Khasiat Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Share dan Tag Temanmu di :

Siapa yang tak kenal dengan daun kenikir. Manfaat daun kenikir sendiri umumnya sering kali di olah sebagai lalapan dan sayuran yang lezat untuk di konsumsi. Namun, banyak sekali orang yang tak mengetahui bahwasannya manfaat mengonsumsi daun kenikir sendiri dapat membantu mereka dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan tertentu. Karena didalamnya banyak sekali zat serta kandungan senyawa aktif yang sangat berguna untuk kesehatan.


Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah seperti tokoferol, polifenol, hidtoksieugenol, flavonoid, saponin, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin,  serta koniferil alkohol. Dari berbagai kandungan tersebutlah terkandung banyak sekali khasiat dan manfaat daun kenikir bagi kesehatan dan pengobatan. Apa manfaat dari daun kenikir? Jika anda ingin mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Manfaat daun kenikir bagi kesehatan

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Vitamin A dan vitamin E yang terkandung dalam daun kenikir dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bahkan daun kenikir jiga memiliki senyawa protein yang dapat membantu pembentukan fagosit untuk sistem imun tubuh. Selain dari pada itu, vitamin C yang terdapat di dalamnya pun mempu meningkatkan metabolisme tubuh, sama halnya seperti yang terdapat di dalam manfaat lemon.

Menguatkan tulang

Khasiat daun kenikir lainnya bagi kesehatan adalah dalam memperkuat tulang. Hal tersebut di karenakan daun kenikir juga memiliki kandungan mineral, kalsium, dan magnesium yang tinggi yang mana kesemua kandungan tersebut dapat membantu proses pertumbuhan tulang. Untuk mendapatkan khasiatnya anda bisa mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk lalapan, atau anda juga bisa mengonsumsi air rebusan daun kenikir yang dapat di kombinasikan dengan manfaat madu.

Menghilangkan bau mulut

Kandungan koniferil alkohol yang di miliki yang di miliki daun kenikit berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa makanan, yang bakteri tersebut juga sekaligus penyebab bau mulut. Senyawa tersebut dapat membersihkan mulut dan lidah dari bakteri tersebut. Untuk menghilangkan bau mulut dengan daun kenikit anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk mentah setelah sebelumnya di cuci bersih. Kemudian kunyah selama 20-30 detik , lalu berkumur. Adapun cara lainnya adalah dengan mengonsumsinya setelah di rebus dengan menggunakan air garam, setidaknya 2 kali seharui.

Menambah nafsu makan

Bagi anak yang sedang kurang napsu makan, anda dapat mengembalikannya dengan menggunakan daun kenikir. Hal tersebut di karenakan daun kenikir memiliki kandungan kuersetin yang dapat meningkatkan napsu makan terlebih pada anak-anak. Caranya cukup dengan mengonsumsinya sebagai lalapan yang di konsumsi 3 kali dalam seminggu.

Manfaat daun kenikir untuk pengobatan

Ada banyak sekali khasiat dan manfaat daun kenikir sebagai metode pengobatan tradisional untuk berbagai jenis penyakit diantaranya adalah sebagai berikut.

Obat maag dan lemah jantung

Berbagai kandungan yang terdapat dalam daun kenikir sangat berkhasiat untuk mengobati maag dan maslah lambung lainnya. Beberapa kndungan yang di maksud adalah tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol. Zat-zat tersebut mampu menguatkan otot sphingter lambung, yang mana bertugas untuk menerima makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengolahnya sebagai obat alami maag kronis dan masalah lambing lainnya, cukup hanya dengan mengonsumsi sebagai lalaban yang mana sebelumnya te;ah di rebus terlebih dahulu menggunakan sedikit garam.

Mengobati lemah jantung

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya manfaat antioksidan dan flavonoid adalah untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sedangkan pada area jantung, kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dengan cara mmemperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Begitu pula jika anda kini tengah mengalami masalah lemah jantung, anda dapat mengobatinya secara alami dengan daun kenikir. Caranya cukup dengan merebus daun ini dengan menggunakan 250 ml air, kemudian mengonsumsi air rebusannya 2 kali sehari dan manfaat air rebusan daun kenikir untuk keluhan yang anda derita.

Mengobati gondongan

Kandungan senyawa polifenol dan tokoferol dapat bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat gondongan. Untuk cara pembuatannya pun cukup mudah. Terlebih dahulu siapkan daun kenikir yang telah telah di bersihkan. Kemudian tumbuk hingga halus kemudian tambahkan cuka dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada daerah gondongan secara teratur 3 kali dalam sehari.

Mengobati payudara yang bengkak

Daun kenikir juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada payudara akibat secara terus menerus mengelurkan ASI. Hal tersebut di karenakan senyawa terpenoid dan antiinflamasi yang dimilikinya, sehingga dapat meredakan pembengkakan yang terjadi. Caranya cukup dengan menyiapkan beberapa helai daun kenikir yang telah di bersihkan. Kemudian siapkan pula kompor dengan api kecil, kemudian bakar dan kenikir hingga layu. Setelah itu usapkan pada payudara selagi hangat. Lakukan cara tersebut secara rutin 3 kali sehari.

Obat cuci darah alami

Kandungan manfaat vitamin E, antioksidan serta flavvonoid yang terkandung dalam daun kenikir dapat menetralkan racun yang terbawa dalam darah. Sehingga jika di konsumsi secara teratur maka dapat membersihkan darah dari berbagai jenis racun yang tidak secara sengaja masuk kedalam tubuh.

Obat kanker alami

Daun kenikir memiliki zat anti kanker seperti saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker. Terlebih manfaat daun kenikir untuk kanker payudara, kanker serviks, kanker hati, kanker lambung dan jenis kanker lainnya. Untuk menanggulangi penyakit mematikan ini dengan daun kenikir, anda bisa mengonsumsi rebusandaun kenikir sesering mungkin, yang di dampingi pula dengan banyak mengonsumsi air putih yang berfungsi sebagai pelarut yang mudah terbawa oleh darah.

Selain dari pada yang telah kami informasikan sebelumnya, manfaat dari daun kenikir lainnya pun tak kalah istimewa seperti untuk kecantikan dan kesehatan ibu hamil.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat manfaat daun kenikir bagi kesehatan dan pengobatan. Semoga anda dapat memetik manfaat dari apa yang telah kami sampaikan.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 06 Desember 2016 15:44:50

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Tips
Ingin Terhindar Dari Penyakit…

Ingin terhindar dari penyakit…

Kesehatan
Penyebab Kapalan Di Telapak…

Kapalan atau yang disebut…

Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik…

Berbagai penyebab demam pada…

Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini…

Narkoba memang diketahui dapat…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila…

Meskipun bagi sebagian orang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Tempuyung Untuk Batu Ginjal

Khasiat dan manfaat daun tempuyung…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas Dan Buahnya Bagi Kesehatan Tubuh

Informasi lengkap seputar khasiat manfaat…

Daun
Ini Dia Manfaat Dari Daun Kencur Untuk Kesehatan

Beragam manfaat dan khasiat daun…

Kirim Pertanyaan
Top