Tips Cara Menangani Orang Pingsan

Share dan Tag Temanmu di :

Pingsan adalah suatu kondisi dimana seseorang kehilangan kesadaran. Pingsan dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya kedinginan terlalu lama, kekurangan oksigen, serangan jantung, penyakit ayan, banyak keluar darah, keracunan, shock, kelaparan, kelelahan dan kepanasan. Bagi sebagian orang mungkin tidak mengetahui pertolongan pertama apa yang harus dilakukan pada orang yang pingsan, sehingga akan panik bila orang disekitarnya pingsan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menangani orang yang pingsan.


Tips Cara Menangani Orang Pingsan

Menopang tubuh orang yang mulai kehilangan kesadaran

Disaat seseorang telihat mulai kehilangan kesadaran, segera topang tubuhnya sebelum benar-benar pingsan supaya dia tidak jatuh ke lantai. Setelah itu, letakkan tubuhnya baringkan di bawah atau dimanapun dengan pelan-pelan. Yang terpenting letakkan tubuhnya ke permukaan yang datar.

Jangan berkumpul secara menggerombol

Ketika seseorang pingsan, sebaiknya jangan berkumpul secara menggerombol. Karena dia membutuhkan udara segar. Mungkin saja seseorang pingsan akibat dari sesak nafas, sehingga buatlah dia untuk menghirup udara segar jadi jangan mengerubunginya.

Amankan di tempat yang tenang

Amankan orang yang pingsan tersebut di tempat yang tenang supaya kondisinya tidak bertambah buruk akibat kerumunan. Setelah itu pahami apa penyebabnya ia pingsan, agar proses penangannya pun tepat. Selain itu juga supaya tidak salah mengambil tindakan dan bisa disesuaikan dengan bantuan yang akan diberikan.

Cek responnya


Mengecek responnya adalah salah satu pertolongan pertama pada orang yang pingsan. Jika orang yang pingsan tersebut merespon baik, sebaiknya jangan biarkan ia berdiri dulu, tetapi beri tahu dia bahwa ia harus istirahat sejenak.

Jangan sembarangan menggerakannya


Cek kondisi orang yang pingsang tersebut apakah mengalami cedera atau tidak. Bila ia mengalami cedera maka jangan sembarangan menggerakannya, supaya cedera yang dialaminya tidak semakin parah.

Jangan berikan dia bantal untuk penyangga

Bila seseorang pingsan, jangan berikan dia bantal untuk penyangga. Tapi biarkan di letakkan dipermukaan rata tanpa alas apapun supaya aliran darah mengalir ke otak secara lancar.

Cek denyut nadinya


Mengecek denyut nadi adalah salah satu cara pertolongan pertama pada orang yang pingsan. Bila denyutnya masih terasa, kemudian angkat kakinya.

Berikan minuman manis

Apabila ia telah sadar dari pingsan, berikan ia minuman manis supaya dapat mengembalikan energy bagi orang yang yang pingsan.

Demikian informasi tentang cara menangani orang pingsan. Bila telah melakukan cara-cara diatas tapi belum juga sadar dari pingsannya. Sebaiknya mencari bantuan medis.

By Rizka Ardiana - Tips Jum'at, 02 Desember 2016 11:47:47

Related Post :
Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Manfaat
Manfaat Kolang Kaling Untuk…

Manfaat kolang kaling untuk…

Kesehatan
Penyebab Penderita Stroke Susah…

Penyebab penderita stroke susah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Alami Menghilangkan Lipoma Dalam Waktu 7 Hari

Cara alami menghilangkan lipoma dalam…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Migrain Sebelah Kanan

Cara ampuh mengatasi migrain atau…

Kirim Pertanyaan
Top