kriteria Yang Harus Anda Penuhi

Tertarik melakukan sedot lemak? Berikut…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Nangka merupakan buah yang kaya…

Kirim Pertanyaan
Top