Fakta Dan Anggapan Umum Tentang Makanan Organik

Share dan Tag Temanmu di :

Meski saat ini makanan organik sudah cukup populer karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan, namun anggapan bahwa makanan organik itu lebih baik tidak semuanya benar. Mana saja yang sebenarnya fakta, dan yang salah?


Berikut ini adalah fakta dan anggapan umum tentang makanan organik

  1. Makanan organik mengandung sedikit pestisida
    Pestisida merupakan bahan kimia yang berfunsgi untuk membunuh hama dan serangga pada tanaman dan buah-buahan. Bahan ini biasanya digunakan pada metode konvensional pertanian, dan biasanya pestisida tersebut masih menempel pada makanan yang akan kita makan
  2. Bahan organik tidak mengandung bahan buatan tambahan
    Betul, karena produk organik tidak boleh terdapat bahan buatan tambahan seperti bahan pengawet, pewarna buatan, pemanis, perasa buatan, dan MSG.
  3. Bahan organik ramah lingkungan
    Metode penanaman organik memang cenderung lebih ramah lingkungan, seperti mampu mengurangi polusi air, udara, dan tanah: menambah kesuburan tanah, mengurangi erosi tanah, dan menggunakan energi yang lebih sedikit.
  4. Makanan organik lebih banyak nutrisinya
    Hingga saat ini belum ada studi yang menyatakan benar bahwa produk organik lebih kaya nutrisi dibanding non-organik. Peneliti masih menyatakan bahwa kandungan nutrisi dari keduanya sama saja.
  5. Makanan organik selalu ramah lingkungan
    Salah, karena walaupun metode organik ini bisa mengurangi polusi, namun penelitian dari Dennis Avery dari Hudson Institute’s Center for Global Food Issues menyatakan bahwa menanam produk organik membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada produk non organik untuk menghasilkan jumlah produk yang sama. Diperlukan lebih banyak lahan produk organik untuk menyeimbangi  jumlah produk non-organik
  6. Makanan organik tidak perlu di cuci
    Salah, semua makanan organik tetap harus dicuci terlebih dahulu, karena mungkin saja makanan tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri di luaran sana.

Hal-hal lain yang perlu diingat

Setiap membeli produk organik, pastikan ada label yang tertera pada kemasan. Disarankan untuk membeli produk organik yang telah bersertifikasi karena hal tesebut lebih meyakinkan bahwa produk itu organik. Konsumsi  juga variasi buah dan sayur yang berbeda, agar tubuh mendapatkan nutrisi  yang lengkap.

Orang yang mengonsumsi buah atau sayur organik, dapat mengurangi risiko terpapar dari bahan kimia pestisida. Begitu juga dengan mengonsumsi  daging organik, lebih tidak berisiko terpapar bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Walaupun demikian belum ditemukan manfaat yang siginifikan dari mengonsumsi produk organik ini. Ada faktor lain yang menentukan kesehatan seseorang disamping pemilihan produk organik atau konvensional. Produk apapun yang Anda konsumsi, pastikan untuk proses bahan-bahan tersebut dengan baik sebelum di konsumsi. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Untuk mendapatkan buah dan sayur yang segar, belilah produk tersebut sesuai dengan musimnya, atau beli beli langsung di petani lokal
  • Cuci buah dan sayuran dibawah air yang mengalir sebelum dikonsumsi. Dengan mencuci, umumnya kotoran atau bakteri akan hilang.
  • Mengonsumsi berbagai jenis sayuran, buahan, dan protein hewani dapat mengurangi risiko paparan dari pestisida
  • Bacalah label kemasan dengan baik. Walaupun ada label organiknya, tapi bisa saja produk tersebut masih mengandung gula, kalori, dan garam dalam jumlah yang berlebihan.

Baik makanan organik maupun tidak, konsumsilah dalam keadaan segar untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. Nutrisi yang ada ada dalam buah-buahan yang mengandung vitamin C biasanya mengalami oksidasi dari waktu ke waktu, jadi walaupun Anda mengonsumsi produk organik, namun jika disimpan terlalu  lama dalam lemari pendingin, maka bisa menghilangkan nutrisnya.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 09 Desember 2016 07:50:39

Related Post :
Kesehatan
Ini Makanan Yang Tepat…

Makanan yang tepat untuk…

Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak…

Membiasakan anak untuk hidup…

Kesehatan
Ingin Ngabuburit Anda Bermanfaat?…

Ada banyak aktivitas yang…

Penyakit
Waspadai Ini Ciri-ciri Tipes…

Waspadai ini ciri-ciri tipes…

Alami
Obat Kista Rahang Alami…

Obat kista rahang alami…

Ibu Hamil
Mengetahui Makanan Penguat Kandungan…

Mengetahui makanan penguat kandungan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Sumber Makanan Tinggi Lemak yang Baik Dikonsumsi

Lemak sering dijadikan sebagai penyebab…

Kesehatan
Benarkah Minum Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas?

Masing-masing penggemar kopi memiliki selera…

Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita Hindari Demi Kesehatan Vagina

Hal-hal yang harus wanita hindari…

Kirim Pertanyaan
Top