Pengobatan Rumahan untuk Ringankan Mata Bengkak

Share dan Tag Temanmu di :

Mata bengkak bisa terjadi kapan saja dan disebabkan oleh berbagai faktor. Pembuluh darah memenuhi area kelopak mata, kurang tidur, dan alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab dari pembengkakan pada mata. Kondisi mata bengkak yang terjadi dalam waktu yang lama kemungkinan disebabkan karena adanya masalah yang hanya bisa dicari tahu melalui penanganan medis. Namun, jika terjadi hanya sesekali, bisa diobati dan tidak memiliki efek samping.


Bagi Anda yang tidak sempat berobat ke dokter, Anda juga bisa mengobati mata bengkak sendiri dengan tips pengobatan rumahan untuk ringankan mata bengkak berikut ini :

  • Masker mata

Masker mata bisa digunakan untuk mengobati mata bengkak yang disebabkan karena dampak dari iritasi yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar kulit sehingga menimbulkan bengkak. Penggunaan masker mata bisa membantu mengurangi mata bengkak secara efektif.

  • Kompres air es

Cara mudah untuk mengatasi mata bengkak yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air es sebagai kompres. Ambil beberapa es batu dan bungkuslah dengan kain tipis. Tekan pelan-pelan di bagian mata yang bengkak selama 15 menit guna menyempitkan pembuluh darah di sekitar mata. Selain itu, memercikkan air dingin pada mata juga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah yang bengkak.

  • Minum air

Kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi. Maya bengkak juga bisa terjadi akibat penimbunan air di kelopak mata yang tidak bisa mengalir secara merata ke tubuh karena kurangnya cairan. Dianjurkan untuk minum air putih yang banyak, setidaknya 8 gelas atau sesuai kebutuhan setiap individu untuk mencegah retensi air disekitar mata.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memang telah dikenal sebagai tanaman herbal yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi dan sifat penyembuhan yang dapat digunakan untuk mengobati mata bengkak. Cukup dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan sedikit minyak vitamin E. Oleskan campuran tersebut ke bagian mata yang bengkak. Maka kondisi matapun akan kembali normal.

  • Mentimun

Mengempiskan mata bengkak bisa dilakukan dengan meletakkan potongan mentimun di kelopak mata. Mentimun diyakini dapat menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata dan dapat mengurangi pembengkakan pada mata.

  • Ketumbar

Ketumbar biasanya sering dijadikan sebagai bumbu masakan. Namun, kali ini Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi mata bengkak. Ketumbar memiliki sifat pendingin yang cocok digunakan untuk merawat mata bengkak. Simpan ketumbar ke dalam kain katun tipis, kemudian rendam untuk mendapatkan airnya. Diamkan selama beberapa jam. Kemudian air ketumbar bisa digunakan untuk membilas mata.

  • Teh chamomile

Teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi dan juga menenangkan. Mengonsumsi teh chamomile secara rutin dapat menghilangkan iritasi mata dan mata bengkak.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 02 Desember 2016 14:38:56

Related Post :
Kesehatan
Cara Membedakan Madu Asli…

Cara membedakan madu asli…

Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Kulit
Gejala dan Pemeriksaan Mata…

Gejala dan pemeriksaan mata…

Kesehatan
Jangan Spelekan Karang Gigi…

Jangan spelekan karang gigi…

Kesehatan
Ini Anjuran Dan Pantangan…

Berikut adalah anjuran dan…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara…

Mengetahui gejala dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Tepat Mengatasi Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil

Cara tepat mengatasi tekanan darah…

Kirim Pertanyaan
Top