Gejala Penyakit Brucellosis Dan Faktor Risikonya

Share dan Tag Temanmu di :

Brucellosis merupakan infeksi yang diakibatkan bakteri ke manusia dari hewan. Data yang didapat dari WHO tahun 2014 menunjukkan di 100 negara, brucellosis telah menginfeksi lebih dari setengah juta orang setiap tahunnya.


Penyakit ini jarang yang menular dari manusia ke manusia. Tetapi penyakit ini dapat berpindah antar manusia lewat hubungan seksual dan lewat air susu ibu. Meski jarang terjadi, brucellosis juga dapat menular lewat transfuse darah maupun transfuse dari sumsum tulang yang sudah terkontaminasi. Pada kasus yang langka, bakteri penyebab brucellosis bisa juga menyebar lewat udara.

Bakteri penyebab brucellosis bernama brucella. Agar tidak terjangkit penyakit ini, selalu jaga kebersihan luka tubuh saat berinteraksi dengan hewan. Salah satu gejala brucellosis mirip dengan sakit flu namun dalam waktu yang cukup lama. Gejala brucellosis lainnya adalah berat badan menurun, demam, merasa lelah dan lemas, berkeringat di malam hari, sakit kepala, nyeri pada otot, persendian, dan punggung, serta kehilangan nafsu makan.

Gejala-gejala tersebut dapat kambuh kembali usai mereda beberapa waktu. Jika demam terus menerus disertai dengan nyeri otot sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Perlu Anda ketahui, ada berbagai cara yang membuat bakteri brucella berpindah dari hewan ke manusia.

Pertama adalah produk susu mentah. Manusia bisa terinfeksi brucellosis ketika mengonsumsi minuman ataupun makanan yang dibuat dari susu mentah atau bisa juga mengonsumsi daging yang terinfeksi brucella. Brucella dapat pula menyebar ke dalam tubuh manusia dengan mudah lewat udara yang dihirup seseorang. Yang terakhit, bisa juga karena kontak langsung. Misalnya cairan sperma, bakteri pada darah, serta plasenta hewan yang terinfeksi bakter brucella masuk ke dalam tubuh manusia lewat luka yang dimilikinya.

Terdapat empat jenis bakteri brucella yang digolongkan kepada hewan yang menjadi pembawanya. Brucellosis canis umumnya menyebar lewat anjing, brucellosis abortus dapat menular lewat perantara sapi ternak, brucellosis militensis ditemukan pada domba dan kambing, serta brucellosis suis ditemukan pada babi liar.

Ada berbagai hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena brucellosis. Diantaranya adalah minum susu sapi yang belum dipasteurisasi, bekerja di tempat pemotongan hewan maupun peternakan, serta bepergian ke daerah yang banyak bakteri brucella.

Jika Anda didiagnosis dokter mengidap brucellosis, biasanya dokter akan memberi resep berupa antibiotik untuk pengobatan yang berdurasi minimal 1,5 bulan. Jenis-jenis antibiotik yang umum dipakai untuk menangani brucellosis diantaranya adalah doxycycline, tetracycline, rifampicin, streptomycin, dan gentamicin.

By Rizka Ardiana - Penyakit Sabtu, 03 Desember 2016 08:37:02

Related Post :
Ibu Hamil
Penyebab Kram Perut Pada…

Aryanto.id - Kram perut…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi…

Cara ampuh mengatasi gigi…

Daun
Ini Dia Khasiat Menakjubkan…

Mengenal daun legundi lengkap…

Alami
Obat Usus Turun Herbal…

Obat usus turun herbal…

Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy…

Informasi lengkap tentang sayuran…

Ibu Hamil
Bahayakah Cabut Gigi Saat…

Bahayakah cabut gigi saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ketahui Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan

Dalam bahasa medis penyakit gigi…

Penyakit
Pengobatan Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Setelah mengetahui pengobatan penyakit alzheimer,…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top