Khasiat Dan Manfaat Daun Jawer Kotok Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jawer kotok mungkin tak asing lagi untuk di dengar. Banyak sekali manfaat maupun khasiat yang bisa kita ambil dari tanaman yang memiliki nama ilmiah coleus atropurrieus ini. Terlebih tanaman hias semak ini sangat mudah kita jumpai di pekarangan, karena tanaman ini umumnya tergolong liar.


Tanaman jawer kotok juga sering kali di jadikan sebagai tanaman hias penambah estetika di pekarangan rumah. Hal tersebut di latar belakangi karena Karena warna daunnya yang cukup menarik yaitu ungu kehitaman, dengan bentuk daun yang menyerupai bentuk hati dengan bagian sisi daun yang bergerigi. Tanaman ini pun bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter dengan batang yang mudah patah.

Untuk membudidayakan tanaman yang satu ini pun sejatinya tidak perlu memerlukan usaha lebih. Pasalnya jawer kotok dapat di budi dayakan di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi dengan cara di potong dan di stek pada batangnya, maka tanaman ini pun akan tumbuh dan berkembang tanpa perlu memberikan perawatan khusus.

Meski begitu, tanaman jawer kotok pun sering kali di manfaatkan sebagai tanaman obat herbal karena bagian daunnya yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Daun jawer kotok sendiri sering kali di gunakan sebagai anti-radang atau antiinflamasi. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang di lakukan secara farmakologi ekperimental. Dan dari hasil penelitian tersebut menyatakan bahwasannya kandungan flavonoid yang di jumpai dalam daun jawer kotok ini memiliki peranan penting sebagai anti-inflamasi, antiseptik, antibiotik, anti-hipertensi da juga anti-kanker. Selain dari pada itu, masih terdapat kandungan daun jawer kotok lainnya seperti kandungan mineral, zat pati, zat alkaloid dan minyak terbang.

Dan dari pernyataan tersebutlah banyak para ahli yang menyatakan bahwasannya manfaat daun jawer kotok sangatlah melimpah. Beberapa diantaranya akan kami paparkan secara lengkap pada kesempatan kali ini untuk anda.

Khasiat dan manfaat daun jawer kotok untuk kesehatan dan wanita


Beberapa khasiat jawer kotok dan cara pengolahannya yang bisa anda simak sekaligus anda praktekan untuk mengatasi penyakit yang anda derita.

1. Daun jawer kotok untuk keputihan

Keputihan yang di alami wanita sering kali menyebabkan ketidaknyamanan berupa gatal atau becek diarea miss v. Namun, kini anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan manfaat daun jawer kotok untuk keputihan berikut ini.

Cara pengolahan: Siapkan terlebih dahulu 2/3 genggam daun jawer kotok yang teklah di cuci bersih. Kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah air rebusannya tersisa menjadi 3/4 gelas, angkat dan konsumsi apabila sudah dingin. Anda juga dapat menambahkan madu ke dalamnya. Konsumsi ramuan ini secara tertur 3 kali dalam sehari hingga keputihan mereda.

2. Daun Jawer kotok untuk wasir atau ambeien

Anda juga dapat meramu daun jawer kotok untuk mengatasi penyakit ambeien yang tengah anda derita.

Cara pengolahan: Rebus 12  helai daun jawer kotok yang telah di bersihkan sebelumnya dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih dan telah tersisa menjadi 1 gelas, angkat dan minum setelah dingin. Konsumsi ramuan ini secara rutin minimal 1 kali dalam sehari.

3. Daun Jawer kotok radang telinga pada anak

khasiat daun jawer kotok lainnya adalah dapat mengobati radang telinga yang terjadi pada anak.

Cara pengolahan: Sediakan daun jawer kotok sebanyak setengah genggam, dan cuci hingga bersih. Kemdian lumatkan hingga halus dan tambahkan 3 sendok makan air masak kedalamnya. Setelah itu, peras dan ambil airnya. Gunakan air tersebut untuk menjadi obat tetes pada telinga anak secara rutin sebayak 3-6 kali dalam sehari.

