Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Saat kolesterol dalam tubuh yang berlebihan mengendap dalam dinding arteri, maka aliran darah di otak, jantung, serta bagian tubuh lain umumnya akan terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi dapat meningkatkan seseorang untuk terkena penyempitan arteri, stroke ringan, penggumpalan darah di bagian tubuh tertentu, serta serangan jantung.


Kadar kolesterol tinggi pun bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian dada depan ataupun pada lengan saat seseorang melakukan kegiatan fisik berat atau saat sedang stress. Tidak hanya itu, kolsterol tinggi pun dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Jika tak mengubah pola makan serta tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan sangat berisiko terkena penyakit jantung ataupun stroke. Pada rokok ditemukan zat kimia bernama akrolein yang bisa menghentikan aktivitas kolesterol baik (HDL) untuk mengangkut timbunan lemak ke hati. Akibatnya dapat terjadi aterosklerosis atau penyempitan arteri. 

Selain itu, risiko penderita pun meningkat jika menderita diabetes, hipertensi, maupun mempunyai keluarga yang menderita stroke atau jantung. Kolesterol tinggi dapat disebabkan kondisi genetik yang disebut familial hypercholesterolaemia (FH). Kadar kolesterol penderita pada kondisi tersebut tetap tinggi sekalipun mengonsumsi makanan sehat. 

Dalam menangani kolesterol tinggi, menerapkan gaya hidup sehat sangat perlu. Mengonsumsi makanan sehat serta bergizi seimbang merupakan langkah utama dalam mencegah serta menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lemak di dalam makanan yang dikonsumsi harus rendah. Anda yang terkena kolesterol bisa mengganti konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh seperti roti gandum.

Dengan demikian, kolesterol di dalam tubuh akan tetap rendah. Tidak hanya diet sehat, mulai melakukan olahraga dengan rutin serta menurunkan berat badan untuk yang mengalami kelebihan berat badan pun perlu dilakukan. Yang tidak kalah penting adalah hindari merokok. 

Jika saran-saran tersebut tidak mampu menurunkan kadar kolesterol Anda, baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter melakukan pengobatan dengan memberi Anda resep obat penurun kolesterol. Misalnya statin.

Lalu apa yang menjadi penyebab kolesterol tinggi di dalam tubuh? Salah satu hal yang paling memberikan pengaruh adalah karena gaya hidup. Misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan instan yang kurang sehat, tidak menyempatkan diri untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik karena terlalu sibuk, kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman keras, serta kelebihan berat badan atau lingkar pinggang yang membesar. 

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 01 Desember 2016 15:36:37

Related Post :
Ibu Hamil
Penyebab Ketuban Pecah Dini…

Berikut ini adalah berbagai…

Kesehatan
Alasan Mengapa Calon Jamaah…

Melakukan Vaksinasi merupakan hal…

Kesehatan
Awas! Ini Dampak Buruk…

Beragam dampak buruk kurang…

Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus…

Ini bahaya mata minus…

Ibu Dan Anak
Dampak Dan Bahaya Sering…

Dampak dan bahaya sering…

Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru…

Penggunaan antibiotik untuk infeksi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Kenali Gejala-Gejala Penyakit Kanker Paru-paru

Kenali gejala-gejala penyakit kanker paru-paru…

Penyakit
Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru Sejak Dini

Cara pencegahan kanker paru-paru sejak…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top