Fakta Tentang Ibu Menyusui Yang Minum Kopi

Share dan Tag Temanmu di :

Jika Anda terbiasa minum kopi, maka biasanya ketika tidak minum kopi sehari saja rasanya ada yang kurang. Lalu bagaimana jika kopi diminum oleh ibu yang baru melahirkan? Berikut akan kami jelaskan.


Tidak tidur semalaman karena si kecil menangis tidak henti atau karena harus memberikan ASI tentu akan membuat ibu merasa ngantuk di pagi maupun siang harinya. Mata terasa berat untuk di buka. Sayangnya banyak pekerjaan di kantor maupun di rumah untuk diselesaikan. Kopi pun menjadi jalan keluar untuk terlepas dari rasa ngantuk. Namun bolehkan ibu menyusui meminum kopi?

Ibu yang sedang menyusui ternyata boleh-boleh saja minum kopi. Namun jumlah perlu dibatas. Karena saat kafein masuk aliran darah ibu menyusui, kurang dari satu persen akan masuk ke ASI. Jumlah kafein dalam ASI akan terakumulasi dalam beberapa jam usai dikonsumsi. Sementara tubuh sikecil belum dapat memecah serta menyingkirkan kafein dengan mudah karena hati dan ginjalnya belum berkembang dengan sempurna.

Hal tersebut mengakibatkan kafein akan menumpuk di dalam sistem tubuhnya. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi sulit tidur dan rewel. Semakin muda usia bayi, semakin lama pula waktu yang diperlukan untuknya dalam membuang kafein dalam tubuh. Jika buah hati telah berusia 9 bulan, baru dia dapat menghilangkan kafein dalam tubuhnya seperti orang dewasa.

Ibu menyusui yang mempunyai gangguan peredaran darah seperti penyakit Rayanud sebaiknya menghindari kafein sama sekali. Karena kafein dalam kopi bisa memperparah penyempitan pembuluh darah sehingga membuat aktivitas menyusui akan terasa menyakitkan. Hal tersebut akan membuat puting payudara terasa ditusuk-tusuk.

Ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 300 miligram per hari. Minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari bisa menyebabkan anak sekaligus ibu menjadi mudah gelisah, mudah marah, dan sulit tidur. Namun bukan hanya kopi saja yang mengandung kafein. Kafein pun dapat ditemukan dalam minuman kola, teh, cokelat, serta minuman berenergi. Jumlah kafein di dalam makanan dan minuman tentunya berbeda-beda.

Tidak ada larangan ibu yang sedang menyusui untuk minum kopi, selama tidak berlebihan. Tetapi jika Anda ragu ataupun takut minum kopi akan memberikan efek membahayakan untuk si kecil, Anda bisa menggantinya dengan jus buah, air putih, teh herbal, ataupun kopi tanpa kandungan kafein.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Kamis, 01 Desember 2016 08:21:45

Related Post :
Kesehatan
Hindari Makanan Ini saat…

Ketika mengalami gangguan pencernaan,…

Kesehatan
Pantangan Dan Anjuran Makanan…

Pantangan dan anjuran makanan…

Manfaat
Kandungan Dan manfaat Daun…

Bagi masyarakat Indonesia, daun…

Tips
Tips Cara Alami Mengobati…

Cara alami mengobati batuk…

Kesehatan
Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Orang yang menderita borderline…

Manfaat
Manfat Kulit Buah Lemon…

Sebelum pergi ke dokter,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab Infeksi Paru pada Anak

Mengetahui serta mewaspadai gejala dan…

Ibu Dan Anak
Berbagai Penyebab Sembelit Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ini berbagai penyebab sembelit pada…

Kirim Pertanyaan
Top