4. Daun jawer kotok untuk terlambat datang bulan

Anda sering kali terlambat datang bulan akibat siklus haid yang tidak teratur? segera atasi dengan mencoba ramuan daun jawer kotok yang satu ini.

Cara Pengolahan: Siapkan beberapa helai daun jawer kotok. Setelah di bersihkan kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin kemudian saring dan minum air rebusan jawer kotok tersebut secara rutin sehari sekali.

5. Daun jawer kotok untuk bisul

Tak hanya penyakit dalam, masalah kulit seperti bisul pun dapat diatasi di atasi dengan manfaat air rebusan daun jawer kotok.

Cara pengolahan: Siapkan daun jawer kotok yang telah di bersihkan dan oleskan minyak kelapa secara merata. Setelah itu, di garang (seperti di sangrai) hingga hangat. Langsung tempelkan kehangatan daun tersebut pada kulit yang berbisul.

6. Daun jawer kotok untuk sembelit

Tak hanya manfaat daun keji beling yang dapat mengatasi sembelit atau susah BAB, nyatanya khasiat dari daun jawer kotokpun tak kalah berkhasiat.

Cara pengolahan: sediakan 5 helai daun jawer kotok yang telah di cuci bersih kemudian rebus dengan menggunakan 1 gelas air. Setelah tersisa menjadi setengahnya angkat dan tunggu hingga dingin.

7. Daun jawer kotok untuk radang usus

Bagi anda yang kini tengah menderita penyakit radang usus, anda bisa menjadikan ramuan belit ini sebagai alternatifnya.

Cara pengolahan: Siapkan 12 helai daun jawer kotok yang telah di cuci bersioh sebelumnya, 1 umbi bawang merah yang telah di sangrai. 2 gram rimpang kunyit, daun patikan cina sebanyak 7 gram, setengah gram madu dan air 110 mililiter. Semua di ramu menjadi satu, kemudian di minum sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari dengan takaran 100 ml atau seperempat cangkir setiap kalinya.

8. Daun jawer kotok untuk sakit mata dan mata merah

Jika anda kini tengah mengalami gangguan kesehatan mata atau mata merah, anda bisa mencoba menggunakan ramuan berikut sebagai alternatifnya.

Cara pengolahan:
- Ramuan I (dengan cara diminum): Siapkan 5 helai daun jawer kotok yang telah di cuci, kemudian rebus dengan menggunakan 1 gelas air, dan biarkan menjadi setengahnya. Setelah dingin anda dapat meminumnya.

- Ramuan ke II (metode di tempelkan): Ambil daun jawer kotok yang telah di bersihkan sebelumnya. Kemudioan agak sedikit di hancurkan. Namun usahakan untuk tidak menghancurkannya di bagian sisi tepi. Kemudian tempelkan pada mata yang sakit selama bebrapa menit.

9. Daun jawer kotok untuk gatal-gatal

Mandi dengan menggunakan air daun ini juga berkhasiat untuk menghilangkan gatal-gatal yang tengah anda derita.

Cara mengolahnya: siapkan daun jawer kotok yang telah di cuci bersih kemudian rebus dengan menggunkana air sebanyak 4 liter. Setelah mendidih, angkat dan setalah hangat buang daunnya dan mandikan ke badan kita.

Setelah menyimak dan mengetahuinya, anda bisa mulai menggunakan manfaat daun jawer kotok untuk kesehatan ini sebagai mertode alternatif anda untuk mengobati penyakit yang tengah anda derita. Selamat mencoba dan salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 08 Desember 2016 11:51:06

Related Post :
Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk…

Organ lutut berfungsi untuk…

penyakit infeksi
Kenali Gejala Endokarditis Dan…

Tahukah anda apa itu…

Penyakit
Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru…

Cara pencegahan kanker paru-paru…

Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan…

Keputihan normal ataupun keputihan…

Penyakit
Pengobatan Osteopetrosis Penyakit Turunan…

Oseteopetrosis adalah penyakit turunanan…

Tips
Cara Menghilangkan Gatal Di…

Cara menghilangkan gatal di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun pepaya…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Calincing Untuk Kesehatan

Inilah berbagai khasiat dan manfaat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Kirim Pertanyaan
Top