Efek Negatif Sering Mabuk Karena Minuman Keras

Share dan Tag Temanmu di :

Mengonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol selalu disertai dengan risiko. Terlebih jika dikonsumsi dengan berlebihan sampai mabuk. Untuk jangka pendek, mabuk karena minuman keras bisa meningkatkan risiko cedera, kurang waspada, kecelakaan, sampai hilang kendali. Nyatanya, efek mabuk karena minuman keras jangka panjang bisa memicu berbagai macam penyakit yang bisa mengurangi usia harapan hidup sampai menimbulkan kematian.


Berdasarkan standar di Inggris, konsumsi minuman keras dianggap berlebihan jika melebihi 21 unit untuk pria dalam sepekan atau melebihi 14 unit per hari. Untuk 21 unit dihitung lebih dari 6 kaleng bir 330 ml dengan kadar 4,7persen. Sedangkan untuk perempuan, mengonsumsi minuman keras dianggap berlebihan jika mengonsumsinya di atas 14 unit atau lebih dari 4 kaleng bir 330 ml kadar 4,7 persen dalam sepekan atau lebih dari 3 unit per hari. Demi kesehatan, sedikitnya terdapat dua hari bebas alcohol dalam satu minggu.

Jika hal tersebut dilakukan bertahun-tahun, berbagai penyakit bisa datang. Salah satunya adalah penyakit hati. Saat minuman beralkohol masuk ke dalam tubuh, dia akan terserap ke dalam aliran darah sampai memasuki perut dan usus. Kemudian minuman keras terkumpul dalam hati. Enzim di dalam hati lalu akan memproses alcohol sampai kandungan kimianya berubah dan keluar saat buang air kecil.

Namun, kemampuan hati dalam memproses alcohol sangat terbatas. Jika konsumsi minuman beralkohol berlebih, maka tingkat alcohol dalam darah akan naik. Biasanya, hati bisa memproses alcohol dalam jumlah kecil yakni sekitar satu kaleng bir 330 ml dengan kadar 4,7 persen dalam satu jam. Asupan alcohol berlebihan dalam jangka panjang bisa menyababkan penyakit hati seperti hepatitis, perlemakan hati atau fatty liver, dan kerusakan hati kronis atau sirosis.

Selain penyakit hati, penyakit lain yang bisa mengidap orang yang sering mabok miras adalah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Alkohol bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk mengendalikan pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat ketika minuman keras dikonsumsi.

Kebiasaan mabuk karena mengonsumsi minuman keras berlebih juga meningkatkan risiko kanker terutama di sekitar tenggorokan, mulut, usus besar, dan payudara. Peningkatan risiko kanker tersebut diduga karena upaya tubuh memproses alkohol yang menghasilkan zat kimia pembawa kanker.

Banyak minum minuman keras pun bisa menyebabkan gangguan saraf neuropati karena alcohol mempunyai efek racun pada sel saraf. Gangguan ini dapat menyebabkan sensasi sakit seperti tertusuk, lemah otot, mati rasa, disfungsi ereksi, susah menahan buang air kecil, dan lain-lain.

Mabuk karena miras seringkali dikaitkan untuk mengatasi depresi. Namun berdasarkan sebuah studi yang dilakukan, yang akan terjadi justru sebaliknya. Minuman keras berlebihan akan menyebabkan depresi terutama jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam jangka panjang.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 09 Desember 2016 13:35:08

Related Post :
Kesehatan
Berbagai Pantangan Makanan Bagi…

Berbagai pantangan makanan bagi…

Alami
Obat Nyeri Haid Alami…

Obat nyeri haid alami…

Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur…

Jika kini anda menginginkan…

Manfaat
Mencegah Kecacatan Pada Janin…

Asam folat atau vitamin…

Kesehatan

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Luar Biasa! Meski Tanpa 7 Organ Ini Manusia Tetap Bisa Hidup

Manusia termasuk makhluk hidup kuat…

Kesehatan
Waspada! Inilah Jenis-jenis Stroke Yang Harus Diketahui

Sama halnya seperti kanker yang…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Radang Ginjal

Informasi tentang penyebab, gejala dan…

Kirim Pertanyaan
Top