Khasiat Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan Secara Menyeluruh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan sangatlah luar biasa. Namun sayangnya hal ini masih sangat minim di ketahui oleh khalayak luas. Namun sebagian dari ibu yang menyusui sering kali menjadikan daun beluntas (plucheacea folium) sebagai lalapan bahkan sayuran yang di konsumsi untuk mempelancar ASI mereka. Namun, selain dari pada itu masih banyak lagi manfaat dan kegunaan daun beluntas bagi tubuh yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Untuk itu, simak informasi selengkapnya Pada uraian singkat berikut ini.


Secara sepintas, beberapa orang sering kali menganggp daun beluntas adalah daun sambung nyawa. Padahal, diantara keduanya jelas sangatlah berbeda. Tumbuhan beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus serta berbulu lembut. Tanaman yang dapat mencapai ketinggian 2 meter ini umumnya dapat tumbuh di daerah kering dan berbatu, serta pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 100 m di atas permukaan laut. Adapun ciri-ciri tanaman beluntas lainnya adalah:

  • daun: berbetuk bulat telur sunsang, ujung bundar melancip bergerigi, bertangkai pendek, letaknya berselang seling dan berwara hijau.
  • Bunga: berbentuk bunga bonggol, keluar dari ketiqak daun, bergagang dan berwanrna ungu.
  • Buah: longkah agar sedikit berbentuk gasing, berwarna coklat dengan bersudut putih.

Di pedesaan tanaman ini sering kali di jadikan sebagai tanaman hias dan pagar hidup karena warna hijaunya yang segar dan menyejukan mata. Nama lain beluntas di beberapa daerah bahkan di beberapa negara tentunya berbeda-beda, seperti orang sunda menyebutnya baruntas, luntas di jawa, Luan Yi di China, serta Marsh fleabe di Inggris.

Kandungan dan manfaat daun beluntas bagi kesehatan


Banyak sekali kandungan daun beluntas yang sangat baik bagi kesehatan diantaranya adalah alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin.

Khasiat yang di miliki oleh daun beluntas sendiri hampir mirip dengan manfaat daun kemangi yaitu dapat  menghilangkan bau mulut dan juga bau badan. Namun, selain dari itu masih banyak manfaat daun beluntas lainnya termasuk khasiat daun beluntas bagi wanita yang sangat sangat sayang jika informasi berikut ini anda lewatkan. Lalu, apa manfaat dari daun beluntas selengkapnya? simak uraian berikut ini.

1. Manfaat daun beluntas untuk bau badan dan bau mulut. Mengonsumsi daun beluntas secara rutin sangatlah efektif untuk menghilangkan bau mulut serta bau badan tidak sedap yang di sebabkan akibat bakteri pada keringat. Anda dapat mengonsumsi daun belantas segar atau di masak dengan cara di kukus untuk di konsumsi sebagai lalapan.

2. Manfaat daun beluntas untuk kista. kegunaan daun beluntas juga dapat di gunakan untuk mengatasi penyakit berat seperti penyakit kista ovarium. Cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan pucuk daun beluntas 3-4 tangkai, cengkeh 7 butir, sejumlah wadah berbentuk rantang kecil berbahan melamin atau kaca (sebaiknya tidak berbahan logam atau plastik).
  • Bersihkan daun beluntas dengan air matang dan rebus cengkeh dengan 5 gelas air hingga hanya tersisa 3 gelas air.
  • Kemudian seduh pucuk daun beluntas tadi dengan menggunakan 3 gelas air cengkeh (yang masih mendidih) ke dalam suatu wadah yang di tutup rapat-rapat selama 15 menit.
  • Saring ke dalam gelas dan siap untuk di minum.
  • Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut, di pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

3. Manfaat daun beluntas untuk perut kembung. Caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun beluntas yang sebelumnya telah di bersihkan hingga mendidih. Kemudian ambil airnya dan konsumsi pada saat perut kembung.

4. Manfaat daun beluntas untuk mengatasi rematik. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengonsumsi manfaat air rebusan daun beluntas secara rutin hingga kondisi anda membaik.

5. Manfaat daun beluntas untuk mengatasi pega linu. Adapun cara untuk mengatasi pegal linu dengan menggunakan daun beluntas adalah dengan mengonsumsi 3 helai daun beluntas setiap hari.

6. Manfaat daun beluntas untuk keputihan. Cara penggunaannya dengan menggunakan daun beluntas adalah  ambil 20 lembar daun beluntas yang telah di cuci bersih sebelumya, kemudian rebus dengan menggunakan  1 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan dan minum air rebusan daun beluntas  secara rutin 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

7. Manfaat daun beluntas untuk meringankan nyeri haid. Caranya siapkan 2 lembar daun beluntas kemudian cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan 1 gelas air dan jangan lupa berikan sedikit garam dan juga asam. Setelah air rebusan mendidih, angkat dan lalu dinginkan. Lalu saring airnya dan minum secara rutin 2x sehari pada pagi dan malam hari.

Daun beluntas yang memiliki arona khas dengan rasanya yang sedikit ketir namun menyegarkan ini juga berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan proses pencernaan, menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan serta meluruhkan keringat. Selain dari pada itu, manfaat daun beluntas bagi kesehatan lainnya juga sering kali di gunakan untuk Asi, darah tinggi atau hipertensi, Ibu hamil, kesuburan dan lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat manfaat daun beluntas bagi kesehatan secara menyeluruh yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut dan bermanfaat serta menambah pengetahuan dan wawasan anda khususnya di bidang herbal.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 01 Desember 2016 14:47:34

Related Post :
Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu…

Ada banyak faktor yang…

Kesehatan
Tangan Terasa Kaku? Ternyata…

Beragam penyebab tangan terasa…

Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat…

Selain dagingnya, biji nangka…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Cara…

Perut kembung adalah salah…

Alami
Fakta Menarik Seputar Teripang…

Selain digunakan sebagai bahan…

Tips
Perawatan Sederhana Luka Jahitan…

Perawatan sederhana luka jahitan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Tembelekan Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Hanjuang Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top