Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan

Share dan Tag Temanmu di :

Mie instan merupakan salah satu makanan siap saji yang disukai banyak orang. Memang makanan siap saji yang satu ini sangat enak dan lezat. Tapi jangan terlalu banyak atau terlalu sering makan mie instan, karena bahaya bagi kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang, telah mengetahui bahaya jika terlalu sering makan mie instan. Namun mereka masih mengkonsumsinya, dikarenakan mie instan dapat mengenyangkan, harganya murah dan cara penyajiannya juga sangat cepat.


Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan

Kerusakan hati

Salah satu bahaya jika terlalu sering makan mie instan adalah bisa menyebabkan kerusakan hati. Hal ini dikarenakan makanan siap saji yang satu ini memiliki zat berbahaya yaitu proplene glycol. Bila zat berbahaya ini dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan hati dan mengganggu kerja organ hati.

Penyakit Ginjal

Selain menyebabkan kerusakan hati, bahaya terlalu sering makan mie instan adalah dapat menyebabkan kerusakan ginjal serta mengganggu kerja ginjal. Karena mie instan mengandung zat proplene glycol yang merupakan zat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal salah satunya gagal ginjal.

Diabetes

Dampak buruk mengkonsumsi mie instan terlalu sering atau setiap hari bisa menyebabkan diabetes. Karena mie instan memiliki rasa yang lezat, gurih serta mengandung banyak kandungan gula. Sehingga secara tidak langsung kandungan tersebut diserap dengan baik oleh tubuh kita.

Meningkatkan kadar kolesterol

Mie instan adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Sehingga tidak hanya makanan yang laut dan makanan yang bersantan saja yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan mie instan mengandung kandungan garam yang tinggi. Bagi anda yang sering mengalami kolesterol tinggi sebaiknya batasi makan mie instan.

Menurunkan metabolisme

Terlalu sering makan mie instan dapat menyebabkan menurunkan metabolisme. Karena mie instan memiliki zat kimia yang berbahaya yang bisa menurunkan metabolisme.

Mengganggu pencernaan

Terlalu sering makan mie instan juga dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh kita, sehingga membuat pencernaan menjadi terganggu. Selain itu, bisa menyebabkan lambung dan usus bocor. Bahkan bila terlalu sering makan mie instan mudah mengalami sembelit.

Memicu sakit kepala

Mie instan memiliki kandungan kadar MSG yang banyak yang tisak baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Mengkonsumsi MSG secara terus menerus dalam jangka waktu panjang dapat memberi efek ringan sampai serius termasuk sakit kepala.

Meningkatkan resiko asma


Zat pewarna buatan yang terdapat dalam mie instan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Zat ini memberikan efek samping negatif yaitu dapat meningkatkan resiko asma.

Bahaya terlalu sering makan instan bagi kesehatan tubuh lainnya adalah memicu terkena kencing manis, mengganggu hormon bagi wanita, memicu tekanan darah tinggi, menghambat penyerapan nutrisi, menyebabkan obesitas dan gangguan usus.

Cara mengurangi efek negatif dari mie instan adalah jangan makan mie instan bersamaan dengan nasi, kurangi penggunaan bumbu, rebus mie instan sampai matang dan tambahkan sayuran yang kaya akan serat ketika anda memasak mie instan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 07 Desember 2016 10:06:53

Related Post :
Tips
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Ibu Hamil
Pengaruh Demam saat Hamil…

Jangan sepelekan demam saat…

Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema…

Mengenal gejala emfisema sejak…

Kesehatan
Mengenali Gejala Kanker Tiroid…

Kenali sejak dini gejala…

Ibu Dan Anak
Anak Mudah Terserang Batuk…

Informasi tentang penyebab anak…

Kesehatan
Kesalahan Yang Sering Dilakukan…

Ada beberapa faktor yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Meskipun vitamin C memilki banyak…

Kesehatan
Terbukti! Minum Kopi Bikin Penderita Diabetes Panjang Umur

Selain menghilangkan kantuk, ternyata rutin…

Kesehatan
Berbagai Efek Samping Kemoterapi Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai efek samping…

Kirim Pertanyaan
Top