Kandungan Dan Manfaat Daun Antanan Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun antanan cukup terkenal di dunia kesehatan. Daun yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini umumnya sering kali di manfaatkan untuk pengobatan sakit kepala, ayan, perut kembung, maag, kanker dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, pada kesempayan kali ini kami akan sedikit merangkum beberapa khasiat dan manfaat daun antananan bagi kesehatan, yang dapat anda simak selengkapnya pada uraian berikut ini.


Antanan merupakan salah satu tanaman obat herbal asli wilayah Asia dan Australia karena daunnya yang sering kali di gunakan untuk media pengobatan. Di dunia daun ini juga sring kali di sebut dengan daun gotu kola. Sedangkan di Indonesia sendiri nama lain daun atanan di kenal degan berbagi jenis sebutan seperti daun pegagan atau daun semanggen.

Bagi anda yang belum mengenal tanaman ini, berikut akan uraikan sedikit mengenai karakteristik atau ciri tanaman antanan sendiri:

  • Pegangan termasuk tanaman terna (hidup sepanjang tahun), yang tidak memioiki batang mnelainkan rimpang yang merayap dengan panjang 10-80 cm.
  • Bentuk daun antananan tunggal, bertangkai panjang sekitar5-15 cm, berbentuk menyerupai ginjal, bergerigi dan tersusun dalam roset yang terdiri dari 2-10 helai daun dan terkadang terdapat bulunya.
  • Bentuk akar berbonggol serta bercabang yang berbentuk individu atau tumbuhan baru.
  • Memiliki buah yang berukuran kecil menggantung dengan betuk yang pipih, lonjong, aromanya wangi dan rasanya yang pahit.
  • Memiliki bungan berwarna merah muda atau putih.

Di Indonesia, daun antanan sering kali di jadikan sebagai sayuran. Namun, daun ini pula telah lama di gunakan sebagai obat tradsional untuk mengobati segala macam keluhan penyakit. Bahkan di Eropa dan Amerika serikat, baru-baru ini daun antanan telah menyita perhatian para praktisi kesehatan untuk melakukan penelitian akan jenis daun ini. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh daun antanan bisa menjadi media penyembuhan keluhan kesehatan atau bahkan penyakit tertentu.

Kandungan dan manfaat daun antanan untuk kesehatan


Menurut beberapa ahli, daun antanan memiiki kandungan senyawa aktif yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berapa kandungan daunantananan tersebut diantaranya seperti Gilikosida triterpenoida, isothankuniside, hidrocotylin, kalium, carotenoid, centellose, madasiatic acid, thankuniside, Glikosida saponin, meso inopsitod dan lainnya.

Dan dari berbagai jenis kandungan tersebut, terkumpul beberapa manfaat sekaligus khasiat daun antanan/pegagan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Daun antanan memiliki kandungan yang dapat mencegah masuknya kuman, bakteri ataupun virus yang dapat menyebabkan terganggunya saluran kencing seperti salah satunya penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

2. Mencegah penyakit epilepsi atau ayan. Kandungan yang terdapat di dalam naun antananan di percayai sangat baik untuk kesehatan sayaraf-syaraf di dalam tubuh. Bahkan banyak peneliti yang baru-baru ini menemukan at yang terdapat dalam daun antanan yan bisa mencegah penyakit gangguan syaraf seperti epilepsi.

3. Mencegah terjadinya keruksakan otak. Hal tersebut di karenakan kandungan triternoid yang merupakan senyawa utama yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak adan efek relaksasi yang menenangkan.

4. Mencegah penyakit kanker. Di dalam daun antanan terkandung senyawa yang berguna untuk mencegah kanker terlebih kanker kulit yang di sebabkan akibat sinar ultraviolet. Cara kerja daun antanan dalam mencegah kanker ini adalah dengan menurunkan kadar racun yang di akibatkan oleh sinar ultraviolet dengan memperbarui sel-sel, dimana sel kanker mulai tumbuh.

5. Melancarkan peredaran darah. Daun antanan juga dapat di jadikan sebagai suplemen alami untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan hati. Kandungan daun antanan yang bernama asiaticoside sangat berguna untuk mlawan kerukakan hati yang di sebabkan oleh zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Selain dari pada itu, kandungan ini pula sangat bermanfaat untuk mengurangi keruksakan pada sel serta membantu memulihkan kembali fungsi hati.

7. Mengobati sakit pada kandung kemih. Kandungan daun antaanan sering kali di gunakan oleh para medis  sebagai obat untuk mengobati sakit pada kandung kemih. Antiinflamasi yang terkandung dalam daun antanan tersebut mampu meredakan inflamasi yang terjadi pada kandung kemih.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi daun antananan secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga sisitem kekebalan tubuh tetap stabil dan tubuh pun terhindar dari bermacam-macam serangan virus dan bakteri yang merupakan penyebab penyakit.

9. Meningkatkan daya ingat. Hasil dari berbagai penelitian menemukan jika manfaat daun antanan memiliki kandungan suplemen natural untuk mencegah disfungsi kognitif dan bentuk keruksakan saraf lainya.  dan bentuk keruksakan saraf lainnya. Daun antanan juga di perkaya dengan kandungan yang dapat meningkatkan daya ingat.

10. Mengobati luka. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwasannya daun antanan juga dapat di gunakan untuk mengobati luka pada kulit. Seperti sebelumnya telah di jelaskan bahwasannya daun antanan terkandung zat astiaticosida, yang mana zat ini dapat membantu proses pembentukan sel baru sehingga menyebabkan luka dapat segera sembuh.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat dari daun antanan yang juga sangat berguna untuk kesehatan diantaranya manfaat daun antanan untuk maag, mencegah penuaan dini, mencegah stres, menghilangkan stretch mark, mengurangi rasa lelah, meningkatkan konsentrasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Catatan!

  • Ramuan daun antanan secara oral sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil atau ibu menyusui dan penderita penyakit tertentu seperti penderita diabetes.
  • Mengonsumsi daun antanan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping mual, muntah, rasa ngantuk yang berlebihan bagi beberapa orang.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kandungan dan manfaat daun antanan untuk kesehatan. Semoga setelah menyimak informasi ini dapat menambah wawasan anda seputar herbal di sekitar anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 10 Desember 2016 14:28:41

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Kesehatan
Penyebab dan Langkah Pengobatan…

Penyebab dan langkah pengobatan…

Manfaat
Khasiat Kopi Untuk Mengurangi…

Selain dapat menghilangkan rasa…

Penyakit
Tak Ingin Terkena Kanker?…

Makanan penyebab kanker yang…

Daun
Manfaat Daun Salam Bagi…

Kegunaan dan manfaat daun…

Kesehatan
Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat…

Kondisi kesehatan bisa dilihat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Mengetahui Kandungan dan Khasiat dari Daging Merpati

Meskipun sering dianggap sebagai hewan…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Jambu biji memiliki nama ilmiah…

Manfaat
Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Daging Biawak

Mengenal manfaat dan efek samping…

Kirim Pertanyaan
Top