Khasiat Dan Manfaat Daun Kersen Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Manfaat daun kersen atau talok kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan para ahli. Karena selain buahnya yang terasa manis dan sangat menggigit di lidah, daunnya pun ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk menjadi pengobatan tradisional berbagai macam penyakit terutama untuk diabetes. Andapun dengan mudah dapat menemukannya karena pohon kersen umumnya banyak di temui di pinggir jalan atau di halaman rumah sebagai tanaman peneduh.


Di Indonesia, khususnya di pulau jawa tanaman pohon kersen tumbuh liar sehingga tidak memerlukan perawatan khusus untuk penanamannya. Tanaman ini pun tidak mengenal musim. Tanaman pohon kersen ini dapat berbuah sepanjang tahun bahkan kita dapat menjumpai buah kersen yang sudah masak hampir setiap hari. Pada beberapa daerah kersen sendiri sering kali di sebut dengan buah ceri, talok dan lainnya. Bahkan banyak dari masyarakat yang telah merasakan khasiat dari mengonsumsi buah kersen untuk mengatasi asam urat, diabetes serta berbagai macam penyakit lainnya. Namun, apakah anda juga telah mengetahui bahwa daun kersen juga sangat berkhasiat bagi kesehatan? Jika anda belum mengetahuinya, sebaiknya anda menyimak informasi selengkapnya disini.

Ciri-ciri dan kandungan daun kersen

Tanaman kersen (Muntingia Calabura. L) pada umumnya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 12 meter, namun di Indonesia sendiri pada umumnya pohon kersen hanya dapat tumbuh hanya dengan mencapai ketinggian 2-6 meter. Pertumbuhannya sangat cepat serta tidak memerlukan banyak air, karena tanaman ini memiliki akar yang berambut yang mampu menyimapan air sebanyak mungkin dan di gunakan pada saat musim kemarau tiba.


Tanaman kersen ini memiliki ranting yang berkarakter, berambut halus  dengan memiliki cabang-cabang ranting yang datar serta menggantung di ujungnya. Bentuk daun kersen sendiri adalah terletak mendatar, helaian daunnya tidak simetris, berseling dengan tepi yang bergerigi dan ujungnya yang runcing dan berwarna hijau muda. Berbunga kecil berwarna putih sedangkan buahnya berbentuk bulat kecil dan berwarna merah dengan rasanya manis memikat.

Terdapat banyak sekali kandungan daun kersem yang nyatanya sangat baik bagi kesehatan diantaranya seperti flavonoid (termasuk di dalamnya zat biflavan, flavan, flavanone dan falavone), vitamin C, alkaloid, tanin, saponin, protein, kalsium, zat besi, lemak tak jenuh ganda, karbohidrat, fosfor, zat antioksidan, antiinflamasi, antikanker dan tumor serta zat anti septik yang kuat dalam melindungi luka dan peradangan.

Khasiat dan manfaat daun kersen yang luar biasa bagi kesehatan tubuh

Meski manfaan daun kersen tidak sepopuler manfaat daun lainnya, seperti manfaat daun dadap atau pun manfaat daun sirih merah, namun nyatanya khasiat daun kersen pun tak kalah istimewanya dengan manfaat daun-daun tersebut. Lalu, apa manfaat daun kersen bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

1. Manfaat  daun kersen untuk diabetes

Sejak zaman dahulu, daun kersen telah di gunakan sebagai pengobatan untuk gula darah tinggi untuk diabetes. Bahkan banyak para ahli yang telah melakukan penelitian akan hal ini, seperti salah satunya yang di ungkapkan oleh Suharjono yang merupakan salah satu dosen di Fakultas kedokteran UNDIP, yang menyatakan 'Daun kersen mengandung saponin serta flavonoid yang memiliki peranan penting sebagai antioksidan sehingga mampu mengekresi hormon insulin yang di butuhkan oleh tubuh untuk kebutuhan metabolisme gula'.

2. Manfaat daun kersen untuk mencegah perkembangan tumor

Khasiat daun kersen yang luar biasa lainnya adalah mencegah penyakit serius seperti mencegah perkembangan tumor. Hal tersebut di karenakan dalam daun kersen terdapat kandungan seperti flavonoid, tannin serta saponin yang sangat efektif untuk mencegah perkembangan tumor.

3. Manfaat daun kersen untuk jantung

Manfaat lain daun kersen yaitu dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal tersebut di buktikan dengan sebuah hasil penelitian yang menunjukkan bahwasannya kandungan dalam daun kersen dapat bekerja secara aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

4. Manfaat daun kersen untuk hipertensi

Daun kersen juga dapat di gunakan sebagai obat antihipertensi alami. Caranya yaitu dengan memuat minuman dari serbuk daun kersen dan di minum 2x sehari.

5. Manfaat daun kersen sebagai Antiinflamasi

Kandungan daun kersen juga sangat berkhasiat untuk mengurangi gejala radang dan juga inflamasi. Bahkan dapat menyembuhkan luka borok yang telah membusuk akibat dari infeksi menahun.

6. Manfaaf daun kersen sebagai antiseptik alami

Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam daun kersen seperti flavonoid, tannin dan juga saponin dapat menjadi antiseptik alamiah yang dapat membunuh berbagai mikroba serta bakteri  yang merugikan bagi tubuh.

7. Manfaat daun kersen untuk Kolesterol

Manfaat daun kersen atau tarok lainnya adalah dapat mengatasi kolesterol tinggi yang mungkin kini tengah anda alami.

8. Manfaat daun kersen untuk asam urat

Selain buahnya, daunya pun dapat di manfaatkan untuk mengobati gejala asam urat. Hal ini buktikan oleh Gatot yang merupakan seorang kakek berusia 63 tahun yang sembuh dari penyakit asam urat yang telah hampir 5 tahun ia derita dengan menggunakan daun kersen ini (di lansir dari tribun news jateng).

Cara pengolahan daun kersen bagi kesehatan

Pada umumnya, pengolahan daun kersen untuk mengobati penyakit dapat di peroleh dengan meminum air rebusan daun kersen tanpa campuran bahan herbal lainnya. Caranya adalah dengan menerebus 10 helai daun kersen yang telah di bersihkan sebelumnya menggunakan air, dengan 2 gelas air dan tunggu hingga menjadi satu gelas. Konsumsi secara rutin 2-3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Anda pula bisa merasakan khasiat daun kersen ini dari seduhan serbuk daun kersen yang di olah sebelumnya dengan cara di keringkan. Sama seperti sebelumnya, anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali dalam sehari satu gelas setiap kalinya.

Perhatian!!

  • Waspadai efek samping daun kersen jika di konsumsi secara berlebihan. Efek samping dapat berupa alergi, sakit perut, mual, muntah, gangguan ginjal, hingga  liver hati.
  • Untuk mengurangi timbulnya efek samping, herndaknya terlebih dahulu pastikan daun kersen di cuci hingga bersih dan tidak di perkenankan untuk mengonsumsi ramuan daun kersen ini lebih dari 5 gelas.
  • Tidak di anjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi ramuan dari daun kersem terkecuali mengolahnya untuk obat luar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfaat daun kersen yang luar biasa bagi kesehatan pada kesempatan kali ini. Semoga kirannya informasi ini dapat bermanfaat dan khususnya menambah wawasan kita seputar dunia pengobatan herbal.  Selamat mencoba dan Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 03 Desember 2016 13:39:11

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk Diabetes Dan Kesehatan Lainnya

Khasiat dan manfaat daun insulin…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kedondong…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Eceng Gondok Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun eceng…

Tambah Pertanyaan
Top