Bagaimana Cara Mendiagnosis Kanker Paru-Paru?

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mendiagnosis kanker paru-paru.

Ketika anda merasakan gejala-gejala yang umumnya dirasakan para pasien kanker paru-paru, yaitu sesak nafas dan nyeri pada bagian dada, batuk berkepanjangan sampai berubah menjadi batuk darah, merasa sering sekali mudah lelah padahal tidak melalukan aktivitas fisik yang berat, sakit kepala, selera makan menurun drastis maka anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter. Hal ini penting mengingat jika memang gejala tersebut menunjukan adanya kanker pada paru-paru, maka harus ditangani sesegera mungkin. Semakin cepat ditangani, resiko sembuh akan semakin besar.


Beberapa tes yang bisa dilakukan untuk memastikan diagnosis kanker paru-paru adalah :

· Tes pencitraan

Langkah pertama yang biasanya dilakukan dalam pemeriksaan kanker paru-paru adalah dengan menggunakan X-ray. Dengan pemeriksaan X-ray ini jika ada kanker dalam paru-paru dapat diketahui dengan mudah. Lokasi kanker serta ukurannya juga dapat diketahui dengan jelas. Jika diperlukan, tes lanjutan bisa dilakukan untuk lebih meyakinkan hasil diagnosis. Yaitu dengan CT scan. CT scan bisa memperlihatkan abnormal kecil yang tidak bisa terlihat oleh X-ray. Dengan pemeriksaan CT scan, pencitraan akan lebih jelas dan detail. Sehingga hasil diagnosispun bisa lebih akurat. PET CT scan bisa memperlihatkan lokasi sel kanker yang aktif.

· Pemeriksaan dahak

Atau disebut juga dengan istilah pemeriksaan biopsi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sample dahak pasien untuk kemudian diteliti oleh ahli medis. Metode ini terbilang merupakan metode sederhana yang bisa menentukan apakah terdapat sel-sel kanker pada dahak atau tidak.

· Pengambilan sample jaringan paru-paru

Umumnya prosedur ini dilakukan setelah tes pencitraan selesai dilaksanakan dan memperlihatkan bahwa terdapat sel kanker pada bagian dada. Selanjutnya dokter akan mengambil sample sel jaringan dari dalam paru-paru.

Sama halnya dengan jenis kanker yang lain, kanker paru-paru juga terdiri dari beberapa stadium. Yaitu :

· Stadium 1
Pada tahap awal ini kanker masih berada dalam paru-paru dan belum menyebar ke kelenjar getah bening. Besarnya baru di bawah 5 cm.

· Stadium 2
Pada stadium ini tumor yang berukuran apa saja sudah mulai menyebar ke bagian-bagian lain seperti misalnya ke kelenjar getah bening, rongga dada, diafragma atau lapisan yang membungkus paru-paru. Selain itu, pada tahap ini juga tumor juga akan membesar melebihi ukuran 5 cm.

· Stadium 3
Pada tahap ini sel-sel kanker sudah menyebar sangat jauh dari paru-paru, dan juga memiliki ukuran yang sudah sangat besar.

· Stadium 4
Kanker sudah menyebar jauh ke luar paru-paru dan sampai ke organ tubuh yang lain, bisa saja sudah muncul di sekitar daerah jantung.

Maka dari pada itu, jika kondisi kesehatan memburuk tanpa sebab yang jelas harap segera periksakan diri anda ke dokter. Karena bisa jadi kondisi tersebut adalah gejala awal dari masalah kesehatan yang cukup serius seperti kanker paru-paru. Sehingga penanganan lebih awal dapat di lakukan untuk mencegah keparahan penyakit semakin serius.

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 08 Desember 2016 07:48:57

Related Post :
Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Kesehatan
10 Cara Untuk Menjaga…

Berbagai cara untuk menjaga…

Penyakit
Waspadai Ini Ciri-ciri Tipes…

Waspadai ini ciri-ciri tipes…

Tips
Tips Perawatan Wajah di…

Selain bisa menambah rasa…

Kulit
Begini Cara Mengatasi Kulit…

Begini cara mengatasi kulit…

Kesehatan
Faktor Penyebab Makanan Terkontaminasi

Faktor penyebab makanan terkontaminasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ini 5 Penyebab Alergi Pada Kulit Selain Makanan

Ini penyebab alergi pada kulit…

Penyakit
Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma serta Penyebab dan Gejalanya

Infeksi bakteri Ureaplasma bisa terjadi…

Penyakit
Ketahui Tanda Dan Ciri-Ciri Kista Ganglion Secara Klinis

Tanda gejala dan ciri-ciri kista…

Kirim Pertanyaan
Top