Tips Cara Menangani Bisul Di Wajah

Share dan Tag Temanmu di :

Saat kulit terinfeksi yang dimulai dari kelenjar minyak atau folikel rambut, maka bisul biasanya akan muncul. Bisul pada wajah adalah infeksi yang cukup sering terjadi. Tidak hanya di wajah, gangguan kulit yang satu ini pun bisa menyerang ketiak, leher, bokong, dan bahu.


Awal kemunculan bisul pada wajah akan tampak dari perubahan warna kulit wajah menjadi kemerahan dan diikuti dengan benjolan kecil.  Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan tersebut berubah warna menjadi putih yang menandakan adanya penggumpalan nanah di balik kulit.

Infeksi yang berujung pada kemunculan bisul di wajah umumnya diakibatkan bakteri Staphylococcus aureus yang pada dasarnya tinggal di kulit manusia. Meski bisul umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tetapi pada kasus saat bakteri mampu menginfeksi jaringan kulit yang lebih dalam dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Berikut kami berikan tips mengenai cara menangani bisul di wajah:

1.Mengompresnya dengan air hangat. Cara paling mudah dan aman untuk mengatasi bisul pada wajah adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Panas yang ditimbulkan dapat meningkatkan peredaran darah di area kulit yang terinfeksi. Hal tersebut membuat sel darah putih banyak dikirim ke area tersebut untuk menghentikan infeksi pada kulit.

2.Membasuhnya menggunakan sabun antibakteri. Jika bisul pecah dan mengeluarkan nanah, cuci area yang mengeluarkan nanah dengan sabun antibakteri dan alkohol sampai bersih. Lalu tutup menggunakan kain kasa bersih dan harus diganti setiap beberapa jam sekali untuk mencegah infeksi menyebar. Tidak hanya itu, cuci tangan menggunakan air hangat dan sabun sampai bersih usai memegang area bisul. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran bisul ke area lain. Jika merasa sakit dan Anda tidak tahan dengan sakitnya, maka Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi paracetamol maupun ibuprofen untuk meredakan rasa sakit.

3.Pergi ke dokter. Jika Anda khawatir bisul pada wajah bisa menimbulkan infeksi lanjutan bahkan lebih parah, segera hubungi dokter kulit. Ahli medis akan meresepkan penggunaan antibiotik untuk mengobati infeksi parah. Dalam penanganan kasus bisul parah, dokter akan memecahkan bisul pada wajah serta mengambil sampel bakteri untuk menentukan spesies penyebab infeksi dengan spesifik serta menentukan antibiotik mana yang cocok.

Perlu Anda perhatikan, tidak peduli apakah akan dipecahkan oleh dokter atau dipecahkan sendiri, sebaiknya lakukan pergantian perban dengan rutin. Kombinasikan kompresan hangat serta jaga daerah yang mengalami infeksi agar proses penyembuhan bisa cepat. Jika perlu, oleskan salep antibiotik pada daerah luka.

By Rizka Ardiana - Tips Senin, 05 Desember 2016 08:02:36

Related Post :
Kesehatan
Jangan Coba! Ini Bahaya…

Sabu termasuk salah satu…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk…

Sulfadiazine tergolong ke dalam…

Penyakit
Dampak Setelah Operasi Ganglion…

Dampak setelah operasi ganglion…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Badan Lemas Setelah Olahraga?…

Selain minuman berenergi, ternyata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Ampuh Mengatasi Migrain Sebelah Kanan

Cara ampuh mengatasi migrain atau…

Tips
Tips Cara Mengajari Anak Agar Cepat Berbicara

Menurut penelitian anak-anak yang sering…

Tips
Cara Membedakan Gejala Usus Buntu dan Batu Ginjal

Meskipun memiliki gejala yang hampir…

Kirim Pertanyaan
Top