Mengenal Lebih Dekat Penyakit Osteopetrosis

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin belum familiar dengan istilah Osteopetrosis. Osteopetrosis adalah salah satu jenis penyakit yang merupakan golongan penyakit turunan namun sangat langka. Penyakit ini menyerang tulang penderitanya. Tulangnya dapat mengeras serta menebal dengan cara yang tidak normal. Meskipun menebal tapi mudah patah tulangnya.


Penyebabnya dikarenakan osteopetrosis akibat adanya kerusakan salah satu jenis sel pada tulang yang bernama osteoklas. Sel pada tulang itu  memiliki fungsi untuk memecah jaringan tulang. Rusaknya sel pada osteoklas karena adanya mutasi gen. Osteoklas berfungsi sangat vital. Osteoklas memelihara, merenovasi dan memperbaiki tulang yang ada pada tubuh manusia. Serta melaksanakan suatu proses yang dinamakan resopsi. Prosesi itu berupa penyerapan kembali pada tulang untuk membuat kadar kalsium yang ada dalam darah sehingga akan tetap terjaga.

Penyakit steopetris mempunyai beberapa jenis. Hal ini seperti diuraikan oleh beberapa ahli yang memberikan pembedaan jenis-jenis osteopetrosis. Pembedaan itu dilakukan karena beberapa pola akibat penyakit yang diwariskan dari seseorang keturunannya. Diantaranya:

  • Pertama adalah autosomal dominant osteopetrosis. Pola ini pada umumnya didapatkan dari orang tua yang mengidap osteopetrosis.
  • Kedua autosomal recessive osteopetrosis. Pola yang kedua ini memiliki pengeritan bahwa kedua orang tuanya mempunyai gen yang bermutasi. Tetapi tidak memperlihatkan tanda serta gejala klinis dari osteopetrosis.
  • Pola ketiga adalah pola X-linked. Pada pola dengan jenis ini mempunyai pola yang mutasinya terjadi di kromosom x pada kedua orang tuanya. Serta bisa juga ibu menjadi penyebab munculnya penyakit osteopetrosis pada anaknya.
  • Keempat pola intermediate autosomal osteopetrosis. Pola keempat ini mempunyai sifat pewarisan dengan dua pola pertama autosomal dominant osteopetrosis atau autosomal recessive osteopetrosis.

Osteopetrosis dapat diketahui apabila kita sudah paham dengan gejalanya. Osteopetrosis dapat diketahui dengan melihat sesuatu dari seseorang yang dikumpulkan melalui informasi. Gejala osteorosis bisa berupa gejala klinis. Namun gejala klinis ini bisa saja berbeda satu sama lain penderitanya. Misalnya pola auotosomal dominant osteopetrosis terkadang jenis ini memang yang paling ringan dari jenis lainnya bisa ditandai dengan tanpan gejela apapun.

Biasanya gejala itu timbul setelah seorang penderita masuk pada usia remaja. Gejala klinis ditemukan secara kebetulan dengan X-ray. Contohnya X-ray dapat melihat keretakan tulang di banyak tempat. Kemudian apakah ada scoliosis atau kondisi yang tidak normal pada tulang belakang. Atau apakah ada arthritis pada pinggul. Atau adakah infeksi pada tulang dengan osteomyelitis. Berbeda dengan penderita autosomal recessive osteopetrosis gejalanya bisa dilihat sejak penderitanya masih bayi. Gejala klinisnya misalnya anemia, kehilangan pendengaran, kehilangan penglihatan, mudah mengalami patah tulang, ada infeksi kambuh, otot-otot wajah lumpuh, ada perdarahan tidak normal, kemudian pertumbuhannya lambat, posturnya kecil, giginya tidak normal. Lalu ada pembesaran hati dan limpa.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 02 Desember 2016 08:27:08

Related Post :
Ibu Dan Anak
Penyebab Konstipasi Pada Bayi…

Penyebab konstipasi pada bayi…

Ibu Dan Anak
Anak Sering Berteriak ?…

Berteriak bisa menjadi kebiasaan…

Kesehatan
Tes Untuk Mendiagnosa HIV…

Jika Anda mempunyai risiko…

Kesehatan
Tubuh Cepat Kurus Dengan…

Tubuh cepat kurus dengan…

Kewanitaan
Ini Hubungan Antara Selaput…

Hubungan antara selaput dara…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C…

Meskipun vitamin C memilki…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Penyebab Diabetes 1 Dan Komplikasinya

Informasi tentang penyebab, komplikasi, diagnosis…

Penyakit
Diagnosis Dan Penanganan Cedera Saraf Tulang Belakang

Cedera saraf tulang belakang (spinal…

Penyakit
Inilah Berbagai Penyebab Wasir Berdarah Yang Perlu Anda Waspadai

Berikut adalah berbagai penyebab wasir…

Kirim Pertanyaan
Top