Suntikan Filler Solusi Bagian Wajah Keriput

Wajah Bebas Keriput dengan Suntikan Filler
Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak cara untuk membuat wajah tampak awet muda dengan bebas keriput. Selain operasi plastik dan botox, ada pula suntik filler. Dalam tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai jenis suntik filler, manfaat, dan risikonya. Filler wajah merupakan bahan yang digunakan untuk menyamarkan kerut halus maupun bekas lka pada wajah yang bertahan dalam jangka waktu tertentu.



Bahan ini diaplikasikan dengan disuntikkan langsung ke bagian wajah. Berikut jenis-jenis filler beserta karakteristiknya yang umum digunakan:


-Kolagen bovine. Kolagen yang berasal dari kulit sapi ini merupakan filler paling tua dan dianggap paling baik dari semua filler. Namun sebelum menggunakannya, pasien wajib menjalani tes alergi untuk memastikan kulitnya akan baik-baik saja. Kelebihan kolagen bovine adalah harganya terjangkau dengan hasil lebih efektif. Untuk hasil yang memuaskan, kolagen ini disuntikkan 2 sampai 4 kali dalam setahun. Selain menggunakan kolagen dari kulit sapi, ada pula yang mengembangkan kolagen dari sel-sel manusia. Tidak diperlukan tes alergi karena kolagen dari sel manusia lebih aman dan tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Karena relatif lebih aman, kolagen manusia dibanderol dengan harga yang lebih mahal.


-Asam hialuronat. Zat ini tersedia dalam bentuk sintetik dan bentuk alami. Karakteristik asam hialuronat diantaranya adalah dapat digunakan pada area terbatas seperti untuk mengisi bibir, sudut kanan dan kiri mulut, serta mengisi cekungan pada daerah bawah mata. Berbeda dengan kolagen bovine, orang yang menggunakan asam hialuronat untuk bahan filler jarang mengalami reaksi alergi. Jika hasil tidak sesuai dengan harapan, maka bahan yang berbentuk gel dengan komposisi sedikit tebal ini bisa dinetralkan dengan suntikan enzim hialuronidase. Hasilnya terbilang lebih lama dan tidak bisa dilihat secara langsung. Namun bisa bertahan lebih lama yakni 9 sampai 12 bulan.


-Lemak autologus. Lemak ini didapat dari dalam tubuh seperti pada perut, paha, maupun bongkok lalu disuntikkan ke bawah permukaan kulit wajah. Karena dari kulit sendiri, umumnya tidak ada reaksi alergi. Pada beberapa orang, hasilnya bisa permanen, tapi bisa juga hanya bertahan hanya sampai 12 bulan.


-Hidroksiapatit kalsium. Terbuat dari mineral yang memperkuat tulang, hidroksiapatit kalsium dibutuhkan untuk mengisi area yang membutuhkan suntikan dengan volume banyak seperti dagu dan pipi. Mineral ini ditanam dalam partikel kecil lalu dilarutkan dalam cairan. Cairan tersebut yang selanjutnya disuntikkan pada area wajah yang diinginkan. Tertarik untuk mencoba salah satu diantaranya? untuk efek samping silahkan kirim pertanyaan pada from yang telah disedikan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Rabu, 27 April 2016 12:59:57

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi Hyperlipidaemia

Fenofibrate obat untuk mengatasi konsentrasi…

Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang akrab…

Obat Kimia
Risperidone Obat Antipsikotik Untuk Menangani Skizofrenia

Risperidone obat antipsikotik untuk menangani…

Tambah Pertanyaan
Top