Cara Tepat Melakukan Tes HIV/AIDS

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Melakukan Tes HIV/AIDS

HIV merupakan salah satu virus yang sangat mematikan. Bahkan berberapa ahli virus belum menemukan obat untuk virus. Virus ini nantinya bisa membuat seseorang terkena penyakit yang biasa disebut dengan AIDS.  Upaya yang harus kita lakukan adalah melakukan tes terlebih dahulu. Jangan-jangan ditubuh kitu sudah terjangkit HIV/AIDS.


HIV/AIDS dapat diktetahui melalui sebuah pengujian yang tujuannya melihat apakah ada infeksi HIV. Salah satu tes yang paling biasa dilakukan untuk tes HIV yakni dengan tes darah. Darah kita akan diambil samplenya lalu dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Tes tersebut memiliki fungsi untuk menentukan apakah antibodi kita terhadap HIV yang ada di dalam darah kita. Namun tes darah ini baru dapat diambil hasilnya apabila sudah dilaksanakan setidaknya satu bulan setelah terinfeksi HIV. Hal ini dikarenakan antibody terhadap HIV tidak langsung terbentuk sesudah ada terkena infeksi awal. Antibodi terhadap HIV membutuhkan waktu. Sedikitnya kira-kira dua minggu sampai enam bulan. Baru setelah itu HIV muncul dalam darah kita.

Rentan waktu antara infeksi HIV serta terbentuknya antibodi harus memiliki waktu yang cukup. Supaya dapat memperlihatkan hasil tesnya positif atau tidak. Rentan waktu yang dimaksudkan tersebut adalah masa jendela. Pada masa jendela, seseorang yang diduga terinfeksi oleh HIV sudah dapat menularkan virusnya.

Tes point of care merupakan salah satu cara lain untuk mendiagnosa HIV. Tes ini dilakukan selain tes darah. Biasanya tes ini menggunakan air liur sebagai sampelnya. Atau sampel satu tetes darah dari jari, lalu hasilnya akan dikeluarkan hanya alam waktu beberapa menit. Namun perlu diingat bahwa perlu dilakukan beberapa kali tes sebelum seseorang didiagnosa secara pasti. Penyebabnya karena masa jendela pada kasus HIV cukup lama. Sehingga hasil tes yang pertama dilakukan belum memberikan keterangan yang dapat dipercaya.

Jika Anda memiliki risiko terinfeksi HIV memang dilakukan tes beberapa kali. Apabila diputuskan hasilnya positif HIV. Ada beberapa tes lagi yang harus dilaksanakan. Tujuannya untuk memperhatikan perkembangan pada infeksinya. Sesudah itu, baru dapat diketahui waktu untuk melakukan pengobatan terhadap HIV.

Bagi Anda yang ingin melakukan tes HIV/AIDS dalam melakukan tes darah di beberapa tempat. Beberapa puskesmas memang sudah menyediakan fasilitas untuk tes HIV. Namun selain fasilitas di tempat pemerintah ada juga beberapa fasilitas yang disediakan swasta atau organisasi dan yayasan. Misalnya di  organisasi ODHA Indonesia, Komunitas AIDS Indonesia, Himpunan Abiasa, Yayasan Orbit, Yayasan Spiritia atau Yayasan AIDS Indonesia.

By Ana Rediana - Tips Senin, 05 Desember 2016 15:41:04

Related Post :
Penyakit
Ketahui Penyebab Kemandulan Pada…

Kemandulan (infertilitas) adalah sesuatu…

Tips
Tips Perawatan Wajah di…

Selain bisa menambah rasa…

Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Penyakit
Pilihan Jenis Terapi yang…

Ada banyak jenis terapi…

Alami
Kecap dan Jeruk Nipis…

Campuran kecap dan jeruk…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila…

Meskipun bagi sebagian orang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan Di Kaki

Tips cara mengatasi kapalan dikaki…

Tips
Cara Mencegah dan Mengobati Komedo Di Kulit Wajah

Komedo merupakan salah satu masalah…

Tips
Cara Mudah dan Murah Memutihkan Wajah Pria Secara Alami

Siapapun tentu ingin memiliki wajah…

Kirim Pertanyaan
Top