Tips Ibu Hamil Agar Lahirkan Anak Cerdas

Share dan Tag Temanmu di :

Ibu mana yang tak ingin memiliki anak cerdas seperti Albert Enstein dengan IQ di atas rata-rata ini ? Semua orang tua, khususnya sang ibu yang mengandung, tentu mengharapkan anaknya kelak menjadi sosok anak yang cerdas dan jujur. Bahkan katanya, agar anak bisa cerdas, bisa disiasati dan diatur sejak ia masih dalam kandungan. Tentu bundalah yang menjadi peran utama disini.

Bagi ibu hamil yang ingin mendapatkan generasi penerus yang cerdas, selama kehamilan, ibu bisa ikuti tips-tips berikut ini :

Luangkan waktu untuk membaca

Menurut beberapa pakar, sekitar usia trimester 3, janin dalam kandungan bunda rupanya sudah bisa mendengar dan menghafal suara, walaupun pada kenyatannya sang buah hati belum bisa mengerti apa yang bunda katakan. Namun, dengan membacakan mereka cerita seperti dongeng, ia akan bisa menghafal bagaimana suara bundanya saat ia lahir ke dunia kelak.

Ajak janin untuk mendengarkan musik

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, jika janin bisa memberikan respon pada suara. Selain dengan membacakan dongeng, bunda bisa mengajak ia mendengarkan musik menggunakan headphone yang diletakkan di atas perut bunda. Jenis musik yang tepat adalah musik klasik.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Omega 3 menjadi asupan makanan yang paling direkomendasikan, karena manfaatnya yang telah dikenal luas untuk membantu kinerja otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kecerdasan otak anak. Makanan yang tinggi omega 3 dan aman untuk ibu hamil yaitu ikan salmon.

Selain itu, bunda juga disarankan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu perkembangan otak janin dalam kandungan, seperti apel, alpukat, kiwi, dan lain-lain.

Berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi dikenal memiliki kandungan Vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa vitamin D dapat mengurangi anak mengalami autisme saat ia lahir nanti. Bunda bisa meluangkan waktu sekitar 20 menit di pagi hari.

Pijatan lembut

Ikatan khusus memang akan terjadi di antara ibu dan bayinya, namun tak ada salahnya juga jika bunda melakukan beberapa sentuhan untuk si buah hati dalam kandungan dengan melakukan pijatan lembut untuknya. Hal ini dilakukan karena dipercaya dapat mempererat ikatan ibu dan anak. Bahkan bunda juga dianjurkan untuk melakukan pijatan lembut tersebut di usia kandungan ke 20 minggu menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun.

Kelola dan hindari stress

Sudah umum kita ketahui jika segala hal yang dirasakan bunda semasa kehamilan, akan dirasakan pula oleh janin dalam kandungan. Jadi, ketika bunda mengalami stres atau depresi, janin pun akan mengalami hal yang sama dan memberikan dampak buruk bagi perkembangan otak mereka.

Untuk mengelola dan menghindari stres yang mungkin bisa terjadi semasa kehamilan, bunda bisa melakukan meditasi atau yoga yang dapat membuat pikiran lebih tenang dan jernih.

Nah, setelah bunda mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk tetap memperhatikan sang buah hati setelah ia lahir nanti, agar ia bisa menjadi anak yang cerdas sesuai harapan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Hamil Selasa, 26 Januari 2016 15:19:28

Related Post :
Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga…

Lady Gaga diketahui telah…

Kesehatan
Gejala Infeksi Kandung Kemih…

Infeksi kandung kemih terjadi…

Kesehatan
Ingin Jantung Sehat? Hindari…

Ingin jantung sehat? hindari…

Kesehatan
Ada Benjolan Di Leher?…

Ada benjolan di leher?…

Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang…

Hypoalbuminemia adalah tanda medis…

Penyakit
Ini Ciri-Ciri Kanker Kulit…

Waspadai! berikut adalah ciri-ciri…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Tanda-tanda melahirkan anak pertama yang…

Ibu Hamil
Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi Pada Perempuan Hamil

Hernia inguinalis cenderung terjadi pada…

Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri Sendi Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi nyeri sendi pada…

Kirim Pertanyaan
Top