Waspadai Penyakit Alzheimer Jika Mulai Sering Lupa

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit Alzheimer merupakan demensia yang paling umum dengan ditandai dengan melemahnya daya ingat sampai terjadinya gangguan otak dalam melakukan penalaran, perencanaan, berbahasa, dan persepsi. Penderita Alzheimer mempunyai gejala yang berkembang dengan perlahan seiring dengan berjalannya waktu.


Misal diawali dengan lupa mengenai isi percakapan yang baru diperbincangkan ataupun lupa dengan nama tempat dan objek. Selanjutnya bisa berkembang menjadi perubahan perilaku dan menjadi disorientasi. Perubahan perilaku diantaranya adalah menjadi penuntut, agresif, serta mudah curiga terhadap orang lain.

Penyakit Alzheimer yang sudah parah bahkan penderitanya bisa mengalami halusinasi, tidak mampu melakukan aktivitas tanpa bantuan orang lain, dan mempunyai masalah dalam berbahasa dan berbicara. Meski penyebab pastinya belum diketahui, ahli percaya bahwa penyakit ini biasanya terjadi karena meningkatkan produksi protein dan penumpukan protein beta-amyloid dalam otak yang menyebabkan sel saraf mengalami kematian.

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena Alzheimer. Diantaranya adalah cedera parah pada kepala, pertambahan usia, gaya hidup, dan riwayat kesehatan keluarga, serta genetika. Orang yang mengalami penyakit Alzheimer biasanya berusia di atas 65 tahun dan 16 persen diidap oleh orang-orang yang usianya ada di atas 80 tahun.

Meski demikian, penyakit yang lebih banyak menjangkiti kaum perempuan dibanding laki-laki ini pun bisa dialami orang yang berusia di bawah 65 tahun. Sekitar 5 persen penderita Alzheimer ada pada kisaran usia 40 sampai 65 tahun.

Penderita Alzheimer biasanya hidup sekitar 8 sampai 10 tahun setelah gejala muncul. Tetapi ada pula yang bisa bertahan hidup lebih lama. Meski penyakit ini belum ada obatnya, ragam pengobatan yang ada bertujuan untuk meredakan gejala serta memperlambat perkembangan kondisinya. Oleh karena itu, sebaiknya segera temui dokter ketika daya ingat Anda mengalami perubahan ataupun Anda khawatir mengalami demensia.

Jika penyakit ini bisa terdiagnosis sejak dini, Anda akan mempunyai waktu lebih banyak untuk melakukan persiapan dan perencanaan untuk masa depan. Yang terpenting, Anda akan mendapatkan penanganan lebih cepat yang bisa membantu.

Untuk mendiagnosisnya memang belum ada tes khusus untuk membuktikan bahwa seseorang mengalami Alzheimer. Biasanya dokter akan bertanya tentang masalah serta gejala yang dialami. Tes medis mungkin dilakukan untuk memastikan kondisi yang dialami pasien bukan disebabkan karena penyakit lain.

Selain mengonsumsi obat-obatan, penderita penyakit Alzheimer pun bisa ditangani dengan psikologis lewat stimulasi kognitif untuk memperbaiki ingatan penderita, memulihkan kemampuan dalam berbicara atau dalam memecahkan masalah, dan membuat hidupnya tetap mandiri.

By Sri Maryati - Penyakit Selasa, 06 Desember 2016 10:07:19

Related Post :
Penyakit
Metode Terapi Parkinson Secara…

Metode terapi parkinson secara…

Kulit
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Begini cara alami mengatasi…

Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal…

Meskipun terbuat dari bahan…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari…

Penderita asam urat harus…

Kesehatan
Cara Julia Perez Sembuh…

Cara julia perez sembuh…

Manfaat
Manfaat Gula Merah Bagi…

Tidak hanya manis, gula…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista Ginjal

Penyebab dan gejala kista ginjal…

Penyakit
Ini Bahaya Dari Komplikasi Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai!

Ini bahaya dari komplikasi hipertiroid…

Penyakit
Mengenal Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab dan gejala pembengkakan kelenjar…

Kirim Pertanyaan
Top