Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 4)

Share dan Tag Temanmu di :

Kita tahu bahwa ada dua jenis kanker otak, yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Meskipun sama-sama kanker otak, namun penanganan yang dilakukan pada penderita tentulah berbeda. Yang pertama, kita bahas penanganan terhadap kanker otak primer dulu ya.


Penanganan terhadap kanker otak primer yang bisa dilakukan di antaranya :

Pembedahan

Pembedahan dilakukan dengan tujuan mengangkat tumor  di otak tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Prosesnya biasa dikenal dengan proses kraniotomi. Sebagian dari tengkorak akan dibuka, setelah itu dilihat apakah ada tumor di dalamnya atau tidak. Jika ada, dokter spesialis bedah otak akan mengangkat tumornya.

Terapi Photodynamic


Dalam terapi ini, obat yang sensitif terhadap cahaya dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk diserap oleh sel kanker. Saat sinar laser diarahkan pada sel-sel kanker, obat ini akan aktif dan membunuh sel-sel kanker.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Biasanya kemoterapi dilakukan untuk menangani tumor yang berada jauh di dalam otak dan sulit diangkat. Medianya bisa berupa tablet, suntikan, atau implant. Dua jenis obat yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  • Implan Carmustine
    Cara kerja obat ini adalah implan akan larut kemudian melepaskan carmustine untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.  Namun, mengkonsumsi obat ini akan menghasilkan efek samping berupa edema otak atau peningkatan kadar cairan otak, infeksi di dalam otak, dan kejang-kejang.

  • Temozolamide
    Obat ini berperan dalam memperlambat berkembangnya tumor setelah perawatan awal atau apabila tumor muncul kembali. Efek samping dari obat ini antara lain sakit kepala, konstipasi, letih, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah-muntah.

Radioterapi

Sama halnya dengan kemoterapi, radioterapi juga dilakukan untuk menangani tumor yang berada jauh di dalam otak dan sulit diangkat. Dalam proses radioterapi, dosis radiasi berenergi tinggi dipusatkan pada tumor. Dengan dilakukannya radioterapi, diharapkan dapat menghentikan sel-sel kanker agar tidak terus menggandakan diri.

Radiosurgery

Jika pada proses radioterapi dosis radiasi yang diberikan tinggi, pada radiosurgery merupakan kebalikannya. Radiasi yang dipakai memiliki intensitas lebih rendah. Namun pemberian radiasi dilakukan selama beberapa kali.

Perbedaan antara radioterapi dan rediosurgery terletak pada sinar radiasi yang diberikan. Radioterapi memberikan sinar radiasi dengan intensitas yang lebih tinggi dan hanya diberikan selama satu sesi. Sedangkan radiosugery memberikan sinar radiasi dengan intensitas rendah namun diberikan selama beberapa kali. Namun keduanya sama-sama berpusat pada bagian kecil area dari otak.

Setelah membahas mengenai penanganan terhadap penderita kanker otak primer, sekarang saatnya membahas obat apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk memperpanjang usia dan mengendalikan tumor pada penderita kanker otak sekunder.

  • Obat penghilang rasa sakit, digunakan untuk meringankan sakit kepala sebagai dampak munculnya tumor ganas pada otak.
  • Obat anti mual, digunakan untuk membantu melegakan gejala mual yang disebabkan meningkatnya tekanan di dalam kerangka kepala.
  • Kortikosteroid, obat yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada otak.
  • Obat-obatan antikonvulsan, digunakan untuk mencegah kejang-kejang.

Ya, itulah materi tentang penanganan atau pengobatan terhadap kanker otak. Bagaimana pun, konsultasikan semuanya dengan dokter. Ajak keluarga agar terlibat, dan jangan putus semangat ya kawan. Semua penyakit pasti ada obatnya. Tetap berusaha, dan yang penting adalah berdoa. Karena tanpa doa, semuanya sia-sia. See You.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 01 Desember 2016 10:21:18

Related Post :
Manfaat
Ini Manfaat Kacang Kapri…

Ini beragam manfaat yang…

Ibu Dan Anak
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut…

Cara cepat menumbuhkan rambut…

Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa…

Manfaat daun sambung nyawa…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji…

Jambu biji memiliki nama…

Obat Kimia
Ampicillin Obat Untuk Mengatasi…

Ampicillin obat untuk mengatasi…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita…

Mengatur gaya hidup sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Maag Akut Penyebab dr Ryan Thamrin Meninggal Dunia

Mengungkap penyebab dr. Ryan Thamrin…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit Pinggang Belakang Berkepanjangan

Ketahui komplikasi dan bahaya sakit…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Penebalan Dinding Rahim Pada Wanita

Berikut adalah penyebab dan gejala…

Kirim Pertanyaan
Top