Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ibu Hamil Anak Kembar

Share dan Tag Temanmu di :

Saat Anda hamil anak kembar, berat badan mungkin akan naik dengan lebih signifikan jika dibandingkan kehamilan tunggal. Anda pun membutuhkan tambahan vitamin untuk kedua bayi dalam kandungan. Tidak hanya itu, Anda pun wajib memenuhi asupan zat besi lebih tinggi dari biasanya. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung pertumbuhan serta kesehatan kedua janin dalam kandungan. Jika Anda tidak mempunyai zat besi cukup, Anda berpotensi terkena anemia. Dalam sehari, Anda pun harus mengonsumsi minimal 2700 kalori.


Membahas mengenai anak kembar, umumnya terbagi menjadi dua yakni kembar identik dan kembar nonidentik. Kembar identik dibuahi oleh satu sel sperma yang selanjutnya membelah menjadi dua dengan informasi genetic sama. Sedangkan pada kembar nonidentik atau yang disebut dengan kembar fraternal, dua sel telur masing-masing dibuahi dua sel sperma dalam waktu bersamaan sehingga berkembang menjadi dua janin berbeda.

Bagai manapun jenisnya, kondisi ibu hamil anak kembar umumnya akan sama dengan kondisi hamil normal, yakni sama-sama membutuhkan perawatan ekstra. Namun, seiring pertambahan usia, kemungkinan untuk hamil anak kembar semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan terdapat perubahan hormon yang memungkinkan sel telur lepas lebih dari satu secara bersamaan.

Jika Anda sudah terbukti hamil anak kembar, perhatikan hal-hal berikut:

  • Rutin memeriksakan kondisi kehamilan. Hal ini bertujuan untuk memantau perkembangan janin. Upayakan juga untuk memeriksakan tahap kehamilan lebih sering di rumah sakit atau klinik. Perhatikan jika ada tanda-tanda persalinan premature sehingga Anda dapat mengantisipasinya.

  • Lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Memang belum ada bukti bahwa istirahat cukup bisa mencegah persalinan prematur. Tetapi dokter umumnya menyarankan ibu hamil anak kembar untuk mengurangi kegiatan fisik, lebih banyak beristirahat, dan mengurangi perjalanan jauh untuk mencegah gangguan kehamilan dan mengurangi risiko komplikasi.

  • Memperhatikan asupan nutrisi tertentu. Ada beberapa zat yang dibutuhkan lebih banyak ketika perempuan hamil anak kembar. Diantaranya adalah protein, asam folat, zat besi, dan kalsium yang lebih banyak dari biasanya.

  • Memperhatikan berat badan agar selalu proporsional. Saat sedang hamil anak kembar, usahakan agar berat badan selalu ideal. Kenaikan berat badan ideal untuk ibu yang hamil anak kembar adalah sekitar 17 sampai 25 kilogram. Jika lebih dari itu, dampaknya bukan hanya pada kesehatan ibu dan janin, tetapi juga akan menyulitkan ibu untuk mengembalikan berat badan seperti semula usai melahirkan nanti.

  • Pikirkan kemungkinan untuk melahirkan lebih cepat. Untuk ibu yang hamil anak tunggal, persalinan bisa ditunggu sampai minggu ke-41. Sedangkan pada ibu yang hamil anak kembar, persalinan justru lebih cepat yakni pada minggu ke-38-39. Dokter umumnya merekomendasikan Anda menjalani induksi maupun bedah Caesar yang dilakukan pada minggu tersebut.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Sabtu, 10 Desember 2016 08:57:53

Related Post :
Kesehatan
Kandungan Gizi dan Khasiat…

Daging sapi merupakan salah…

Kesehatan
Kesalahan Saat Diet Yang…

Sebelum anda menjalani program…

Manfaat
Kebaikan yang Bisa Didapat…

Jeruk merupakan salah satu…

Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Kesehatan
Benarkah Minum Es Kopi…

Masing-masing penggemar kopi memiliki…

Kesehatan
Mengenal Diet DASH Atau…

Diet dash untuk penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita darah…

Ibu Hamil
Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, umumnya akan…

Ibu Hamil
Kenali Ciri Air Ketuban Merembes dan Waspadai Bahayanya

Kenali ciri air ketuban merembes…

Kirim Pertanyaan
Top