Infeksi Saluran Pernafasan dan Berbagai Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Respiratory tract infections atau infeksi saluran pernafasan merupakan infeksi yang menyerang bagian saluran pernafasan manusia. Kondisi tersebut umumnya disebabkan karena bakteri atau virus. Terdapat dua jenis infeksi dalam saluran pernafasan manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut.


Yang pertama, infeksi saluran pernafasan atas yang meliputi sinus, rongga hidung, faring, dan laring. Infeksti tersebut bisa berakibat pada radang sinus, penyakit pilek, radang amandel atau tonsilitis, influenza, dan radang pita suara atau laryngitis.

Yang kedua adalah infeksi saluran pernafasan bawah yang meliputi trakea, bronkiolus, bronkus, serta paru-paru. Infeksi tersebut bisa berakibat pada penyakit seperti radang tabung bronkus atau bronchitis, influenza, bronkiolitis, pneumonia, dan tuberculosis. Kasus infeksi saluran pernafasan paling umum ditemui pada penderita anak-anak maupun orang dewasa adalah pilek. Infeksi saluran pernafasan bisa menyebar lewat kontak langsung maupun tidak langsung. Sehingga sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala, penyebab, serta bagaimana cara menangani penyakit ini.
 
Infeksi saluran pernafasan bisa disebabkan bakteri, virus, maupun organisme lain. Infeksi bakteri sekunder pun bisa terjadi pada penderita infeksi saluran pernafasan bawah maupun atas. Infeksi saluran pernafasan bisa menyebar lewat sentuhan maupun udara. Anda bisa tertular infeksi saat menghirup udara yang mengandung percikan air dari penderita yang batuk ataupun bersin.

Infeksi pun bisa menular jika Anda menyentuh mata atau hidung lalu menyentuh permukaan benda yang mana orang lain pun kemudian menyentuh benda tersebut. Berikut kami jelaskan jenis-jenis infeksi saluran pernafasan beserta virus yang menjadi penyebabnya.

  1. Infeksi saluran pernafasan atas umumnya disebabkan rhinovirus dan coronavirus. Virus lain yang berperan pada infeksi saluran pernafasan atas adalah myxovirus, adenovirus, coxsackieviruses, dan paramyxovirus.
  2. Infeksi saluran pernafasan bawah bisa disebabkan virus dan bakteri. Virus yang menjadi penyebab infeksi saluran pernafasan adalah human metapneumovirus, virus influenza A, varicella-zoster virus, dan respiratory syncytial virus. Virus-virus tersebut adalah penyebab kasus rawat inap paling banyak pada anak-anak.

Tidak hanya virus, bakteri juga bisa menjadi penyebab infeksi pada saluran pernafasan. Berbagai bakteri tersebut diantaranya adalah streptococcus pneumonia, H influenza, staphylococcus aureus, klebsiella pneumonia, jenis enterobacteria seperti E coli, dan berbagai macam bakteri anaerob.

Infeksi bakteri streptococcus pneumonia merupakan bakteri penyumbang sebagian besar kasus pneumonia pada orang yang menderita infeksi saluran pernafasan. Bakteri mycobacterium tuberculosis pun bisa menginfeksi saluran nafas bawah serta menyebabkan penyakit TBC.

Organisme yang tidak mempunyai klasifikasi pun bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan yakni legionella pneumophila, mycoplasma pneumonia, chlamydophila pneumonia, serta coxiella burnetii.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 08 Desember 2016 09:58:43

Related Post :
Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan…

Terapi penanganan sinusitis ringan…

Alami
Obat Insomnia Alami Paling…

Obat insomnia alami dari…

Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar…

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak…

Informasi tentang batuk berdahak,…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Diare merupakan suatu kondisi…

Penyakit
Pengobatan Ganglion Di Pergelangan…

Berikut adalah prosedur pengobatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal bisa terjadi saat…

Penyakit
Penyakit
Ciri-ciri Orang Yang Terkena Penyakit Batu Empedu

Batu empedu bisa terjadi pada…

Kirim Pertanyaan
Top