Feses Berwarna Hijau Ternyata Normal

Share dan Tag Temanmu di :

Feses Berwarna Hijau Ternyata Normal

Warna feses atau tinja yang berubah bisa jadi mengejutkan Anda. Misalnya menjadi berwarna hijau. Tenang! Feses berwarna hijau ternyata masih normal. Biasanya feses yang berwarna hijau dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi sayuran berwarna hijau.


Proses sisa makanan yang dikonsumsi untuk menjadi feses diperlukan waktu sekitar tiga hari. Saat seseorang diare, maka proses pencernaan menjadi semakin pendek. Sehingga tidak akan cukup waktu pada usus untuk menghasilkan warna kecoklatan sehingga feses akhirnya berwarna hijau. 

Tidak hanya itu, feses yang berwarna hijau pun kemungkinan diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi sayuran hijau atau suplemen zat besi. Meski demikian, suplemen tersebut juga bisa menyebabkan feses berwarna hitam.

Perubahan warna feses biasanya terjadi pada perempuan hamil, terlebih pada mereka yang mengonsumsi suplemen zat besi atau suplemen lain. Tidak hanya itu, perempuan hamil juga sering mengalami susah buang air besar atau wasir sehingga memicu timbulnya darah pada fesesnya. Biasanya setelah diare terhenti atau Anda mengurangi asupan sayur berwarna hijau, warna feses akan kembali normal dalam beberapa hari.

Tetapu, untuk diare yang terjadi lebih dari dua sampai tiga hari bisa berisiko menyebabkan dehidrasi sehingga perlu pemeriksaan dari dokter. Tidak hanya itu, jika perubahan feses berwarna hijau terjadi berlarut-larut ataupun disertai dengan gejala lain seperti demam, muntah, dan sakit perut, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Warna feses berwarna hijau atau sedikit kemerahan dianggap masih normal. Namun ketika feses berwarna hitam atau merah, Anda perlu waspada karena bisa jadi telah terjadi pendarahan pada organ bagian dalam serta perlu dilakukan tindakan dan pengobatan. Umumnya feses yang berwarna hitam berbau busuk dan lebih lengket dibandingkan dengan feses normal. 

Perubahan warna feses tidak bisa menjadi satu-satunya gejala yang dipakai dokter untuk mendiagnosis pasien. Biasanya dokter melakukan berbagai pemeriksaan fisik dan memperhatikan riwayat kesehatan, perubahan pola makan, dan obat-obatan yang dikonsumsi. Selanjutnya, feses diperiksa untuk melihat apakah ada lemak, darah, atau infeksi di dalamnya. Jika perubahan warna feses dianggap berisiko, dokter bisa memeriksa beberapa organ penting seperti hati, sistem pencernaan, dan pankreas. 

Agar kesehatan sistem pencernaan tetap lancar dan feses tetap normal, diperlukan pola makan kaya serat, berolahraga teratur, serta asupan air yang cukup. Anda bisa mengonsumsi sereal maupun roti yang mempunyai kandungan gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah sayur segar. Asupan air cukup dapat memperlancar proses keluarnya feses dengan teratur. Olahraga pun bisa meningkatkan proses metabolisme serta pencernaan pada tubuh.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 06 Desember 2016 15:30:27

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Mengobati Telinga Bernanah…

Berikut adalah cara mengobati…

Obat Cina
Manfaat Mailibahenling Sebagai Obat…

Berikut adalah manfaat meilibehenling…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Kesehatan
Fakta Seputar Manfaat Dan…

Fakta seputar manfaat dan…

Kulit
Penyebab dan Cara Penanganan…

Keratosis pilaris merupakan penyakit…

Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan…

Terapi pengobatan dan penyembuhan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Informasi tentang batuk berdahak, penyebab,…

Kesehatan
Kesehatan
Buah Dan Sayur Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Tipes

Informasi tentang buah dan sayur…

Kirim Pertanyaan
Top