Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan istilah burket (bubur ketek) atau basket (basah ketek), itulah istilah istilah yang digunakan untuk mengatakan 'ketiak basah' yang memang sudah terkenal sejak beberapa tahun lalu bahkan menjadi kata tersendiri bagi beberapa orang. Perlu kita ketahui apa penyebab ketiak basah sehingga memudahkan kita dalam melakukan langkah untuk mengatasinya dengan tuntas.


Walaupun ketiak basah tidak memiliki dampak terhadap kesehatan tetapi masalah yang ditimbulkan ternyata cukup untuk mengganggu penampilan dan interaksi interpersonal. Dimana seseorang yang memiliki masalah ini menjadi tidak PD sehingga membatasi gerak dan pergaulan.

Kenapa ketiak basah bisa terjadi?

Terjadi ketiak basah karena adanya produksi keringat yang berlebihan pada area yang lembab seperti ketiak. Sebenarnya keringat adalah proses alami tubuh untuk mengatur suhu tubuh. Keringat dapat membantu mendinginkan tubuh yang kepanasan dengan cara menguapkan kepermukaan kulit.

Mengapa keringat paling sering terlihat didaerah ketiak?

Karena ketiak memiliki kelenjar apokrin yang sangat baik dalam memproduksi keringat yang mengandung protein dan asam lemak yang menyebabkan timbulnya warna kekuningan didaerah ketiak. Jika protein dan asam lemak ini dimetabolisme oleh bakteri maka timbulah aroma yang kurang enak untuk dihirup.

Ketahui penyebab ketiak basah antara satu orang dengan orang lain berbeda. Berikut ini ada beberapa penyebab yang dipercaya menjadi penyebab timbulnya ketiak basah silahkan sesuaikan dengan kondisi anda.

1. Makanan dan minuman panas. Mengonsumsi makanan dan minuman panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan akhirnya membuat anda lebih banyak berkeringat.

2. Cafein. Mengonsumsi kopi yang mengandung cafein dapat merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat maka semakin banyak cafein yang dikonsumsi maka akan semakin banyak pula produksi keringat.

3. Makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas pada beberapa orang dapat menimbulkan peningkatan produksi keringat karena otak beraksi terhadap capsaicin dalam cabe yang bersifat panas sehingga mengaktifkan kelenjar keringat.

4. Alkohol. Mengonsumsi minuman alkohol dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah pada tubuh yang dapat meningkatkan suhu tubuh kemudian otak akan menyampaikan sinyal untuk mendinginkan tubuh dengan mengaktifkan kelenjar keringat.

5. Faktor pakaian yang terbuat dari kain sintetis seperti polyester dan akrilik dapat mencegah uap keringat sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat yang lebih banyak.

6. Obat - obatan. Ada beberapa jenis obat yang membuat produksi keringat lebih banyak seperti obat tekanan darah, obat anti-inflamasi, antidepresan, dan beberapa obat diabetes.

Cara Mengatasi Ketiak Basah

1. Menggunakan bahan alami seperti:

Tomat yang ditumbuk kemudian diusapkan pada ketiak untuk membantu mengurangi bau yang timbul akibat keringat.

Lidah buaya yang diminum setiap hari 1/2 gelas untuk membantu meredakan produksi keringat berlebih diarea ketiak.

Cuka apel dan cuka putih dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang menghasilkan bau tidak sedap pada ketiak. Oleskan cuka pada kedua ketiak secara merata menggunakan kapas lalu diamkan 30 menit setelah itu bersihkan dengan air.

2. Memakai pakaian serat dari bahan katun, rami, wol, atau sutera karena memiliki serat yang dapat membuat kulit terjaga dari bakteri penyebab bau akibat keringat. Jangan memakai pakaian dari bahan sintetis seperti rayon, nilon, atau polister atau bahan yang tidak terdapat ruang untuk masuknya udara dan berwarna gelap.

2. Kecemasan dan rasa takut akan membuat jantung berdetak lebih cepat bila terus berproses maka kondisi ini bisa menyebabkan kulit berkeringat. Untuk mengatasi ketiak basah disarankan melakukan terapi untuk mengatasi cemas dan rasa takut.

3. Mengurangi stress berlebihan. Stress bisa menyebabkan keringat berlebih, oleh sebab itu anda harus menghindari stress dengan tidak memfokuskan pikiran kepada masalah yang sedang dihadapi, namun lebih fokus pada solusinya. Stress bisa diatasi dengan cara mengobrol dengan teman, bersantai, atau bercandatawa.

4. Hindari minuman keras dan rokok, berarti anda telah menghindari diri dari terbentuknya keringat berlebihan akibat peningkatan suhu tubuh.

5. Kurangi konsumsi makanan pedas dan panas secara langsung yang membuat anda menghindari peningkatan suhu tubuh sehingga tidak terbentuk keringat yang berlebih.

Apabila cara diatas tidak dapat mengatasi ketiak basah yang anda alami, kemungkinan badan anda sedang tidak sehat karena keringat berlebih juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti leukimia, menopause, tuberkulosis, hipertiroidisme, hipoglikemia, dan penyakit jantung. Oleh sebab itu temui dokter merupakan langkah yang tepat.

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 03 Desember 2016 07:53:51

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…


Tips
Tips Mengatasi Stretch Mark yang Perlu Anda Coba

Stretch mark yang baru atau…

Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Lemah

Cara mencegah penyakit jantung lemah…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak agar Tetap Aman

Cara menggunakan lensa kontak yang…

Tambah Pertanyaan
Top